Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 kabel

0
110
Advertisement

Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 kabel- Dalam instalasi kelistrikan, ketika ingin menghendaki penempatan komponen-komponen listrik dirumah lebih ringkas. cara yang dapat diterapkan yaitu menempatkan saklar lampu dan stop kontak di satu tempat. Sehingga, penataan ruang dapat terliaht lebih rapih.

Advertisement

Memasang saklar lampu dan stop kontak tentu saja akan menambahkan manfaatnya. Salah satunya yaitu kami dapat memunculkan dua buah perangkat listrik secara sejalan hanya di satu lokasi. Sebagai contoh, kami dapat menyalakan lampu dan memunculkan perangkat elektronik secara serentak di satu lokasi.

Saklar lampu dan stop kontak sebetulnya merupakan gabungan berasal dari dua komponen listrik yang menjadi satu unit. Yaitu sebuah saklar dan stop kontak. fungsi saklar merupakan penyambung dan pemutus arus listrik. Sedangkan fungsi stop kontak sebagai terminal arus listrik.

Berikut Adalah Cara Memasang Saklar Lampu Dan Stop Kontak Dengan Mudah

A. Cara Memasang Saklar Lampu Dan Stop Kontak

Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 kabel

Cara yang pertama untuk memasangan saklar lampu dan stop kontak jadi 2 kegunaan yang berbeda, bisa kalian lihat pada gambar pengawatan di bawah ini beserta langkah-langkahnya.

1. Sebelum menempatkan saklar lampu dan stop kontak, pastikan MCB udah berada di posisi off (meteran listrik dimatikan).

2. Pasang kabel phase pada keliru satu kutub saklar dan kutub satunya ulang menuju kabel yang mengakses lampu

3. Buat jumper pada kutub saklar yang disambung pada kabel phase bersama keliru satu kutub stop kontak. Sedangkan kutub stop kontak yang satunya ulang segera disambungkan ke kabel netral dan dicabang ke jalur kabel lampu.

B. Cara Memasang Saklar Untuk Mengaktifkan Stop Kontak

Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 kabel

Sedangkan untuk menempatkan saklar lampu dan stop kontak yang difungsikan sebagai pengontrol arus pada stop kontak, bisa memandang gambar seperti di bawah ini beserta caranya.

1. Pastikan meteran listrik udah dimatikan lebih-lebih dahulu untuk jauhi terjadinya efek kesetrum.

2. Pasang kabel phase pada keliru satu kutub saklar. Dan untuk kutub saklar satunya ulang dijumperkan ke keliru satu kutub stop kontak.

itulah berbagai cara memasang saklar lampu dan stop kontak, buat kalian yang ingin memasang saklar lampu dan stop kontak bisa lihat 2 cara tersebut, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Baca juga : Cara Pasang Lampu Tumblr Sangat Mudah Dilakukan