Cara Memakai Masker Jeruk Nipis

0
52
Cara Memakai Masker Jeruk Nipis
Advertisement

Cara Memakai Masker Jeruk Nipis – Jeruk nipis mungkin tidak sepopuler jeruk lemon dalam hal perawatan wajah. Tapi harganya yang murah menjadikan jeruk nipis dapat menjadi pilihan untuk dimanfaatkan sebagai masker wajah. Berikut ini, review seputar manfaat masker jeruk nipis, cara membuat, serta cara memakainya.

Kandungan AHA, yang terkandung jeruk nipis bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu, kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, memiliki antibakteri dan eksfolian (pengelupas kulit). Karena itu, masker jeruk nipis dapat menjadi rekomendasi untuk mengatasi jerawat.

Advertisement

BACA JUGA : Cara Memakai Masker Bengkoang

Rahasia Kecantikan, Balik Masker Jeruk Nipis

Cara Memakai Masker Jeruk NipisSelain zat asam alfa-hidroksi, jeruk nipis juga sumber antioksidan yang baik, dan mengandung sebagian vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, folat, kalsium, magnesium, dan kalium.

Kandungan vitamin C dan flavonoid, berguna untuk memperkuat kolagen, membuat jeruk nipis banyak dipakai dalam produk perawatan kulit, salah satunya sebagai masker jeruk nipis.

Padahal belum cukup bukti ilmiah, bahwa jeruk nipis bermanfaat untuk mengatasi persoalan kulit, tetapi buah berukuran kecil ini sudah banyak dipakai dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk masker. Cara membuat masker ini, cukup mudah kok, anda bisa membuat sendiri dirumah masing-masing.

BACA JUGA : Efek Samping Masker Susu Dancow dan Putih Telur

BACA JUGA : Efek Samping Masker Bedak Marcks dan Air Mawar

Cara Membuat dan Memakai Masker Jeruk Nipis

Cara Memakai Masker Jeruk NipisUntuk mendapatkan efektivitas masker jeruk nipis sebagai antibakteri dan eksfolian, pakai air hasil perasannya dan oleskan pada bagian wajah yang diinginkan.

  • Gunakan kapas untuk menggunakan air perasan jeruk nipis ini.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin hingga bersih.
  • Jika ingin, meningkatkan kualitas masker jeruk nipis, anda bisa menambahkan bahan lainya, seperti gula, minyak zaitun, minyak kelapa, bayam, atau madu.

BACA JUGA : Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar

BACA JUGA : Review Masker Penghilang Bekas Jerawat

Masker Jeruk Nipis dan Gula Pasir

  • Cara Memakai Masker Jeruk NipisCampurkan air perasan satu buah jeruk nipis atau juga dapat jeruk lemon dengan 1 cangkir gula.
  • Gunakan sebagai scrub untuk tubuh, dan dapat juga untuk wajah. Masker ini, berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

Masker Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa

  • Selain dengan gula, anda juga dapat menambahkan campuran jeruk nipis dengan minyak kelapa.
  • Campurkan ½ cangkir minyak kelapa, 1 sendok makan perasan jeruk nipis, dan ¼ cangkir gula pasir.
  • Campurkan segala bahan bersama dan aplikasikan pada kulit. Bilas dan keringkan, sisanya bisa anda simpan di wadah tertutup agar dapat dipakai lain waktu.

BACA JUGA : Cara Memakai Masker Bengkoang

Masker Jeruk Nipis, Bayam dan Madu, untuk Kulit Berjerawat.

Selain minyak kelapa, anda juga bisa memanfaatkan bayam dan madu untuk campuran masker jeruk nipis. Karena, bayam mengandung A, C, E, K, dan folat.

Kandungan vitamin dan mineral pada bayam bisa membuat membersihkan jerawat dan membuat kulit lebih bercahaya. Padahal kandungan asam sitrat, pada jeruk nipis atau lemon bersifat antibakteri dan antijamur, serta bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Cara Membuat : 

  • Cara membuatnya, campurkan 9 – 10 lembar bayam segar dengan 2 sendok perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, serta 1 sendok makan madu.
  • Haluskan semua bahan menggunakan diblender.
  • Kemudian, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 -15 menit.
  • Kemudian, bilas hingga bersih dan keringkan wajah.

Untuk perawatan jerawat, anda juga dapat membuat masker jeruk nipis yang dicampur dengan putih telor. Oleskan pada wajah pada malam hari dan biarkan mengering hingga pagi hari, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan wajah.

Sebaiknya hindari, paparan sinar Matahari selama pemakaian masker jeruk nipis,karena bisa membuat iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain tipe kulit sensitif, sebagian kondisi seperti rosacea dan dermatitis seboroik juga direkomendasikan untuk menghindari penggunaan masker jeruk nipis, karena bisa memperparah iritasi kulit.

Nah, itulah cara memakai dan manfaat jeruk nipis untuk wajah. Pelu di ingat jangan gunakan jeruk nipis secara berlebihan karena akan menyebabkan iritasi, apalagi saat pemakaian langsung terkena sinar Matahari. Selamat Mencoba!