web hit counter
Cara Memperbaiki Lampu Led Dengan Mudah Di Rumah

Cara Memperbaiki Lampu Led Dengan Mudah Di Rumah

Cara Memperbaiki Lampu Led – Banyak orang yang telah mulai bergeser ke lampu LED rumah. Jika tidak ada sebab, lampu LED memanglah memiliki banyak kelebihan dibanding lampu bohlam biasa. Lampu ini memiliki masa gunakan yang panjang, lebih hemat listrik, serta lebih ramah daerah.

Tetapi, bukan berarti seluruh lampu LED yang ada rumah tidak dapat mati. terdapat sebagian perihal yang hendak menimbulkan lampu LED rusak dalam waktu sekian banyak bulan. Misalnya semacam ruangan yang sangat kecil, energi listrik yang mengaliri lampu sangat besar, ataupun sebab kalian kerap mematikan serta menyalakan lampu.

Walaupun relatif lebih awet dikala digunakan, lampu LED pula dapat rusak sebab sebagian aspek. Meski begitu, metode membetulkan lampu LED nyatanya tidak susah.

Lampu LED memanglah banyak digunakan orang sebab diketahui lebih awet daripada lampu bohlam biasa. Bila memakai lampu LED sepanjang 4 jam per hari, hingga lampu tersebut dapat bertahan sepanjang 20 tahun.

Namun beberapa aspek, misalnya ruang yang sangat kecil, energi listrik sangat besar, ataupun sangat kerap mematikan serta menyalakan lampu, dapat membuat lampu LED rusak.

 

Apabila lampu LED di rumah telah kepalang rusak, jangan buru- buru dibuang. Bukan hanya karna lampu LED lumayan mahal biayanya, nyatanya terdapat trik pintar buat membuat lampu yang sudah mati total jadi nyala kembali. Dengan memakai trik ini, kalian tidak butuh keluar kocek lagi, ataupun apalagi dapat membetulkan kembali lampu- lampu yang sudah ditaruh karna rusak. Gimana triknya?

 

Cara Memperbaiki Lampu LED

  1. Apabila Mati Total Tanpa Gejala

Cara Memperbaiki Lampu Led

Kalian wajib memandang resistor lampu LED, setelah itu uji micro LED satu per satu. Tandai lah micro LED yang tidak menyala.

Bila tidak mempunyai multitester, kalian dapat memandang memakai mata telanjang. Di bagian dalam micro LED ada bintik gelap yang menunjukkan micro LED putus.

Bila satu di antara LED putus, hingga seluruh komponen tidak hendak bekerja. Lepaslah bagian komponen luar LED. Sehabis itu letakkan di elemen solder.

Kemudian, lepaslah micro LED memakai pinset. Setelah itu, satukan sisi positif serta negatif memakai solder bagaikan jalan penghubung micro LED yang lain.

 

  1. Apabila Elko Meledak

Lampu LED pula dapat rusak bila kapasitor elektrolit ataupun elko meledak. Bila memandang indikasi ini, bukalah komponen luar lampu LED, setelah itu uji kehancuran elko memakai avometer multitester.

Hubungkan lah kutub positif serta negatif avometer ke kutub positif serta negatif elko. Bila avometer tidak menampilkan respon ataupun angka dayanya, berarti elko wajib ditukar. Sehabis membeli elko baru, pasanglah cocok posisi kutubnya.

 

  1. Jeglek Dikala Lampu Dihidupkan

Cara Memperbaiki Lampu Led

Bila listrik jeglek dikala menghidupkan lampu LED, jangan panik. Solusinya merupakan mengubah dioda bridge. Dioda bridge merupakan komponen buat memusatkan arus bolak- balik jadi arus searah.

 

  1. Satu LED Mati

Satu saja LED yang mati dapat menimbulkan lampu LED mati total. Solusinya merupakan kalian wajib mencungkil LED yang mati itu memakai obeng. Setelah itu, satukan kedua kaki LED yang mati memakai kabel.

 

  1. Teknik Membetulkan Lampu LED Darurat

Lampu LED darurat umumnya digunakan bagaikan pencerah dikala listrik padam. Jenisnya bermacam- macam, terdapat portabel serta terdapat pula yang ditempel di tembok.

Tidak hanya itu, terdapat pula tipe lampu darurat yang menyatu dengan lampu LED biasa. Kala listrik hidup, lampu utama menyala.

Tetapi, kala terdapat pemadaman listrik, lampu itu menaruh energi buat senantiasa hidup bagaikan lampu darurat. Lampu tipe ini diucap tidak awet dibandingkan lampu darurat yang lain.

Umumnya, kehancuran terletak pada resistor mengarah baterai dibakar. Penyebabnya umumnya sebab dikala lampu utama menyala dia pula mengisi energi buat digunakan dalam kondisi darurat.

Dikenal, mengisi energi lampu tersebut terdapat batasan waktunya. Bila sangat lama, dapat mengganggu komponen dalam lampu. Langkah awal yang wajib kalian jalani yaitu mengecek resistor memakai multitester.

 

Angka pada multitester tidak boleh lebih dari 100 ohm, sebab resistor berperan bagaikan pembatas arus. Setelah itu, cek lah dioda bridge. Bila salah satu dioda putus, hingga proses pengisian energi tidak hendak berjalan. Bila dioda bridge rusak, kalian dapat mengubahnya dengan yang baru.

 

  1. Baterai Soak

Cara Memperbaiki Lampu Led

Aki kering berkekuatan tegangan 6- 12 volt DC umumnya digunakan bagaikan baterai lampu LED. Buat mengeceknya, ukur tegangan baterai sehabis proses pengisian energi.

Bila tegangan tidak satbil dikala lampu LED dinyalakan, menunjukkan energi baterai telah habis. Kalian butuh mengubah baterai dengan yang baru.

Seperti itu 6 metode membetulkan lampu LED yang dapat kalian praktikkan di rumah. Berikut Merupakan Teknik membetulkan lampu LED dengan perlengkapan rumah

Bila kehancuran lampu LED di bagian Elco yang kembung hingga lakukanlah metode berikut. Kamu dapat menggunakan perlengkapan rumah tangga buat menolong revisi lampu LED. Berikut triknya.

Awal, kamu buka casing lampu LED. Siapkan gelas serta isi gelas dengan beras hingga 2/ 3 dimensi gelas, beras dalam gelas ini berperan bagaikan dudukan lampu. Tempatkan lampu di dalam gelas, setelah itu kamu uji LED SMD dengan tegangan 2. 8- 4 V DC memakai baterai, power supply ataupun AVO m.

Buat mengetes LED SMD, kamu dapat memakai perlengkapan berikut. Kamu siapkan tespen DC LED, baterai 9V, kabel dengan penjepit buaya. Kamu jepitkan tespen serta kabel ke baterai 9V serta uji LED SMD satu per satu, temukan bagian LED yang tidak menyala.

Kamu dapat mencirikan LED SMD yang rusak dengan pulpen biar tidak galat dikala memperbaikinya. Tidak hanya itu, kamu wajib mengecek bagian dalam komponen lampu LED buat membenarkan tidak terdapat kehancuran lanjutan. Bila terdapat kehancuran semacam elco menggelembung hingga copot elco tersebut.

Sehabis elco dicopot, kamu uji kehancuran elco memakai AVO m serta capacitance m ataupun dapat simak metode berikut. Pertama tama siapkanlah baterai 9V serta 2 kabel penjepit buaya, jepitkan kabel pada baterai serta mulai hubungkan

kutub+- batetai ke kutub+- elco baterai setelah itu kamu uji memakai tespen DC Led, bila elco rusak hingga lampu tespen DC mati.

Buat memperbaikinya, kamu dapat mengubah elco baru dengan dimensi yang sama, elco yang sama dapat dilihat dari nilai yang tertera pada bungkus elco. Setelah itu pasang elco pada lampu, pasang cocok kutub positif serta negatif, posisi kutub negatif umumnya bergaris- garis. Terakhir, kamu solder elco yang dipasang dengan apik.

Kembali ke LED SMD, kamu lepas LED SMD dengan solder uap. Bila tidak memiliki, kamu dapat simak metode berikut.

  1. Sajikan setrika listrik
  2. colokkan setrika listrik ke stop kontak
  3. hidupkan setrika listrik
  4. sajikan kaleng sisa biskuit
  5. letakkan setrika listrik di atas kaleng sisa biskuit dengan kondisi terbalik.
  6. Cara Memperbaiki Lampu LedKamu tempelkan PCB LED SMD ke setrika listrik sepanjang 20- 30 detik
  7. Copot LED SMD yang mati memakai penjepit( pinset). Bila kamu memiliki LED pengganti hingga pasang saja, bila tidak memiliki dapat dengan metode berikut. Siapkan lampu LED sisa.
  8. Tempatkan ke dalam gelas berisi beras semacam tadi
  9. Cari LED SMD yang masih hidup keudian tandai LED SMD yang masih hidup
  10. Tempelkan PCB ke setrika( semacam metode tadi) sepanjang 20- 30 detik angkat LED yang mati memakai penjepit.
  11. Langkah terakhir, kamu pasang LED SMD tersebut ke posisi LED yang rusak tadi kemudian kamu uji lampu LED yang telah diperbaiki. Hingga lampu telah dapat menyala kembali.

Itulah artikel mengenai cara memperbaiki lampu led di rumah, semoga dapat membantu permasalahan anda dan juga bermanfaat. Terimakasih

Baca juga artikel kami lainnya mengenai Bayi Minum Air Putih 

deviindry87@gmail.com

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.