web hit counter
Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala

Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala

Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala

Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala-Rangkaian seri adalah suatu rangkaian yang semua bagian terhubung secara berurutan sehingga setiap bagian dialiri oleh arus listrik yang sama. Rangkaian ini juga disebut rangkakkian tunggal, membiarkan listrik mengalir keluar dari sumber tegangan melalui setiap bagian, dan kembali ke sumber tegangan.

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah senter. Rangkaian ini disusun seri pada senter adalah baterai, karena hanya ada satu lampu di senter. Hal ini menyebabkan lampu senter menyala sangat terang, tapi baterai cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga dapat ditemukan di lampu rumah.

Rangkaian listrik dari lampu senter yang diletakkan sebaris. Dalam rangkaian seri lampu, lampu juga ditempatkan secara sejajar berturut-turut. Arus listrik yang mengalir dalam rangkaian seri hanya berbeda dalam satu aliran kabel yang menghubungan ke semua lampu. Rangkaian seri lampu ditemukan di ornamen pencahayaan pohon Natal.

Mari Kita Bahas
Bongkarlah senter yang anda memiliki!
Amati komponen yang terkandung dalam senter, sebagai berikut:

Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala

Kenali salah satu bagian komponen dan kemudian tulis pada tabel berikut beserta dengan fungsinnya!Bagaimana Posisi Lempengan Logam Untuk Membuat Lampu Menyala

Amati rangkaian listrik sederhana dari senter dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman-teman anda!

  • ¬†Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

Dalam sebuah rangkaian elektronik yang terkandung dalam sumber tegangan yang sama, rangkaian harus dipasang sebagai rangkaian tertutup sehingga lampu menyala. Lampu akan menyala jika ada cukup arus yang mengalir ke lampu melalui konduktor. Lempengan logam adalah salah satu konduktor yang baik. Dalam hal ini, ketika lempengan logam yang dimaksud adalah lempengan pada saklar atau switch, maka posisi lempengan logam di switch ini harus menyentuh satu sama lain sehingga arus listrik dapat mengalir ke lampu.

Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan orang-orang di dunia. Michael Faraday adalah penemu arus listrik. Faraday lahir tahun 1791 di Newington, Inggris. Dia berasal dari keluarga miskin dan merasakan pendidikan sekolah yang singkat.

Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Apakah anda tahu? Bagaimana listrik saat perjalanan untuk sampai ke rumah anda?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, gelombang yang dapat merambat meskipun tidak ada media perantara. gelombang elektromagnetik terbentuk dari perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut memicu kejadian yang kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan oleh generator raksasa di pusat pembangkit listrik. Arus listrik yang disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi dalam jaringan kabel pada menara tinggi yang menuju ke gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah-rumah dan tempat-tempat yang membutuhkan.

Arus listrik diterima di rumah kemudian disalurkan melalui serangkaian kabel listrik di rumah. Rangkaian kabel umumnya terletak di atap untuk menempatkan dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik ke tempat untuk menyambungkan peralatan elektronik yang beragam, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. rangkaian listrik di rumah bisa menjadi rangkaian seri atau rangkaian paralel.

Rangkaian seri dan paralel adalah jenis rangkian yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komponen listrik sehingga bersatu utuh. Bila dilihat dari cara perangkaiannya, rangkaian seri disusun secara serial atau paralel dan diatur dalam berbagai rangkaian paralel.

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah senter. Rangkaian seri dalam senter adalah baterai, karena hanya ada satu lampu senter. Hal ini menyebabkan senter sangat terang menyala tapi baterai cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga dapat ditemukan di lampu di rumah.

Seberapa penting listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentu saja, kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita harus tetap bijaksana dalam penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi menarik lainnya di afuza.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.