Cara Memasang Tali Sepatu Mudah Praktis dan Berfariasi

0
93
cara memasang tali sepatu
Sumber : .pinterest.com
Advertisement

Alas kaki berfungsi untuk melindungi telapak kaki manusia agar tidak terluka dan kotor. Dari sekian banyaknya jenis alas kaki, sepatu merupakan salah satu alas kaki yang paling sering digunakan. Sepatu sendiri memiliki berbagai macam jenis, seperti sepatu hak tinggi atau sering disebut heels, kemudian sepatu bola, sneakers dan masih banyak lagi.

 

Advertisement

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara memasang tali sepatu dengan berbagai macam ikatan. penasaran kan?!. Yuk simak sampai tuntas artikel di bawah ini!

cara memasang tali sepatu
Sumber : wonderfulengineering.com

Kamu punya sepatu bertali dan pengen kelihatan keren? Kamu dapat mencobanya dengan mengkreasikan cara menalinya.

Mengikat tali sepatu memang terkadang dapat menjadi perkara sulit dan menjengkelkan, bagi beberapa orang. Apalagi bagi kamu yang ingin selalu tampil kekinian pasti pernah merasa bosan dengan gaya mengikat tali sepatu yang itu-itu saja.

 

Padahal, ada banyak cara mengikat tali sepatu yang dijamin bikin penampilan semakin keren. Sebenarnya tidak semua orang selalu memperhatikan gaya tali sepatu. Namun, tidak ada salahnya untuk membuat dirimu tampil keren dengan berkreasi mengikat tali sepatu.

Untuk itu, berikut cara memasang tali sepatu yang bisa kamu coba.

 

Cara Memasang Tali Sepatu Bermacam Teknik

1. Teknik Menyilang

Sumber : id.pinterest.com

Cara mengikat tali sepatu yang pertama ini adalah cara dasar yang paling umum dilakukan orang-orang. Pertama, kamu harus masukkan tali ke dalam lubang paling ujung depan. Seperti yang terlihat pada gambar, kamu hanya perlu menyilangkan tiap sisi tali dan memasukkannya ke dalam lubang secara bergantian.

 

2. Teknik Tangga

cara memasang tali sepatu
Sumber : pinterest.com

Kamu pasti tahu kan bentuk tangga yang biasa kamu temukan di rumah? Kamu bisa juga mengkreasikan tali sepatumu dengan gaya ini. Langkah pertama yang harus kamu lakukan persis seperti pada cara pertama.

Selanjutnya, masukkan tiap tali ke dalam lubang di sebelahnya secara lurus, tidak menyilang seperti cara pertama. Lalu, keluarkan tiap tali dari bagian bawah lubang, bawa ke atas kemudian silangkan dengan sisi berlawanan. Selanjutnya, atau kamu dapat merujuk pada gambar agar sesuai dengan model yang diinginkan.

 

3. Teknik Sawtooth

cara memasang tali sepatu
Sumber : pinterest.com

Cara mengikat tali sepatu yang ketiga ini menyerupai gigi gergaji. Caranya, masukkan tali sepatu ke dalam dua lubang paling ujung. Pada satu sisi, lalu masukkan ke lubang sebelah melalui bagian bawah. Kemudian, keluarkan tali tersebut dan masukkan kembali ke dalam lubang di seberangnya.

Di sisi lain, silangkan ke arah lubang dengan melewati satu sisi di sebelahnya. Selanjutnya, kamu dapat meneruskan dengan cara yang sama. Cara melakukanya dapat melihat pada gambar.

 

4. Gaya Twistie

Sumber : pinterest.com

Untuk cara keempat ini diberi nama dengan gaya twistie alias berkelok-kelok. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, namun saat menyilangkan kamu harus memutar kedua sisi sehingga terlihat seperti pada gambar.

 

5. Gaya Tali Tersembunyi/Hidden Knot

Sumber : id.pinterest.com

Jika biasanya kamu mengkreasikan gaya menyilang menjadi gaya lain, kali ini kamu dapat mencoba cara mengikat tali sepatu yang nggak kalah kerennya. Dalam bahasa Inggris, gaya ini disebut dengan hidden knot. Sesuai namanya yang berarti simpul sembunyi, berarti dapat dipastikan dari bagian luar sepatu tali ini nampak rapi dan simpel.

 

6. Gaya Checkerboard

cara memasang tali sepatu
Sumber : i.ytimg.com

Nah, yang ke-enam ini bentuknya seperti seni anyaman yang pernah kamu lakukan di sekolah. Seperti yang kamu tahu, anyaman membutuhkan dua kertas berbeda warna untuk membuatnya indah.

Begitu pula dengan tali sepatu kamu. Siapkan dua warna berbeda yang selaras dengan warna sepatumu. Kemudian kamu bentuk talimu berarah horisontal pada setiap lubangnya. Kemudian satu tali lagi dapat kamu anyamkan ke tali tali horisontal tersebut dengan arah berlawanan atau vertikal.

 

7. Gaya Lattice

cara memasang tali sepatu
Sumber : pbs.twimg.com

Cara mengikat tali sepatu selanjutnya adalah gaya lattice. Untuk cara kali ini, akan lebih bagus jika kamu memakai tali sepatu yang berbentuk lebar dan pipih seperti pada gambar. Dengan memilih gaya ini, tali sepatumu dapat diikat seperti pita.

 

8. Gaya Bi-Colour

Sumber : id.pinterest.com

Sama seperti cara keenam, kamu  harus menyiapkan dua tali dengan warna yang berbeda untuk mempraktikkan gaya B-Color. Yang perlu diperhatikan dari cara ini adalah kamu harus mengikat kedua tali dengan erat agar tidak lepas saat dipakai untuk berjalan.

 

9. Gaya Riding Bow

Sumber : i.pinimg.com

Cara mengikat tali sepatu yang ke-sembilan adalah gaya Riding Bow. Cara ini sangat unik karena ujung tali akan diikat di tengah-tengah sepatu seperti pada gambar. Gaya mengikat tali sepatu ini terlihat seperti membutuhkan dua tali, namun kamu hanya butuh 1 tali saja, kok!

 

10. Cara Memasang Tali Sepatu Gaya Double Back

Sumber : wowmenariknya.com

Cara yang terakhir ini hampir mirip dengan teknik menyilang. Bedanya, kamu harus melompati satu lubang untuk menyelesaikan cara ini. selain itu, sebelum lubang terakhir, kamu dapat menguncinya dengan memasukkan satu tali ke dalam lubang.

 

Fungsi Lubang Tambahan Yang Ada Pada Sepatu

 

ketika kamu sedang berjalan atau berolahraga, kedua lubang tambahan tali sepatu itu dapat digunakan untuk membuat kunci tumit. Mengikat tali sepatu pada kedua lubang tambahan dapat menahan bagian belakang kaki, sehingga kaki akan tetap berada pada tempatnya, manfaat tersebut berguna agar kaki tidak tergores dan lecet.

Oleh karena itu, biasanya para pelari mengikat tali sepatu sampai bagian dua lubang tali tersebut, itu berguna untuk mencegah agar bagian belakang kaki tidak terluka, karena bergesekan langsung dengan tanah ketika berolahraga.

 

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengikat tali sepatumu agar tampak m,akin keren ya teman-teman, semoga tampilanmu makin keren saat mencobanya.