Bagaimana Cara Menggunakan Kompas?

0
98
bagaimana cara menggunakan kompas
Advertisement

Bagaimana Cara Menggunakan Kompas?  – Kompas yaitu salah satu penunjuk arah yang merupakan hasil dari revolusi industri, dimana saat manusia melakukan pelayaran pertama haruslah memakai kompas agar tidak tersesat.

Kompas ini berupa magnet jarum yang dimana akan senantiasa menunjuk ke arah kutub Utara planet Bumi. Sehingga, bila Anda menghadap ke Timur, kompas akan berputar ke arah Utara, tetapi bila Anda sudah menghadap Utara, maka kompas akan diam.

Advertisement

Lalu, bagaimana cara menggunakan kompas? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Bagaimana Cara Menggunakan Kompas? 

1. Buka Penutup Kompas, Letakkan pada Bidang yang Datar

Biasanya kompas akan ditutup untuk melindunginya dari debu, sehingga lebih mudah dilihat. Untuk itu, bukalah terlebih dahulu penutup kompasnya, lalu letakkan pada bidang yang datar seperti pada telapak tangan.

2. Posisi Tangan Setinggi Dada

3. Usahakan Hindari Kompas dengan Bahan Logam

Apakah Anda tahu jika magnet akan menghampiri muatan logam? Oleh sebab itu, Anda harus menjauhkan kompas dari benda logam, agar jarumnya tidak bergeser ke arah logam.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan APAR?

bagaimana cara menggunakan kompas

Sumber: https://rimbakita.com

4. Pahami Tata Letak Arah pada Kompas

Anda juga perlu memahami tata letak arah pada kompas. Jika Anda menggunakan kompas Internasional, maka akan terlihat huruf N (North) yang melambangkan Utara dan S (South) yang melambangkan selatan.

Namun, seandainya Anda menggunakan kompas nasional, maka akan terlihat huruf U (Utara) dan S (Selatan). Meskipun demikian, cara kerjanya tetap sama.

Baca Juga: Cara Menggunakan Garam Himalaya untuk Diet

5. Pahami Kutub-Kutub Magnet Sejati dengan Medan Kutub Planet Bumi

Terdapat keunikan pada perbedaan kutub magnet dengan medan kutub planet Bumi. Kompas yang menghadap Utara menunjuk pada kutub Utara Bumi, meskipun demikian di kutub Utara planet Bumi terdapat medan magnet Selatan.

Ketidaksenamaan antara kutub magnet kompas dengan medan magnet Bumi menyebabkan daya tarik-menarik, dimana magnet Utara kompas akan tertarik ke arah medan Selatan Bumi.

6. Pahami Inklinasi dan Deklinasi

Pergeseran inklinasi dan deklinasi disebabkan oleh bumi yang berbentuk bulat. Seandainya Anda bergerak lurus, maka belum tentu hal itu lurus dan bisa saja itu melenceng sejenak.

Oleh karena itulah saat berjalan lurus, kadang kala kita melihat jarum kompas yang terus bergerak untuk menyesuaikan. Seharusnya ketika kita berjalan itu jarum kompas akan menyesuaikan sekali saja ke arah Utara, kemudian diam.

Baca Juga: Cara Menggunakan Obat Callusol pada Kutil