Cara Memakai Skincare yang Benar

0
39
Advertisement

Cara memakai skincare yang benar – Untuk menjaga kecantikan kulit wajah, banyak wanita mengaplikasikan beragam produk perawatan lebih dari satu. Tetapi terbukti, masih banyak orang yang keliru dalam memakainya.

Sedangkan, berdasarkan dokter kulit kosmetika di London, dr. Sam Bunting, urutan pengaplikasian skin care yang salah dapat mengurangi efektivitas produk yang dipakai. Malah, kulit dapat mengalami iritasi dan dehidrasi.

Advertisement

Cara Memakai Skincare Pagi yang Benar

Cara memakai skincare yang benar
Sumber: https://akcdn.detik.net.id/

Baca juga: Cara Memakai Tamanu Oil

Skincare atau berbagai rangkaian perawatan kulit wajah memanglah banyak jenisnya. Mulai dari pembersih wajah sampai tabir surya atau sunscreen. Nah, supaya dapat menerima manfaat optimal dari produk yang dipakai, Anda semestinya memakainya dengan urutan yang pas.

Kunci utama dalam menggunakan skin care ialah mengaplikasikan produk dengan tekstur dari yang paling ringan ke yang paling berat.

Umpamanya, pakai produk dengan bahan dasar air sebelum mengaplikasikan produk berbahan dasar minyak. Berikut adalah ulasan cara memakai skincare yang benar.

1. Sabun cuci muka

Membersihkan wajah menjadi langkah pertama yang perlu dipakai sebelum Anda menggunakan produk perawatan lainnya.

Dengan wajah yang bersih, produk-produk berikutnya yang akan dipakai akan lebih gampang merekat dan mengabsorpsi ke dalam kulit. Jadi, urutan skincare yang pas memang diawali dari facial wash alias sabun muka.

2. Toner – Cara memakai skincare yang benar.

Sesudah membersihkan wajah dengan sabun, pakai toner. Toner menolong mengangkat kotoran dan minyak yang masih merekat di wajah sesudah mencuci muka.

Kecuali itu, dr. Christine Choi Kim, dokter kulit di Los Angeles, Amerika Seriakt, menyuarakan bahwa toner menolong mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan pelembap dan serum.

3. Serum

Sesudah mengaplikasikan toner, Anda dapat menimpanya dengan serum. Serum sendiri menjadi sejenis suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh kulit wajah cantikmu.

Gunakan serum ke kulit wajah kemudian tekan atau tepuk dengan lembut supaya bahan aktifnya terlepaskan. Apalagi untuk serum yang berbahan dasar minyak tidak cukup apabila cuma dioles tanpa ditepuk ke wajah secara pelan.

Sumber: https://image-cdn.medkomtek.com/

4. Moisturizer (pelembap)

Moisturizer menolong menghidrasi kulit Anda dan mencegah kekeringan. Mengoleskan produk yang satu ini tidak dapat asal. Sebaiknya, berikan sedikit pijatan ketika Anda memakaikan moisturizer ke wajah.

Oleskan ke wajah dengan menggunakan gerakan mengarah keatas dari leher ke arah dahi hingga merata. Selain dapat menolong produk supaya menyerap dengan sempurna, pijatan juga menolong melancarkan peredaran darah di wajah.

Baca juga: Review Pelembab Wajah untuk Remaja

5. Tabir surya atau sunscreen

Tabir surya yakni rangkaian terakhir yang semestinya Anda pakai tiap harinya. Produk yang satu ini menolong melindungi wajah dari bahaya cahaya sang surya seperti kulit terbakar atau penuaan dini.

Tetapi, tidak cuma di wajah saja, tabir surya juga semestinya dipakai di segala tubuh, dari muka sampai kaki supaya kulit terlindung total.

Bagaimana, apakah urutan skincare Anda selama ini telah benar atau masih kurang pas?

Cara Memakai Skincare Malam yang Benar

Cara memakai skincare yang benar
Sumber: https://www.dermstore.com/

1. Makeup Remover – Cara memakai skincare yang benar

Apabila Anda pulang ke rumah dengan wajah penuh makeup, karenanya bersihkan dahulu sebelum terbaring di daerah tidur. Makeup remover jadi produk skincare wajah glowing sekalian ialah pembuka dari urutan skincare malam. Anda dapat memilih produk makeup remover berbahan dasar air atau minyak.

2. Sabun pembersih wajah

Biar meyakinkan, Anda dapat membersihkan wajah sekali lagi mengaplikasikan sabun pembersih wajah atau face wash. Mengutip Fimela, sabun wajah bisa mengangkat minyak, makeup, dan kotoran. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan variasi kulit.

Baca juga: Review Safi Facial Wash

3. Produk Eksfoliasi – Cara memakai skincare yang benar

Eksfoliasi menjadi urutan skincare wajah malam sesudah mencuci muka dengan sabun. Produk skincare dengan jenis satu ini akan berfungsi untuk mengangat sel-sel kulit mati yang berada pada kulit wajahmu. Akan tetapi kamu hanya bisa menggunakannya 2 kali dalam seminggu.

4. Toner

Jenis skincare satu ini menjadi holy grail para wanita dalam urutan skincare untuk pagi dan malam hari. Toner akan menolong menyeimbangkan kembali pH kulit wajah. Kamu bisa memilih toner yang mengandung bahan-bahan aktif untuk melembabkan seperti contohnya asam hialuronat, gliserin, dan juga asam laktat.

5. Essence dan Serum

Sama seperti skincare pagi, essence dan serum diaplikasikan sesudah toner. Bagus essence ataupun serum, keduanya sama-sama punya fungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

6. Krim malam – Cara memakai skincare yang benar.

Dalam urutan skincare pagi harimu kamu biasa menggunakan pelembab sementara itu pada malam hari kamu diharuskan untuk menggunakan krim malam. Krim malam diandalkan sebagai skincare wajah glowing sebab dapat membenarkan kulit di ketika Anda tidur.

7. Eye Cream

Urutan skincare wajah malam terakhir yakni pengaplikasian eye cream. Eye cream bisa menolong mengurangi mata panda, kantung mata, serta kerutan di sekitar mata. Pilihlah kandungan eye cream berfokus tinggi seperti antioksidan dan peptida.