Cara Memakai Oven Kompor

0
5
Advertisement

Cara memakai oven kompor – Sekiranya Anda merasa bahwa oven listrik terlalu mahal, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli oven kompor. Pasalnya, harga oven ini juga cukup murah, tidak sampai jutaan rupiah untuk ukuran yang tepat untuk kebutuhan rumah tangga.

Cara mengaplikasikan oven kompor memang tidak sepraktis oven listrik. Ditambah lagi oven ini tidak dilengkapi dengan api atas, sehingga Anda akan mengalami sedikit kesulitan ketika hendak membikin lapis legit.

Advertisement

Tetapi, oven kompor dapat menjadikan kudapan manis maupun cake yang indah dengan rasa yang lezat apabila Anda tahu metode mengaplikasikannya.

Tak perlu khawatir karena cara menggunakan oven kompor tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok! Berikut ini adalah ulasan lengkapnya mengenai cara memakai oven kompor dan juga beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan.

Baca juga: Oven Listrik Han River

Tips Setelah Membeli Oven Kompor Baru

cara memakai oven kompor
Sumber: https://ds393qgzrxwzn.cloudfront.net/

Sebelum mulai mengaplikasikan oven kompor, sebaiknya amati letak penempatan oven ini terutama dulu. Pasalnya, oven kompor tidak dapat meredam panas dari dalam seperti oven listrik. Jadi, Anda mesti menempatkan oven ini dengan strategi khusus.

Umpamanya, apabila di belakang oven terdapat dinding, berilah jarak antara oven dengan dinding minimal 10 cm. Begitu bahkan dengan alas yang digunakan untuk oven. Jangan seketika meletakkan oven secara bersentuhan dengan alasnya, sebaiknya berikan ganjalan berupa batu bata untuk menjaga agar temperatur panas oven kompor dapat merata dengan sempurna.

Sekiranya Anda membeli oven kompor baru, lakukan sebagian treatment agar oven ini bekerja dengan maksimal. Salah satu yang mesti Anda lakukan pada oven baru adalah nyalakan oven untuk memanaskannya terutama dulu.

Di sini, Anda tidak perlu panik apabila oven berasap dan beraroma gosong, karena hal hal yang demikian wajar disebabkan oven masih baru dan belum pernah digunakan. Lakukan metode ini sebanyak 3-4 kali sampai bau gosong pada oven hilang.

Cara Memakai Oven Kompor

cara memakai oven kompor
Sumber: https://kebunrotisourdough.files.wordpress.com/

Nah, selanjutnya kita akan seketika mempelajari metode mengaplikasikan oven kompor yang benar. Cara ini dapat dipraktekkan untuk pemula yang belum pernah mengaplikasikan oven kompor sebelumnya.

  1. Panaskan oven sampai Anda mendapatkan temperatur yang Anda inginkan. Karena di oven kompor tidak ada pengatur temperatur seperti di oven listrik, maka Anda mesti membeli termometer khusus oven
  2. Rak bagian bawah oven adalah bagian yang paling panas, sehingga lebih jarang digunakan atau apabila digunakan umumnya untuk memanggang daging atau ayam. Sementara itu, rak bagian tengah paling cocok untuk memanggang cake atau kudapan manis kering, apabila kudapan manis telah hampir matang dapat dipindahkan ke rak atas agar matangnya merata
  3. Untuk membikin agar oven tidak terlalu panas, letakkan pasir atau air di rak bagian bawah oven kompor
  4. Karena oven kompor tidak mempunyai timer, maka sebaiknya Anda menunggu di dekat oven agar makanan yang sedang dipanggang tidak gosong
  5. Matikan kompor apabila makanan telah matang, untuk mempertimbangkan makanan dipanggang dengan temperatur yang cocok gantunglah termometer di rak oven, lalu
  6. Anda juga mesti menghitung waktu sendiri agar makanan tidak gosong
  7. Angkat makanan yang dipanggang dari dalam oven dan biarkan pintu oven terbuka agar sirkulasi udara dapat masuk ke dalam oven
Baca juga: Cara Memakai Oven Listrik

Oh iya, untuk oven tangkring yang mempunyai lubang atas, umumnya lubang atas ini berfungsi untuk mengeluarkan panas sehingga tak jarang dimanfaatkan untuk sebagian kebutuhan lainnya seperti digunakan untuk memanggang makanan lain seperti bika ambon.

Sebagian orang juga sengaja membuka lubang atas oven tangkring ini ketika membikin kudapan manis kering. Dan apabila ketika memanggang bolu dan lubang atas dibuka, maka permukaan bagian atas akan kelihatan lebih coklat dari mesti.

Meskipun oven listrik dirasa lebih praktis dan nyaman, namun oven kompor juga masih digunakan di kafe, bakery, maupun rumah tangga.

Penggunaan oven tangkring memang sedikit merepotkan, mengingat kita mesti mengangkat oven ke atas kompor terutama dulu apabila hendak mengaplikasikan, namun harganya yang cenderung lebih murah membikin banyak orang masih mengaplikasikan oven macam ini.

Tips Penting Dalam Menggunakan Oven

cara memakai oven kompor
Sumber: https://4.bp.blogspot.com/
Baca juga: Cara Menggunakan Oven Listrik Cosmos

Telah tahu metode mengaplikasikan oven kompor yang benar kan? Nah, tidak ada salahnya apabila Anda juga mengenal tips penting dalam mengaplikasikan oven kompor berikut ini.

  1. Pastikan lebih dahulu letak dari oven kompor tidak dalam posisi miring agar makanan yang kamu panggang tidak matang sebelah saja.
  2. Sekiranya Anda mengaplikasikan oven di ruang terbuka, tutupi bagian belakang dan samping oven agar api tidak padam atau terganggu dengan hembusan angin di sekitar.
  3. Pilih ukuran loyang yang cocok dengan ukuran ruang dalam oven, bukan menyesuaikan dengan ukuran lebar oven secara keseluruhan.
  4. Letakkan loyang yang telah diisi pasir bawah di bagian bawah agar panas dari bagian bawah oven dapat merata.
  5. Sekiranya Anda mengaplikasikan kompor minyak tanah untuk memanaskan oven, cek sumbu secara terencana . Karena sumbu kompor yang tidak terawat akan memunculkan jelaga yang akan memunculkan polusi di bagian dalam kompor sehingga dapat mencemari wangi-wangian makanan yang sedang dipanggang.

Nah, itulah serba-serbi metode mengaplikasikan oven kompor, metode merawat, dan juga tips penting dalam mengaplikasikannya. Oven kompor akan membutuhkan tenaga minyak tanah atau LPG lebih banyak, namun harga beli oven ini amat terjangkau. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan sendiri apakah oven kompor atau oven listrik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.