Aneka Kerajinan Tangan Dan Tas Dari Kain Panel

0
160
Advertisement

Kain panel adalah salah satu diantara bahan untuk membuat kerajinan tangan yang diminati banyak orang sampai saat ini. Dari sifat bahannya yang halus dan warnanya yang variatif dan menarik, menjadikan kain panel menjadi salah satu bahan baku utama untuk membuat kerajinan tangan yang banyak dipakai oleh industri kreatif. Kali ini https://afuza.co.id/ akan memberikan seputar informasi aneka kerajinan tangan dan tas dari kain panel.

Tidak cuma itu, kain panel sangat gampang diperoleh di beberapa toko paling dekat dari tempat tinggal kita. Hal ini membuka peluang besar bagi sebagian masyarakat untuk terjun ke industri kreatif, terlebih para ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha rumahan.

Advertisement

Kerajinan dari kain panel pun beraneka ragam, dari jenis tas, berbagai macam dompet, gantungan kunci, bros, dan lain sebagainya. Dari beragam macam jenis contoh kerajinan tangan dari kain panel, umumnya adalah barang-barang favorit wanita.

Berikut Adalah Aneka Kerajinan Tangan Dan Tas Dari Kain Panel

Tempat Pensil Berbentuk Saku

tas dari kain panel

Cara membuat tempat pensil yang satu ini gampang karena hanya membutuhkan jahitan yang sederhana. Bahkan, anak-anak dapat mengikuti cara yang satu ini. Cara membuat tempat pensil berbentuk saku ini sangat cocok untuk untuk para pemula yang belum terlalu pandai menjahit. Untuk membuat tempat pensil berbentuk saku, sediakan alat dan bahan berikut ini:

Kain flanel
Jarum dan benang
Kancing
Mesin jahit (apabila diperlukan)
Gunting
Pita
Caranya adalah:
Potong kain panel yang ada dengan panjang yang sama seperti ukuran pensil dan pulpen Anda. Lebarnya sesuai kebutuhan, seberapa banyak pensil yang akan disimpan.
Jahitlah masing-masing sisi tempat pensil menggunakan jarum dan benang. Usahakan seluruh jahitan lurus dengan sempurna.
Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini yang akan jadi ‘kunci’ untuk tempat pensil Anda. Jadi, jahitlah dengan tepat.
Gunting bagian tutup tempat pensil ini berbentuk garis atau lubang, lubang ini sebagai pengait dengan kancing yang telah terpasang untuk tutupnya agar isinya tidak jatuh keluar.
Untuk finishingnya, buat bunga atau binatang dari kain panel lalu jahit di bagian tepinya.
Berikanlah aksesories, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini.

Tas dari Kain Panel

tas dari kain panel

Anda dapat membuat tas sendiri di rumah. Buatlah pola sesuai kreatifitas anda, dan jahit dengan rapih menggunakan benang warna-warni. Prosesnya sangat singkat dan sederhana,dan dapat diproduksi secara massal.

Kerajinan tas ini dapat juga menjadi ladang bisnis anda. Dapat anda jual ke teman-teman atau ke rekan sejawat di lingkungan kerja atau anda jual secara online.

Sepatu Bayi Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Kain panel yang bertekstur halus sangat pas untuk dijadikan sepatu bayi. Dengan kelembutannya, kain panel cocok bila dipakai pada bayi. Kain panel dengan kualitas terbaik paling cocok dijadikan bahan untuk membuat sepatu bayi.

Pastikan menggunakan material terbaik agar nyaman dipakai pada bayi. Anda dapat membuat alas kaki bayi di rumah dengan kain panel, benang dan gunting saja. Ukurlah kaki bayi, lantas buat polanya. Polanya 3 yaitu, alas kaki, sisi atas depan dan sisi atas belakang. Setelah ketiga pola di atas dibuat serta dipotong, berikutnya dijahit memakai tangan hingga selesai. Jahitlah sesuai sama pola yang ada pada gambar. Dan sepatu mungil untuk bayi anda siap di pakai.

Dompet dari Kain Panel

tas dari kain panel

Membuat dompet dari kain panel sangat mudah dan sederhana, bisa dijahit ataupun ditempel menggunakan lem. Yang membuatnya menarik adalah kita bisa menambahkan hiasan yang lucu dan unik pada bagian luarnya.

Namun peminat dompet ini masih jarang, mungkin dari sisi keamanan dompet-dompet yang dijual dipasaran dinilai lebih kuat dan aman karena terbuat dari material yang bagus.

Tempat Tisu Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Beragam motif dan model tempat tisu yang variatif sangat potensial untuk dijadikan bisnis. Anda bisa menjualnya secara online ataupun offline. Lakukan riset sederhana untuk mengetahui selera yang sedang trend di pasaran.

Dompet HP Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Membuat dompet Hp kain panel ini termasuk yang paling mudah. Bahannya hanya kain panel, benang dan jarum serta beberapa aksesoris untuk pemanis bagian depannya. Tempat Hp andapun akan terlihat unik karena tidak dijual dipasaran. Atau mungkin akan membuatnya dalam jumlah banyak sbagai bisnis sampingan?

Amplop Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Kerajinan tangan dari kain panel yang unik selanjutnya adalah amplop. Dengan kain panel, anda bisa juga membuat sebuah amplop yang  menarik dan bisa dipakai untuk beragam macam kepentingan.

Salah satunya adalah untuk membungkus  kartu ucapan atau surat.

Dengan memasukkan isi surat atau kartu ucapan dalam amplop seperti ini, tentunya akan membuat si penerima jadi lebih terkesan.

Tidak cuma pada  amplopnya saja yang unik, isinya juga dapat anda hias dengan pernak-pernik dari kain panel.

Bros Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Bros bentuk bunga atau hewan dari kain panel ini menjadi favorit untuk beberapa wanita berhijab. Pasalnya, dengan menambahkan bros  yang disematkan pada hijab yang digunakan akan menambah keanggunan si penggunanya.

Dengan memberikan bros  seperti ini dapat juga menambah segi kecantikan dari si pengguna. Cara untuk membuatnya tidak terlalu susah. Banyak tutorial cara membuat bros bunga dari kain panel yang dapat anda temukan di youtube.

Tas Slempang Dari Kain Panel

tas dari kain panel

Untuk membuat tas model ini anda membutuhkan kain flanel lembaran. Dan buatlah polanya, lantas jahit untuk menggabungkan kain menjadi satu buah tas. Pakai mesin jahit agar lebih kuat serta rapi. Berikan aksesoris atau hiasan pada bagian luarnya untuk mempercantik tampilannya.

Bagaimana  sudah menemukan ide mau berkreasi apa dengan kain panel? Anda bisa   terlebih dahulu mencoba membuat ketrampilan dari kain panel untuk pemakaian sendiri. Jika dikira hasil karya anda sudah layak untuk dipasarkan, anda bisa langsung memproduksinya secara massal. Lakukan riset selera pasar, dan jangan lupa untuk memperhatikan strategi marketing.