Cara Memasak Ayam Merah Agar Cepat Empuk

0
64
cara memasak ayam merah agar cepat empuk
Advertisement

Cara memasak ayam merah agar cepat empuk – Ayam kampung atau ayam merah merupakan ayam yang kualitasnya lebih di atas daripada ayam biasa yang ada di pasar. Dengan keistimewaan itu, ayam merah memerlukan proses yang lebih daripada ayam biasa.

Daftar Isi Artikel

Advertisement

Memasak ayam merah

Daging ayam merah memang memiliki serat yang jauh lebih padat dari pada ayam sayur biasa. Banyak orang yang belum tau atau belum paham bagaimana cara untuk memasak ayam merah agar lebih empuk dan tidak alot.

Baca Juga : Resep masakan ayam luar negeri

Nah berikut adalah beberapa tipsnya :

1. Pakai panci yang cocok dengan ukuran ayam

Dalam merebus ayam, dimensi panci yang digunakan yang di jadikan wadah harus dicermati. Jika ukurannya sangat kecil, ayam di tumpuk serta di rapatkan, sehingga matang menyeluruh. Sebaliknya jika sangat besar, kamu hendak memerlukan lebih banyak air, sehingga air lebih lama surut serta daging ayam berisiko sirna sebab overcooked.

cara memasak ayam merah agar cepat empuk

Gunakanlah panci yang cocok dengan dimensi serta jumlah ayam yang hendak direbus. Untuk ayam utuh, kamu dapat memakai panci berdimensi dekat 8 liter. Sedangkan buat merebus ayam potongan, panci yang lebih kecil dengan diameter 16-18 cm.

Ukuran panci bermacam-macam ukuran dari 16-24 cm, jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Gunakan pancci dengan Bahan anti karat, tebal, kokoh dan terjamin food grade. Sehingga, dipastikan ayam matang sempurna dan menyeluruh sehinngga tidak over cook ataupun under cook.

2. Garam dan bawang putih

Saat mulai merebus, kamu dapat menambahkan garam dan bawang putih utuh ke dalam panci yang berisi ayam. Jika ingin merebus ayam utuh, kamu dapat memasukkan 2 sdm garam serta 3 siung bawang putih.

cara memasak ayam merah agar cepat empuk

Sebaliknya untuk 2- 4 potongan ayam, kamu lumayan memasukkan 4 sdm garam serta 5 siung bawang putih saja. Tidak hanya buat membagikan rasa serta aroma, pemakaian garam dalam rebusan ini bertujuan buat menolong meluruhkan kotoran pada ayam.

3. Tutup panci serta rebus di atas api sedang

Saat merebus ayam, hendaknya panci ditutup agar uapnya tidak terlalu banyak keluar. Tidak hanya itu, pakai api dengan panas sedang saja supaya segala bagian ayam matang dengan bagus serta menyeluruh.

4. Perhatikan waktu merebus yang dibutuhkan

Tiap potong ayam mempunyai waktu merebus yang berbeda- beda, terlebih buat ayam utuh. Nah, ketepatan lama waktu merebus ini butuh buat dicermati agar daging ayam tidak over cook sebab sangat matang. Berikut waktu yang diperlukan buat tiap potong ayam

cara memasak ayam merah agar cepat empuk

Dada ayam tanpa tulang: 15-20 menit
Dada ayam dengan tulang: 30 menit
Paha ayam: 30- 40 menit
Ayam utuh: 1 jam

5. Pakai nanas

Tidak hanya buat daging kambing, nanas pula dapat digunakan untuk melunakkan daging ayam kampung.


Metode penggunaannya merupakan dengan menghancurkan nanas, setelah itu lumuri pada ayam sampai menyeluruh serta diamkan sedangkan.

6. Pakai panci yang tinggi dan rapat

Pemakaian panci yang besar serta tertutup dapat membuat hawa tidak seluruh keluar serta membuat temperatur dalam panci normal yang dapat memesatkan empuknya serta matangnya ayam.

7. Baking powder

Merebus ayam memakai baking powder dapat membuat ayam menjdi empuk serta tidak alot. Tidak hanya daging sapi baking powder dapat di pakai pula buat merebus ayam. Sehabis di rebus memakai baking powder mencuci ayam memakai air dingin yang mengalir. Sehabis di mencuci ayam dapat di masak cocok selera.

Nah itulah beberapa tipsnya. Semoga cara memasak ayam merah agar cepat empuk ini bisa bermanfaat tips di atas sebelum anda mengolah ayam merah dan bisa di sajikan untuk keluarga.