Thursday, June 30, 2022
HomeBuahCara Membuat Manisan Rambutan yang Enak, Yuk Intip Resepnya!

Cara Membuat Manisan Rambutan yang Enak, Yuk Intip Resepnya!

Cara Membuat Manisan Rambutan – Rambutan atau Nephelium lappaceum ini biasanya sangat mudah ditemukan di Indonesia, apalagi ketika sedang musim berbuah. Anda bisa dengan mudah menemukan buah rambutan di pasar, kios buah, atau pedagang buah pinggir jalan.

Buah rambutan memang cuma bisa ditemukan di negara tropis seperti Indonesia, maka tidak heran jika banyak orang asing yang terkejut melihat buah satu ini. Perlu diketahui, untuk mempertimbangkan mana rambutan yang sudah matang betul, Anda harus mencicipinya terlebih dahulu.

Rasanya yang segar dan manis menjadikan buah rambutan ini favorit banyak orang. Rambutan menjadi salah satu buah tropis yang banyak digemari. Tidak cuma bentuknya yang unik, tekstur renyah serta rasa segar dari buah ini menjadikannya cukup mudah diolah kembali.

Rupanya sekarang ada metode baru untuk menikmati buah rambutan ini, yaitu dibuat manisan. Apabila Anda gemar berselancar media sosial, Anda bisa melihat bahwa tren manisan rambutan ini memang tengah banyak dibuat. Selain karena rasanya yang lezat dengan perpaduan rasa manis, asam, dan pedas, cara membuat manisan rambutan ini juga sangat mudah.

Tampaknya buah satu ini semakin nikmat, dengan kesegaran rambutan yang berpadu dengan buah lain serta pedasnya cabai. Anda penasaran ingin mencoba juga? Yuk, langsung saja intip ulasan artikel mengenai cara membuat manisan rambutan yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Membuat Manisan Rambutan yang Enak dan Nikmat…

Ciri buah rambutan lezat yang sudah siap dibuat manisan bukan hanya sudah matang, tetapi juga daging buahnya harus bisa terlepas dari bijinya. Jika sudah memiliki ciri tersebut artinya buah rambutan sudah matang sepenuhnya.

Apa rasanya jikalau buah rambutan yang manis dipadukan dengan lemon yang asam dan segar? Anda penasaran ingin tahu rasanya seperti apa? Anda bisa mencobanya dengan mempraktikkan resep berikut ini:

Manisan Rambutan Lemon

Cara Membuat Manisan Rambutan
pinterest

Bahan-bahan:
2,5 kg rambutan kupas
1 kg jeruk manis ambil airnya
100 gr gula pasir
1 sdt garam
8 buah cabai merah potong potong
1 buah jeruk lemon (pakai setengah bagian saja dan diiris tipis)
Cara Membuat:
Campurkan seluruh bahan, kemudian simpan dalam kulkas selama 2 jam.
Setelah dua jam, keluarkan manisan. Lalu, sisihkan dulu lemon karena bisa membuat manisan terasa asam, baru siap disantap.

Manisan Rambutan Basah

Cara Membuat Manisan Rambutan
kreasimasakan.com

Buah rambutan paling mudah ditemukan selama bulan Januari sampai Maret. Saking berlimpahnya adakalanya buah rambutan jadi terbuang. Supaya tidak terbuang, Anda bisa mengolah rambutan menjadi manisan lezat.

Bahan-bahan:
10 ikat rambutan
1/2 kg gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 buah jeruk nipis
1 liter air
Cara Membuat:
Buah rambutan dikupas, dibelah menjadi dua bagian atau sesuai selera, dan bijinya dibuang. Sisihkan.
Rebus air bersama daun pandan dan gula pasir sampai mendidih.
Masukkan daging rambutan, aduk rata. Dimasak sampai matang.
Angkat dan biarkan dingin. Supaya manisan rambutan lebih segar, peraskan air jeruk nipis pada manisan rambutan tersebut.
Masukkan dalam lemari es atau kulkas setelah manisan rambutan dingin. Sajikan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments