Cara Memasang Gas Agar Tidak Bocor

0
68
cara memasang gas agar tidak bocor
Advertisement

Cara Memasang Gas Agar Tidak Bocor – Apakah Anda tahu bahwa sebagian besar kecelakaan tabung gas diakibatkan oleh cara pemasangan gas yang tidak benar? Walaupun sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui cara memasang gas yang baik dan benar.

Nyatanya masih ada yang memasang gas secara asal-asalan, ada juga yang menggunakan perlengkapan yang tidak sesuai standar. Kedua hal tersebutlah yang menjadi banyaknya sumber kecelakaan berupa ledakan gas di Indonesia.

Advertisement

Padahal, cara memasang gas yang benar serta peralatan tabung gas yang sesuai standar adalah dua hal yang wajib dipenuhi supaya dapat menggunakan gas dengan aman. Selain itu, proses pemasangan gas yang baik dan benar juga menjadi kunci utama yang dapat mencegah dari bahaya ledakan gas dan kebakaran.

Supaya Anda dapat semakin waspada, maka Anda perlu mengetahui tata cara memasang gas agar tidak bocor. Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

cara memasang gas agar tidak bocorSumber: https://www.99.co

Cara Memasang Gas Agar Tidak Bocor, Perlu Anda Ketahui!

Langkah pertama untuk memasang tabung gas yaitu menghubungkan aliran dari tabung gas ke dalam kompor. Tetapi, tentu saja bukan sembarang menghubungkan alirannya, sebab Anda harus menghubungkan aliran gas dengan benar dan aman.

1. Buka Segel Plastik

Pertama, bukalah segel plastik yang menutupi tabung gas. Anda perlu memastikan bahwa tabung gas yang Anda beli mempunyai segel plastik yang masih baik demi kualitas dan isi gas yang baik di dalamnya.

2. Pasang Rubber Seal

Selanjutnya, pasanglah pelindung karet atau rubber seal di dalam tabung gas. Pelindung karet ini biasanya berbentuk seperti cincin dan berwarna merah dengan ukuran yang kecil.

3. Posisikan Regulator dengan Benar

Posisikan regulator dengan benar yaitu tepat di atas lubang gas. Pastikan posisinya tegak lurus supaya tidak ada kebocoran gas dan tabung gas, serta regulatornya bisa terpasang dengan baik.

4. Kunci Regulator

Apabila sambungan tidak ada kebocoran dan sudah terpasang dengan baik, kuncilah regulator melalui tuas kuncinya yang berwarna hitam dengan cara memutar 180 derajat ke arah kanan.

5. Pastikan Semua Cara Memasang Gas Sesuai

Apabila regulator sudah terpasang dengan baik pada tabung gas, maka Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada kebocoran gas dengan cara mengecek aroma gas ataupun suara desisnya.

6. Pastikan Tak Ada Bunyi Mendesis

Pastikan lagi regulator sudah terpasang pada tabung gas dengan baik, serta tidak ada suara kebocoran atau aroma dari tabungnya. Jika Anda sudah yakin, cobalah nyalakan pemantik api pada kompor untuk mengecek aliran gasnya.

Baca Juga: Cairan Pembersih Kamar Mandi yang Ampuh

Cara Memasang Regulator Gas yang Benar Agar Tidak Bocor

Selain cara pemasangan tabung gas di atas, Anda juga harus mengetahui tahapan lainnya yaitu cara memasang regulator gas. Langkah ini juga tidak kalah pentingnya untuk dipahami, lho!

Bayangkan saja, seandainya pemasangan regulator gas tidak dilakukan dengan benar, hal tersebut juga menjadi salah satu pemicu kecelakaan dan ledakan tabung gas.

Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Cara pemasangan regulator gas ini memerlukan selang khusus yang material dan fungsinya memenuhi standar SNI selang untuk tabung LPG.

Fungsi dari selang khusus ini sangatlah penting yaitu untuk mengalirkan gas dari tabung ke dalam kompor Anda. Oleh sebab itu, langkah pertama ini juga harus diperhatikan, sebab banyak juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan saat memasang tabung gas.

cara memasang gas agar tidak bocorSumber: https://www.99.co

Lalu bagaimana cara memasang regulator gas yang benar? Berikut adalah cara pemasangan regulator gas dengan selangnya yang benar:

1. Sambungkan Ujung Selang dengan Pipa Gas

Langkah pemasangan regulator gas yang pertama cukup mudah. Langkah pertamanya yaitu masukkan salah satu ujung selang ke dalam pipa gas di bagian belakang kompor.

2. Pasang Cincin Penjepit

Selanjutnya, pasangkan cincin penjepit gas ke ujung pipa gas yang sudah disambungkan dengan selang.

Cincin penjepit ini merupakan pengaman selang yang wajib ada dan umumnya terbuat dari logam sewarna selang dan bisa dikencangkan dengan obeng.

3. Pastikan Pemasangan Selang Gas Dilakukan dengan Benar

Pastikan ujung selang sudah tersambung dengan kuat pada pipa gas di belakang kompor dan pastikan juga sudah dikencangkan oleh cincin penjepit dengan sangat kuat.

4. Pasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator

Selanjutnya, pasang ujung selang satunya ke pipa regulator gas. Supaya semakin aman, sambungan pada regulator ini juga harus dikencangkan dengan cincin penjepit .

5. Periksa Kembali Semuanya Agar Tidak Ada Kesalahan

Pada pemasangan regulator gas yang terakhir ini Anda cuma perlu memeriksa ulang semua proses dari tahap awal. Pastikan juga sambungan selang pada regulator telah terlindungi dengan kuat oleh cincin penjepitnya dan terpasang dengan baik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Energi Listrik dengan Aman?

cara memasang gas agar tidak bocorSumber: https://www.99.co

Tips Penting Sebelum Memasang Tabung Gas

Apabila Anda ingin memastikan seluruh proses pemasangan gas sudah dijalankan dengan baik dan benar, maka Anda pun harus memerhatikan proses sebelum pemasangan dimulai.

Nyatanya, kecelakaan ketika pemasangan tabung gas tidak hanya disebabkan karena kesalahan pada saat pemasangan, tetapi juga faktor teknis ketika membeli tabung gas. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika membeli tabung gas:

  1. Belilah tabung gas di toko resmi.
  2. Ketika membeli, cek kondisi segel plastik pada tabung gas.
  3. Pastikan pelindung karet atau rubber seal terpasang dan kondisinya baik.
  4. Wajib menggunakan regulator SNI
  5. Aturlah posisi selang supaya jauh dari api.
  6. Simpanlah tabung gas pada tempat yang aman.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Tips Penting Supaya Tidak Boros Gas Elpiji

Banyak orang yang juga masih tidak menyadari bahwa terdapat beberapa hal penting yang sering luput dari perhatian yang membuat pemakaian gas terasa sangat boros.

Lalu bagaimana cara menghemat gas supaya tidak boros? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ikuti supaya penggunaan gas di rumah tidak terlalu boros:

  1. Setidaknya bersihkan kompor secara berkala yaitu per dua atau tiga bulan.
  2. Wajib memakai berkualitas tinggi, minimal selang berstandar SNI.
  3. Tambahkan elemen pengait regulator pada tabung elpiji.
  4. Pakailah alat masak berbahan stainless steel supaya lebih hemat gas.
  5. Gunakanlah alat masak yang sesuai ukuran dengan porsi masakan.

Itulah langkah-langkah memasang gas agar tidak bocor yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan APAR?