Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya…

0
156
Manfaat dari Gaya Gravitasi

Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi? – Gaya gravitasi adalah suatu gaya tarik yang ada pada bumi, sehingga membuat benda-benda yang ada di planet bumi akan jatuh ke bawah.

Dalam bahasa Inggris, gaya gravitasi diketahui dengan “gravitation” ialah salah satu jenis energi atau gaya yang paling berpengaruh yang ada di bumi dan planet-planet yang ada di dalam semesta. Tentu saja mungkin Anda telah mengetahui konsep dari gaya gravitasi yang telah dikemukakan oleh ilmuwan bernama Newton.

Newton memrakarsai konsep gaya gravitasi ini dikala sedang beristirahat di bawah pohon apel, lalu secara tidak sengaja kepalanya kejatuhan buah apel, yang kemudian membuat dia berpikir dan memrakarsai konsep gaya gravitasi.

Gravitasi sendiri, ada di antara kita semua, tapi tentu saja kita tidak dapat melihatnya dan hanya dapat merasakannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentu saja bagi kehidupan dan kelangsungan hidup umat manusia di bumi ini, gaya gravitasi memiliki banyak sekali manfaat.

Lalu apa manfaat dari gaya gravitasi untuk kehidupan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi untuk Kehidupan Kita? Simak Ulasannya Berikut ini!

Apa Manfaat dari Gaya Gravitasi

1. Menjaga Kestabilan Kehidupan di Bumi

Gravitasi ialah gaya tarik alami yang diciptakan oleh planet bumi, dan mungkin juga planet-planet lain yang ada di alam semesta ini. Dengan adanya gaya gravitasi akan tercipta kestabilan dari planet bumi, dan juga kestabilan akan seluruh hal yang hidup ataupun tidak hidup yang ada di bumi.

Prinsip gaya gravitasi juga digunakan pada proses rotasi bumi, dimana bumi tetap berputar pada porosnya. Cobalah bayangkan apa yang akan terjadi seandainya bumi tidak memiliki gaya gravitasi, dan tidak mampu berada pada porosnya? Akan terjadi kekacauan dan mungkin akan membinasakan seluruh kehidupan yang ada di bumi.

2. Membuat Seluruh Benda yang Ada di Bumi Berada pada Tempatnya

Semua benda, baik benda hidup ataupun benda mati yang ada di bumi mengikuti gaya gravitasi yang diciptakan oleh planet ini. Maka seluruh benda yang ada di bumi tidak melayang dengan adanya manfaat gaya gravitasi bumi ini, dan menjadi lebih mudah untuk menjaga letaknya.

Dapat dibayangkan jika gaya gravitasi bumi hilang? Seluruh benda dan perabotan akan melayang-layang tidak jelas serta tidak akan ada manfaatnya sama sekali.

3. Membuat Seluruh Benda memiliki Berat

Berat dari benda-benda yang ada di bumi juga dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi. Maka setiap benda yang berada di bumi memiliki beratnya sendiri dengan adanya gaya gravitasi. Berbeda jika benda tersebut berada pada luar angkasa yang tidak memiliki gravitasi, maka seluruh benda akan melayang–layang dan tidak memiliki berat.

4. Sebagai Olahraga dan juga Hiburan

Seringkali gaya gravitasi juga dimanfaatkan sebagai salah satu olahraga dan hiburan yang menyenangkan. Gaya tarik bumi atau gravitasi bumi dimanfaatkan beberapa olahraga dalam pelaksanaannya.

Pada umumnya, olahraga ini ialah jenis olahraga yang menantang adrenalin, seperti terjun payung, paralayang, bungee jumping, paragliding, dan loncat indah.

5. Sebagai Prinsip Dasar dalam Ilmu Penerbangan

Bermanfaat dalam ilmu penerbangan adalah salah satu manfaat lain gaya gravitasi bagi makhluk hidup. Ilmu penerbangan dan seluruh perangkat penerbangan diciptakan dengan cara menghitung gaya gravitasi dengan daya yang seharusnya diciptakan supaya pesawat dapat melayang. Dengan adanya bantuan gaya gravitasi pulalah pesawat ataupun benda terbang lainnya dapat terbang.

6. Sebagai Sumber Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Bagi perkembangan ilmu pengetahuan, gaya gravitasi juga sangat bermanfaat. Saat ini di masyarakat juga sedang berkembang ilmu pengetahuan yang mengembangkan perihal gaya yang dapat melawan gravitasi.

Selain itu, dengan adanya gaya gravitasi memungkinkan terciptanya berbagai inovasi yang amat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sampai sekarang ini telah banyak prinsip serta konsep dari inovasi yang memanfaatkan gaya gravitasi bumi.

Baca Juga : Kemukakan Manfaat Geografi Dalam Memahami Dunia

7. Sebagai Sumber Energi

Secara tidak sadar kita juga manfaatkan gaya gravitasi sebagai salah satu sumber energi. Aliran dari sungai yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik energi air juga pada dasarnya memanfaatkan gaya gravitasi bumi.

Misalnya, air yang mengalir dalam menggerakan kincir air juga dikarenakan adanya gaya gravitasi bumi. Air akan diam dan melayang-layang di udara bila tidak ada gaya gravitasi bumi, dan tidak akan menimbulkan manfaat.

8. Memudahkan Aktivitas Manusia Sehari-hari

Kegiatan manusia sehari-harinya tak lepas dari gaya gravitasi. Berjalan kaki, berlari, mengendarai kendaraan beroda empat, dan membuang sampah ialah sedikit dari jutaan aktivitas sehari-hari yang dilakukan manusia.

Manfaat gaya gravitasi bagi kehidupan manusia sadar atau tidak sadar digunakan untuk seluruh aktivitas dan kegiatan manusia. Makhluk hidup tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada gaya gravitasi.

9. Menjaga Supaya Bulan Berada pada Orbitnya

Bulan ialah satelit alami yang dimiliki oleh bumi. Selain indah dikala diperhatikan pada malam hari, bulan juga menjadi sebagai salah satu media penerangan pada malam hari juga perpengaruh pada pasang surutnya air laut.

Bulan sendiri dapat berada tetap pada orbitnya sebab adanya pengaruh gaya gravitasi bumi, sehingga bulan tidak akan keluar dari orbit dan menjauhi bumi.

10. Menjaga Satelit Buatan Supaya Berada pada Orbitnya

Selain bulan, bumi juga memiliki banyak sekali satelit buatan yang orbitnya memutari bumi. Satelit ini diluncurkan dan mengorbit sebab adanya gaya gravitasi yang diciptakan oleh bumi, sehingga satelit-satelit tersebut tetap berada pada orbitnya.

Itulah beberapa manfaat gaya gravitasi bumi dalam kehidupan kita sehari-hari. Gaya gravitasi bumi memang tak dapat kita lihat, tapi dapat kita rasakan malalui setiap apa yang kita lakukan di muka bumi ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here