Home Kecantikan Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran – Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan di permukaannya. Lidah buaya sendiri mempunyai daging yang tebal dengan kandungan gel yang banyak.

Nah, kandungan gel inilah yang kerap sering diolah sebagai obat herbal atau bahan dasar dalam produk kecantikan kulit dan rambut. Lidah buaya dipercaya mempunyai manfaat untuk perawatan wajah dan rambut karena mempunyai banyak nutrisi.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kandungan lidah buaya terdiri dari vitamin A, vitamin C, antioksidan, enzim dan efek antiradang yang tinggi. Salah satu produk perawatan kulit wajah yang mempunyai kandungan lidah buaya yang paling digemari adalah masker lidah buaya.

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah diantaranya yaitu mengobati jerawat meradang, melembapkan kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan, mengobati kulit terbakar, mengobati luka lecet, serta meredakan penyakit kulit.

Sumber: https://womantalk.com

Sedangkan manfaatnya untuk rambut yaitu mengatasi ketombe, menutrisi rambut, mengurangi masalah kulit kepala, menyehatkan rambut serta memperkuat rambut. Masker lidah buaya ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah, lho.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Cara Membuat Masker Bedak Bayi dengan Air Biasa

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran yang Perlu Anda Coba…

Walaupun masker lidah buaya memiliki beragam manfaat, tetapi perlu diketahui bahwa keefektifannya untuk wajah dan rambut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Terutama untuk wajah, Anda harus mengetahui apakah kulit wajah Anda alergi atau tidak dengan kandungan yang terdapat pada lidah buaya.

Oleskan masker lidah buaya pada sebagian kulit wajah terlebih dahulu, jika dalam beberapa saat tidak ada reaksi alergi, Anda bisa menggunakannya pada seluruh wajah Anda. Untuk cara pembuatan masker lidah buaya sendiri, langkahnya yaitu:

cara membuat masker lidah buaya tanpa campuranSumber: https://transbisnis.com

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Wajah:

  1. Pertama kupas daun lidah buaya menggunakan pisau, setelah terkelupas maka akan terlihat gel lidah buaya alaminya. Pakai sendok kecil untuk mengambil gel lidah buayanya. Setelah itu, masukan ke dalam blender.
  2. Blender gel lidah buaya beberapa detik hingga berbusa. Kemudian pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke dalam wadah atau mangkok.
  3. Oleskan masker lidah buaya pada seluruh kulit wajah dan leher.
  4. Diamkan masker wajah selama 20 menit.
  5. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat atau air suam-suam kuku.
  6. Selanjutnya, keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar

cara membuat masker lidah buaya tanpa campuranSumber: https://womantalk.com

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Rambut:

  1. Pertama kupas daun lidah buaya menggunakan pisau, setelah terkelupas maka akan terlihat gel lidah buaya alaminya. Pakai sendok kecil untuk mengambil gel lidah buayanya. Setelah itu, masukan ke dalam blender.
  2. Blender gel lidah buaya beberapa detik hingga berbusa. Kemudian pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke dalam wadah atau mangkok.
  3. Selanjutnya, oleskan masker lidah buaya secara merata pada helaian rambut pada bagian atas sampai ke ujung rambut.
  4. Jika seluruh bagian rambut sudah diolesi masker lidah buaya secara merata, maka Anda dapat memijat kulit kepala secara perlahan.
  5. Seandainya Anda ingin juga memanfaatkan masker lidah buaya untuk rambut berketombe, maka Anda dapat terlebih dahulu mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala baru setelahnya melanjutkan ke helaian rambut.
  6. Jika sudah, gunakan sisir rambut bergigi lebar untuk menyisir rambut. Hal ini bertujuan agar masker lidah buaya dapat terserap pada helaian rambut Anda.
  7. Berikutnya, tutupi rambut menggunakan shower cap, lalu bungkus kepala dengan handuk bersih. Anda dapat memakai handuk yang dibasahi air hangat yang berguna untuk mendapatkan efek melembapkan.
  8. Diamkan masker pada rambut selama 30 menit sampai 1 jam.
  9. Setelah itu, bilas rambut memakai air dan sampo sampai bersih.
  10. Lakukan perawatan masker rambut ini seminggu sekali secara rutin.

Itulah cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Manfaat Masker Teh Hijau dan Madu

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit