Apa Manfaat Air Bagi Petani dalam Bidang Pertanian?

0
216
apa manfaat air bagi petani
Advertisement

Advertisement

Apa Manfaat Air Bagi Petani? – Dalam bidang pertanian, air merupakan salah satu unsur yang benar-benar penting. Hal yang menjadi faktor kunci keberlanjutan pertanian adalah air. Dimana apabila air tidak tersedia maka produksi pangan dapat terhenti.

Pengairan tanaman dalam dunia pertanian ini sering disebut dengan irigasi. Irigasi merupakan metode untuk mengairi lahan dengan cara membendung sumber air. Irigasi ini banyak ditemukan di tempat pedesaan yang terdapat banyak wilayah persawahan.

Air bagi petani sendiri berguna sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang dikelola oleh petani tidak akan mendapat hasil yang maksimal.

Terdapat berbagai jenis irigasi di dalam dunia pertanian, yaitu antara lain irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak. Sementara metode irigasi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu lift irrigation dan flow irrigation.

Untuk lift irrigation (irigasi pompa) adalah metode penyaluran air dari lokasi yang rendah ke lokasi yang tinggi dengan metode manual maupun mekanis. Sedangkan, flow irrigation (irigasi aliran), adalah penyaluran air yang dialirkan secara gravitasi dari sumber air ke tempat lahan pertanian.

apa manfaat air bagi petani

Sumber: https://bisnis.tempo.co

Meskipun demikian, pengairan pada bidang pertanian sangat perlu dijaga keseimbangannya. Terlalu banyak maupun terlalu sedikit air dapat memberikan pengaruh buruk terhadap tanaman pertanian yang dapat berujung terhadap kematian. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi produktivitas tanaman pertanian.

Apa Manfaat Air Bagi Petani? Berikut ini Beberapa Manfaat Air Bagi Petani dalam Bidang Pertanian…

Diperkirakan jika sekitar 68% air di dunia digunakan sebagai keperluan irigasi. Hal tersebut wajar dikarenakan air mempunyai banyak sekali manfaat di bidang pertanian. Lalu apa manfaat air bagi petani? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah mouse.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

apa manfaat air bagi petani

Sumber: http://infopublik.id

1. Membantu Membasahi Tanah Pertanian

Air yang dialirkan menuju lahan pertanian akan membantu tanah dalam lahan pertanian menjadi basah sehingga akan mempermudah untuk ditanami. Selain itu, tanah yang dialiri oleh air juga dapat mempermudah petani untuk membajak sawah sebelum dilakukan penanaman tanaman pertanian.

2. Membantu Menyuburkan Tanah Pertanian

Tanah pertanian yang sudah dibasahi oleh air akan menjadi subur. Hal ini dikarenakan air saluran pertanian yang dialirkan ke lahan pertanian tersebut kaya akan lumpur dan berbagai unsur hara lainnya. Dengan begitu, akan membuat tanah pertanian menjadi subur dan siap untuk ditanami.

Sumber: https://www.beritasatu.com

4. Membantu Penyerapan Unsur Hara Tamanan Pertanian

Proses penyerapan unsur hara oleh akar tanaman pertanian dari dalam tanah dapat dibantu oleh adanya air. Di dalam tanah, air juga membantu pelarutan unsur hara supaya dapat diserap oleh tanaman.

Dapat dikatakan bahwa unsur hara merupakan makanan bagi tanaman pertanian. Jika penyerapan unsur hara tanaman dapat berjalan dengan baik maka produktivitas tanaman pertanian juga mempunyai kemungkinan menjadi baik pula.

5. Mengisi Cairan Tubuh pada Tanaman Pertanian

Air yang dialirkan dari danau, bendungan, sungai maupun sumber air lain ke lahan pertanian melalui parit akan mempermudah lahan persawahan untuk menerima air. Lahan persawahan yang dialiri air akan memberikan tanaman pertanian cairan tubuh yang dapat digunakan untuk proses produktivitas tanaman pertanian.

Sumber: https://tropis.co

6. Membantu Sistem Metabolisme Tanaman Pertanian

Setelah unsur hara diserap oleh akar, maka unsur hara tersebut akan dibantu oleh air untuk diangkut ke seluruh organ tanaman. Setelah itu, pada proses fotosintesis tanaman, air juga akan membantu memperlancar metabolisme.

Kemudian mengangkut hasil fotositensis ke seluruh tubuh. Pada produktivitas tanaman petanian, hal ini tentu saja akan berpengaruh.

7. Membantu Memelihara Suhu Tanaman Pertanian

Air yang dialirkan menuju lahan pertanian dapat digunakan untuk menurunkan suhu tanah supaya lebih kondusif dalam proses penanaman tanaman pertanian. Jika untuk tanamannya sendiri, air secara tidak langsung dapat berfungsi sebagai pemelihara suhu tanaman.

Bagi tanaman, kekurangan air dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan perkembangannya tidak normal. Jika hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus tentu saja akan membuat tanaman rusak bahkan menjadi mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here