Cara Memperbaiki HP Xiaomi Fastboot

0
83
cara memperbaiki hp xiaomi fastboot
Advertisement

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Fastboot – Apakah Anda pengguna smartphone Xiaomi? Jika iya, smartphone Xiaomi apa yang Anda gunakan? Xiaomi kelas menengah? atau Xiaomi flagship?

Jika Anda pengguna smartphone Xiaomi, mungkin Anda pernah secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke mode fastboot xiaomi (Power button + down volume button). Misalnya, berniat untuk mengecek keaslian devicenya.

Advertisement

Namun, akhirnya justru Anda malah kebingungan karena smartphone seperti tidak bisa digunakan dan diam dilayar tersebut. Sekilas mengenai Fastboot. Biasanya, Fastboot hadir dengan SDK (Software Development Kit) yang memiliki fungsi mirip sebagai Recovery.

Apakah Anda belum tahu Recovery? Recovery merupakan sebuah sistem dasar yang mempunyai fungsi untuk mengubah software pada smartphone. Contohnya melakukan flashing ulang sistem, mengubah partisi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana bisa smartphone Xiaomi bisa masuk ke Fastboot? Dan bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Penyebab dan Cara Memperbaiki HP Xiaomi Fastboot

Bagi Anda yang sudah paham Android dan menggunakan smartphone dengan brand Xiaomi tentu sudah paham mengenai apa itu Fastboot di smartphone Xiaomi. Sebab, hal ini memang adalah salah satu fitur dasar yang terdapat pada sistem.

Sesungguhnya Mode Fastboot ini juga tidak disediakan untuk sembarang orang, sebab Mode ini membutuhkan sebuah pengetahuan lebih terkait metode Flash di jajaran HP Xiaomi atau Redmi tersebut.

Mode Fastboot ini sebenarnya memang telah disembunyikan oleh pihak Xiaomi supaya tidak mudah di akses. Hanya saja, dalam keadaan tertentu, seperti karena ketidaksengajaan, maka akan membuat Anda secara tidak sengaja masuk ke dalam Mode satu ini.

Bagi Anda yang bingung cara keluar dari mode ini dan apa penyebabnya, simak terus artikel berikut ini ya!

Sumber: https://manojnaironline.com

Penyebab Xiaomi Fastboot

Sebelum itu, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu kenapa Anda bisa memasuki Mode Fastboot di Xiaomi tersebut? Walau tidak sengaja, tentu ada sesuatu yang sudah Anda lakukan, beberapa masalah yang kerap terjadi.

Penyebabnya dapat bermacam-macam. Yang paling kerap dapat karena tiga kemungkinan berikut:

      • Anda tidak sengaja menekan Tombol Volume Down (-) pada saat sedang menyalakan smartphone Xiaomi atau Redmi Anda.
      • Tombol Volume Down (-) rusak, sehingga senantiasa tertekan kapanpun.
      • Terjadi Brick pada Firmware.

Cara Mengatasi Fastboot Xiaomi

Masuk ke dalam mode Fastboot bukan berarti smartphone Xiaomi Anda bermasalah, ya. Sekilas mungkin smartphone yang berada didalam mode Fastboot terlihat error. Padahal tidak begitu.

Fastboot bukanlah suatu kerusakan. Smartphone Xiaomi Anda masih dapat digunakan, asalkan memang sistemnya masih normal. Berikut ini adalah 3 cara keluar dari mode Fastboot smartphone Xiaomi.

cara memperbaiki hp xiaomi fastbootSumber: https://bacagadget.com

1. Kombinasi Tombol Power + Volume

Xiaomi mendesain pengguna supaya dapat masuk Fastboot memakai kombinasi tombol tertentu. Begitu juga dengan keluarnya.

Keluar dari Mode Fastboot merupakan perkara yang sangat mudah. Anda hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Power selama kurang lebih 1 Menit.

Caranya yaitu sebagai berikut:

      • Pada saat smartphone Xiaomi dalam kondisi mode Fastboot, maka tekan tombol Power + volume bawah.
      • Tunggu hingga smartphone restart.
      • Pada saat muncul logo MI lepaskan tombolnya.
      • Tunggu hingga smartphone selesai loading sistem.
      • Alternatifnya tidak hanya tombol Power + volume bawah, dapat juga tambah dengan volume atas (Power + volume bawah + atas).

Atau dengan cara berikut:

      • Langkah pertama, tekan tombol Power selama 8 10 detik ketika smartphone Xiaomi dalam mode Fastboot.
      • Tunggu beberapa saat hingga smartphone mati.
      • Selanjutnya, nyalakan kembali smartphone seperti biasa.
      • Maka Fastboot akan hilang.

Dua langkah tersebut dapat digunakan dan bekerja untuk seluruh tipe smartphone Xiaomi yang tidak sengaja masuk kedalam mode Fastboot. Telah banyak dites di smartphone Xiaomi seperti Redmi 4X dan lain-lain.

cara memperbaiki hp xiaomi fastbootSumber: https://www.foldertips.com

2. Menggunakan Perintah CMD

Jika masih belum bisa, alternatif lainnya yang dapat Anda coba dengan cara yang sedikit lebih jauh. Yaitu memanfaatkan Komputer dan menjalankan perintah di Command Prompt (CMD).

Langkah ini dapat terbilang ampuh dan aman. Pastikan di Laptop telah tersedia data Driver ADB Fastboot. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

      • Langkah pertama, klik kanan File ADB Fastboot > lalu Extract Here.
      • Masuk ke Folder Fastboot.
      • Sambungkan smartphone Xiaomi yang stuck dalam kondisi mode Fastboot tadi dengan kabel data.
      • Selanjutnya, di Folder ADB Fastboot > Klik kanan > lalu tekan Open Command Windows Here.
      • Maka akan muncul Command Prompt > Ketik fastboot devices > kemudian Enter.
      • Lalu ketik perintah fastboot reboot > Tekan Enter.
      • Tunggu hingga proses restart Xiaomi selesai.

cara memperbaiki hp xiaomi fastbootSumber: https://www.elppas.com

3. Lepas Baterai

Sebagian besar smartphone Xiaomi memang menggunakan baterai tanam. Tetapi, untuk smartphone Xiaomi tipe lama ada juga yang masih dapat dilepas. Jika Anda menggunakan smartphone Xiaomi tipe tersebut, cobalah lepas baterainya ketika smartphone dalam mode Fastboot.

Sesudah itu, pasang kembali. Ketika smartphone sedang dalam kondisi mati, silakan tekan tombol power untuk menyalakan smartphone. Dengan begitu, Fastboot akan hilang dan smartphone akan masuk kedalam sistem seperti biasa.

Sebenarnya, langkah ini juga dapat dilakukan untuk baterai tanam. Tetapi, harus melepas casing terlebih dahulu dan kurang direkomendasikan untuk yang belum terbiasa, apalagi belum pernah.

Itulah berbagai cara memperbaiki HP Xiaomi Fastboot dengan mudah dan dapat Anda ikuti tanpa harus terus membiarkannya sampai selesai.

Perlu diingat, Anda juga harus berhati-hati ya, supaya smartphone Xiaomi Anda tidak masuk ke dalam mode Fastboot ini. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.