Apa Itu Freon AC

0
68
apa itu freon ac
Advertisement

Apa Itu Freon AC – Freon AC merupakan senyawa yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memperlancar sistem kerja AC sehingga sanggup menghasilkan udara yang lebih sejuk. Tidak dipungkiri pas ini peranan AC sangatlah perlu untuk lokasi Indonesia yang beriklim tropis.

Hal berikut memicu ruangan kantor, ruko, sampai rumah butuh AC untuk beroleh udara yang lebih sejuk. Ruangan yang sejuk dan dingin sanggup mengimbuhkan kenyamanan yang maksimal untuk bermacam kesibukan yang dilakukan.

Advertisement

Apa Itu Freon AC

Mengenal Freon AC

sumber : 10tv.com

Meskipun namanya telah memadai familiar, namun ternyata tetap banyak orang yang bertanya apa itu freon AC. Pertanyaan berikut timbul gara-gara biasanya orang hanya tahu bahwa freon sanggup memicu AC dingin namun tak tahu bersama baik seperti apa bentuknya.

Freon adalah campuran zat yang biasanya berupa cairan yang dimasukkan ke dalam sebuah pompa yang digunakan untuk membentuk sirkulasi pendinginan. Pada sistem sirkulasi, zat berikut bakal mengalami pergantian bentuk berasal dari bentuk cair ke gas lantas kembali lagi.

Jenis senyawa kimia ini biasa digunakan sebagai bahan pendingin untuk kulkas, AC dan barang elektronik lainnya. Jika tidak tersedia freon, maka alat elektronik tidak bakal punyai bahan bakar untuk sanggup menghasilkan udara yang dingin.

Freon berperan sebagai fluida yang sanggup menyerap udara kotor atau panas sehingga suhu di dalam ruangan sanggup dikondisikan bersama lebih baik. Freon mempunyai wujud freon tidak kasat mata, namun untuk tekanannya dapat diukur dengan mengfungsikan alat khusus.

Freon tidak punyai warna ataupun bau sehingga kemungkinan sukar dikenali, namun zat ini berperan perlu untuk mengoptimalkan kinerja ac peranan mengaturan tekanan udara dalam ruangan.

Baca juga : Cara Setting AC LG Biar Dingin

Apa Saja Kegunaan Freon

apa itu freon ac
sumber : kcsheatingair.com

Seperti yang telah banyak diketahui, manfaat freon yang utama adalah sebagai bahan bakar peranan menghasilkan udara yang lebih sejuk. Zat ini nantinya bakal mengalami sistem pergantian bentuk sehingga sanggup hembusan udara dingin.

Saat instalasi dilakukan, sistem pengisian freon mesti dikerjakan bersama detil dan sesuai bersama prosedur yang berlaku sehingga tidak mencemari udara.

Jika freon mengalami kebocoran dan terhirup oleh manusia, maka sanggup memicu racun dan mempengaruhi kesehatan secara drastis.

Gangguan yang sanggup dialami akibat menghirup freon adalah sakit tenggorokan, penglihatan kabur, sesak nafas, pembengkakan terhadap tenggorokan, terganggunya sistem peredaran darah dan nyeri perut.

Untuk itu sistem isikan freon AC mesti dikerjakan oleh ahlinya sehingga prosesnya sanggup sesuai bersama prosedur dan punyai takaran yang sesuai. Freon yang diisi terhadap alat pendingin ruangan terhitung mesti sesuai jenisnya bersama type AC yang Anda gunakan.

Cara tahu type freon terhadap AC sangatlah mudah, Anda hanya mesti melihatnya info terhadap nameplate yang ditempelkan terhadap unit AC ataupun mengecek keterangannya terhadap anggota kerdus.

Baca juga : Cara Setting Remote AC Panasonic

Jenis Freon AC yang Biasa Digunakan

sumber : brucesac.com

Terdapat sebagian type freon AC yang biasa digunakan terhadap alat pendingin ruangan. Setiap freon punyai manfaat dan juga kebolehan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Freon R290

apa itu freon ac
sumber : nofchem.en.made-in-china.com

Dari seluruh type freon yang ada, type ini punyai potensi pemanasan international yang paling rendah. Namun gara-gara angka index dinginnya sangat rendah, banyak produsen AC yang memastikan tidak menggunakannya untuk produk yang dipasarkannya.

2. Freon R410A

sumber : indo-makmur.com

Freon type ini biasanya digunakan oleh type AC inverter. Freon ini punyai potensi pemanasan international yang lebih tinggi dibandingkan type freon yang lainnya. Tetap tidak berpotensi untuk merusak susunan ozon. Freon ini tidak mudah terbakar sehingga safe untuk digunakan.

3. Freon R32

apa itu freon ac
sumber : indonesian.alibaba.com

Pada th. 2012, Daikin Jepang jadi produsen AC yang pertama kali menemukan type freon ini dan mulai digunakan terhadap produk AC sejak th. 2013. Jenis freon ini sangat ramah lingkungan dan punyai potensi pemanasan international yang jauh lebih rendah.

Meskipun potensi mudah terbakarnya lebih tinggi, namun type freon ini tetap selalu paling safe untuk digunakan terhadap AC.

Baca juga : Cara Setting Timer AC Panasonic

4. Freon R22

sumber : nofchem.en.made-in-china.com

Freon type ini punyai potensi perusakan ozon nyaris senilai 0.05. Meskipun punyai perbandingan freon yang berbeda, namun type ini tidak mudah terbakar kalau terkena api.

Melalui ketetapan pemerintah yang telah ditetapkan, sejak th. 2015, freon type R22 telah dihapus dan tidak diizinkan kembali untuk digunakan.

Dengan adanya ketetapan tersebut, seluruh pabrik produsen AC dilarang untuk memproduksi atau menjual AC yang tetap mengfungsikan type freon yang satu ini.