Cara Memakai Bedak Lotong yang Benar

0
58
Advertisement

Cara memakai bedak lotong yang benar – Cara memakai bedak lotong merupakan salah satu solusi yang dapat kamu coba untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuhmu. Cara mudah menggunakan bedak lotong untuk perawatan kulit cantikmu.

Lulur merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang sudah sejak jaman dahulu digunakan oleh para wanita bahkan hingga sekarang.

Advertisement

Merawat kulit dengan menggunakan bedak lotong memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati jadi kulitmu akan tampak bersih dan juga lebih cerah.

Ada berbagai jenis lulur tradisional seperti lumpur, lulur cendana hingga rumput laut. Lulur bedak lotong atau bedak hitam merupakan salah satu jenis lulur tradisiomal yang berasal dari sulawesi selatan. Penggunaan nama bedak hitam, dikarenakan lulur tersebut menggunakan bahan dasar beras ketan hitam.

Pada awalnya bedak lotong sudah biasa digunakan oleh kalangan bangsawan. Akan tetapi perkembangan yang selanjutnya menjadi lulur yang digunakan khusus oleh pengantin yang berasal dari suku bugis.

Akan tetapi, lulur bedak lotong kemudian telah diproduksi oleh industri rumahan dengan jumlah yang cukup terbatas sebelum akhirnya dapat berkembang seperti sekarang ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Facial Scrub

Lulur Bedak Lotong Terbuat dari Bahan Alami

cara memakai bedak lotong yang benar
Sumber: https://www.vondanote.com/

Lulur bedak lotong merupakan salah satu lulur tradisional yang menggunakan bahan alami. Hal ini dapat kamu lihat dari bahan yang digunakan untuk membuat lulur yaitu ketan hitam, temulawak, kencur, kunyit dan juga minyak zaitun.

Kandungan ketan hitam yang terkandung didalam bedak lotong ternyata kaya akan kandungan mineral, serat, dan antioksidan. Yang dapat berfungsi untuk membantu meregenerasi kulit dan juga cocok untuk semua jenis kulit.

Lulur bedak lotong sekarang sudah mulai banyak dipasarkan di supermarker dan di swalayan seperti misalnya bedak lotong sariayu, wardah, dan beberapa merk yang lain.

Bahkan sekarang ada merk bedak lotong yang muncul dengan variasi baru yaitu menghadirkannya dengan campuran bahan asam jawa. Asam jawa sendiri memiliki banyak kandungan asam seperti asam suksinat, asam tatrat dan juga asam sitrat.

Berbagai jenis asam diatas memiliki kandungan aktifisitas alpha hydroxyacid atau banyak dikenal dengan AHA. Dengan menggunakan cara yang tepat untuk menggunakan bedak lotong, maka bedak lotong akan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati jadi akan membuat kulit cerah alami.

Manfaat Memakai Bedak Lotong

cara memakai bedak lotong yang benar
Sumber: https://sampaijauh.com/

Baca juga: Cara Menggunakan Facial Scrub

Manfaat yang ada di bedak lotong mampu menghilangkan kulit kusam, mendinginkan kulit, melembabkan dan mempercepat penyembuhan luka. Kulit yang berjerawat dan juga kusam akan mulai pudar jika kamu rutin menggunakan bedak lotong dengan cara yang baik dan juga benar.

Setelah tahu mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan bedak lotong, baiknya kamu juga mengetahu cara yang tepat untuk menggunakannya. Dengan menggunakan cara ini memakai bedak lotong pun menjadi mudah dan tentunya praktis.

Cara Membuat Bedak Lotong

cara memakai bedak lotong yang benar
Sumber: https://i1.wp.com/

Cukup mudah untuk membuat bedak lotong. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti beras ketan hitam, jeruk purut, daun pandan, asam jawa, dan juga temu lawak. Siapkan juga wajan tanah liat yang akan digunakan untuk menyangrai.

Cara mengolah bedak lotong cukup mudah. Sangrai beras ketan hitam bersamaan dengan potongan daun pandan hingga hangus dan warnanya merata. Setelah hangus angkat beras dan letakkan di wajan.

Setelah beras dingin campurkan dengan air perasan jeruk purut, asam jawa dan juga parutan temulawak. Kemudian tambahkan secukupnya air dan remas-remas gingga semua ramuan tercampur dengan merata. Setelah merata diamkan selama semalaman kemudian keesokan harinya bisa kamu gunakan.

Cara Memakai Bedak Lotong yang Benar

Sumber: https://lh3.googleusercontent.com/

Baca juga: Cara Menggunakan Masker Kopi

Ada 2 cara memakai bedak lotong yang benar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal yang tentunya bisa untuk kamu coba terapkan dalam perawatan kulit tubuhmu.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan badan menggunakan sabun hingga bersih. Kemudian kamu bisa menggunakannya dengan cara menggosokkan ke badan dengan kondisi kulit yang lembab atau sebagai body scrub.

Dengan menggunakan cara itu akan memudahkan kandungan yang ada dalam bedak lotong meresap ke dalam lapisan kulit.

Dan cara yang kedua kamu bisa mengoleskan message oil terlebih dahulu ke tubuhmu setelah itu oelskan bedak lotong. Atau kamu bisa menggunakan cara dengan mengleskannya ke seluruh tubuh hingga merata kemudian diamkan selama beberapa menit.

Langkah yang berikutnya yaitu diamkan sebentar lulur bedak lotong. Kemudian gosok dengan perlahan secara merata untuk mengangkat kotoran dan juga sel-sel kulit mati. Kemudian bilas menggunakan air.

Cara sederhana menggunakan bedak lotong yaitu kamu perlu menyiapkan wadah bersih kemudian tuang secukupya bedak lotong dan campurkan dengan air menggunakan perbandingan 1:3 kemudian aduk hingga rata.

Setelah tercampur hingga merata oleskan oada tubuh dengan menggunakan kuas masker atau kamu juga bisa menggunakan tangan secara merata dan diamkan lulur selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Nah, itu adalah ulasan lengkap mengenai cara memakai bedak lotong yang benar, yang bisa kamu terapkan dirumah.