Cara Memakai Bedda Lotong

0
133
Advertisement

Cara Memakai Bedda Lotong-RAHASIA kecantikan alami wanita suku Bugis adalah kebiasaan mereka memakai bahan-bahan alami untuk merawat diri.

Tiap-tiap daerah mempunyai lulur tradisional yang racikannya diturunkan turun temurun. Lulur bedda lotong yaitu lulur tradisional yang sudah populer sejak dulu apalagi di Sulawesi Selatan.

Advertisement

Lulur ini biasa disebut dengan bedak hitam karena memang terbuat dari bahan utama ketan hitam. Pada awalnya hanya digunakan oleh kalangan keluarga bangsawan Bugis saja.

Seiring berjalannya waktu, bedda lotong menjadi kebiasaan luluran wajib bagi calon pengantin Sulawesi Selatan.

Para wanita Bugis seperti Soppeng, Bone, Sidrap, Sengkang, sejak kecil sudah terbiasa memakai bedda lotong di wajah dan semua anggota tubuh.

Sekarang ramuan ini sudah biasa digunakan wanita di Sulawesi Selatan. Tradisi sebelum menikah, pengantin wanita wajib memakai bedda lotong selama 30 hari. Mereka percaya bahwa bedda lotong cakap membangkitkan aura kecantikan di hari pernikahan.

Di luar kebiasaan itu, bedda lotong mempunyai banyak manfaat. Selain mengangkat sel mati, ramuan ini juga bisa menormalkan bengkak di beberapa bagian tubuh.

Manfaat Lulur Bedda Lotong

Cara Memakai Bedda Lotong

Lulur Bedda Lotong sekarang bukan saja dimanafaatkan kaum perempuan di Sulawesi Selatan, namun sudah pula disukai wanita di Indonesia. Bahkan, lulur tradisional yang diracik khusus ini bisa diperoleh di Kalimantan Selatan. Manfaat lulur ini salah satunya yaitu :

  • Sebagai body scrub
  • Mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menonjol kusam dan kasar
  • Memberikan efek relaksasi pada tubuh
  • Menekan pembengkakan
  • Mendinginkan
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Menyembuhkan bekas luka dan remodeling kulit rusak
  • Menghilangkan gatal,alergi,flek dan bekas jerawat dengan pemakaian rutin
  • Menghilangkan bau badan dan memberikan gizi pada kulit
  • Menyehatkan kulit

Lulur ini cara pengaplikasianya hampir sama seperti lulur kuning, bengkoang, kopi, cokelat, lumpur, alpukat, rumput laut, kacang hijau, dan cendana. Sedangkan Lulur Bedda Lotong atau Bedak Hitam, disebut demikian sebab terbuat dari ketan hitam.

Lulur Bedda lotong ini berbahan dasar utama ketan hitam, setiap merk lulur Bedda Lotong Bugis memiliki komposisi bahan berbeda.

BACA JUGA : Manfaat Masker Aloe Vera, dan Efek Sampingnya Awas Hati-hati !!

Kandungan Lulur Bedda Lotong

Cara Memakai Bedda Lotong

Berdasarkan owner Daisy Beauty Care yang yaitu pemilik usaha Bedda Lotong di Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Desi Ismilia Puspitasari, bahwa komposisi bahan lulurnya terdiri atas ketan hitam, kunyit, temulawak, kencur dan minyak zaitun.

Bedda Lotong mencampurkan bahan-bahan pilihan terbaik tersebut dengan asam jawa yang memiliki kandungan asam tatrat, asam suksinat, asam sitrat, dan asetat.

Asam ini memiliki kesibukan alpha hydroxyacid atau AHA, untuk mempercepat pengangkatan sel-sel mati, sehingga kulit menjadi cemerlang natural,” katanya.

Lulur bedda lotong pada awalnya hanya digunakan pada kalangan wanita bangsawan saja, kemudian saat ini lulur dijadikan lulur mesti bagi calon pengantin Suku Bugis. Bedda lotong ini sudah tersebar luas dan memiliki banyak distributor di kabupaten dan tiap kota.

BACA JUGA : Manfaat Susu Beruang untuk Wajah sebagai Masker. Yuk Coba!

Cara Memakai Lulur Bedda Lotong

Cara Memakai Bedda Lotong

Ada dua cara mudah mengaplikasikan bedda lotong yang bisa dijalankan di rumah. Langkah pertama, pastikan badan dalam keadaan bersih dengan mandi terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Gunakan bedda lotong saat badan masih dalam kondisi lembab sesudah mandi.

Selain menghindari iritasi pada kulit, cara ini juga memudahkan ramuan menyerap ke kulit, terlebih bagi mereka yang berharap mendapatkan khasiat lain dari bedda lotong.

Cara memakai yang kedua yaitu, dengan mengoleskan terlebih dahulu massage oil ke tubuh sebelum melumurkan bedda lotong.

Produk ini ada yang dijual dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk siap gunakan. Malahan ada sebagian yang membuatnya sendiri, sebab bahannya mudah diperoleh dari alam.

Bedda lotong diproduksi di rumah dan stoknya bun sangat terbatas, dengan kemasan seadanya dan dijual dalam jangkauan terbatas. Dua tahun terakhir, Banyak orang Sulawesi Selatan memanfaatkan lulur ini sebagai peluang usaha.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semua yang membaca. Yuk cobain lulur ini sekarang juga !