Home Pengetahuan Bagaimana Cara Menggunakan Bot Telegram

Bagaimana Cara Menggunakan Bot Telegram

Bagaimana Cara Menggunakan Bot Telegram- Untuk bisa berinteraksi dengan Telegram bot, anda mempunyai dua cara yang bisa di lakukan.

Pertama, anda bisa mengirimkan pesan berupa perintah ke bot dengan terhubung pembicaraan dengan bot tujuanmu. Kamu bisa mencari bot yang anda butuhkan di kotak pencarian. Jika anda telah mendapatkan bot tersebut, anda tinggal melakukan chat dengan bot berikut dengan mengetikkan perintah yang anda inginkan.

Perintah atau permohonan yang anda kirimkan akan diteruskan ke perangkat lunak yang berlangsung didalam server. Selama berlangsung didalam server maka perintah yang anda kirimkan akan di enkripsi sekaligus melakukan komunikasi dengan API Telegram.

Cara kedua agar anda bisa berkomunikasi dengan bot adalah dengan mengirim sebuah perintah atau permohonan langsung dengan cara mengetikkan nama bot dan perintahnya di didalam bidang input. Hal ini biasa disebut bot inline.

Bagaimana Cara Menggunakan Bot Telegram

Kali ini, saya akan mencontohkan bagaimana cara berkomunikasi dengan bot yang ada di Telegram. Untuk mencari bot yang anda butuhkan, anda bisa search terlebih dahulu di internet untuk mencari daftar bot apa saja yang ada di telegram atau yang anda inginkan.

Disini saya akan memakai bot bernama “inline lyrics bot”, di mana bot ini digunakan untuk mencari lirik lagu dengan amat cepat. Hanya memerlukan sementara 2 atau 3 detik saja untuk menampilkan hasilnya.

Agar bisa berkomunikasi dengan bot tersebut, silakan ketikkan username bot tersebut di pencarian Telegram. Setelah ditemukan, silakan pilih bot tersebut untuk masuk ke mode chatting dengan bot.

Bagaimana Cara Menggunakan Bot Telegram

Untuk memulainya, anda kirimkan perintah /start. Maka anda akan mendapat balasan instruksi selanjutnya. seperti yang ada dicontoh ada balasan yang intinya anda perlu memasukkan judul lagu atau lirik lagu yang anda maksud.

Jika anda telah mengirimkan judul lagu yang anda inginkan, maka dalam beberapa detik, anda akan mendapatkan hasil seperti gambar yang saya contohkan. Bot akan menampilkan lirik lagu yang berjudul “On my way” atau sesuai dengan apa yang saya minta tadi. Bot akan menampilkan judul lagu, pencipta lagu, dan lirik lagu tersebut, jika bot sukses menerima intriksi tersebut.

Sekian cara menggunakan bot di telegram, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menggunakan Face App

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit