Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

0
58
cara menggunakan aplikasi zoom
Advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom – Pemerintah mengimbau kepada perusahaan untuk membawa dampak kebijakan work from home (WFH) alias kerja dari rumah untuk para karyawannya. Tujuannya ialah meminimalisir risiko penularan virus corona yang ada di Indonesia.

Meski tidak sanggup bertatap wajah dengan kolega saat WFH, koordinasi pekerjaan harus selalu berlangsung melalui aplikasi video conference untuk virtual meeting. Salah satu aplikasi terbaik untuk laksanakan teleconference penunjang pekerjaan yaitu Zoom Cloud Meetings.
Zoom cukup banyak digunakan oleh para karyawan yang bekerja secara Work From Home. Alasannya karena aplikasi ini memerlukan bandwidth yang enteng serta tidak memakan kapasitas memori yang benar-benar banyak, baik di PC atau laptop maupun di smartphone Android atau iPhone.

Advertisement

Selain mempunyai fungsi untuk video conference, aplikasi Zoom dibekali dengan fitur membagi layar yang berisi seluruh peserta hingga 100 orang di virtual meeting tersebut, serta bantuan Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna terhitung sanggup menimbulkan partisipan untuk berhimpun ke video conference melalui nomor HP dan email.

Pengguna terhitung sanggup laksanakan presentasi langsung dengan terhubung file layaknya Power Point dan membagikan penampilan layar laptop ke partisipan lain. Lalu, bagaimana langkah memakai aplikasi Zoom untuk video conference? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara memakai Zoom di PC atau laptop

  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun lebih-lebih dahulu memakai akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama lalu klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang sanggup digunakan untuk menimbulkan partisipan ke video conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim kawan yang bakal diundang ke video conference yang kamu buat. Atau sanggup terhitung memakai link untuk di Copy-Paste di browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak harus mempunyai akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk berhimpun ke dalam conference yang udah dibikin Host.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan secara otomatis akan mendapatkan tawaran untuk ikut serta di dalam video conference.
  6. Klik Join a Meeting lalu kalian akan bergabung di ruangan virtual meeting yang sudah siap digunakan.

Cara memakai Zoom di HP Android atau iPhone

  1. Download aplikasi Zoom untuk pengguna smartphone android di Google Play Store atau bagi pengguna iPhone di Apple Apps Store.
  2. Sign Up akun memakai email atau profil Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, lantas temukan Personal Meeting ID yang sanggup digunakan untuk menimbulkan partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID lalu kirim kawan yang bakal bakal diundang ke video conference yang kamu buat. Atau sanggup terhitung memakai link untuk di Copy-Paste di browser.
  5. Seperti pada laptop atau PC, jikalau kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom kamu tidak harus mempunyai akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk berhimpun ke dalam conference yang udah dibikin Host.
  6. Apabila link tersebut kalian diklik, maka partisipan bakal secara otomatis akan mendapatkan tawaran untuk ikut serta di dalam video conference.
  7. Partisipan terhitung sanggup Copy-Paste Meeting ID punya Host untuk berhimpun ke conference, lantas klik Join a Meeting, dan tadaaa… ruangan virtual meeting udah siap digunakan.

Adapun fitur-fitur untuk laksanakan virtual conference sanggup kalian lihat di bawah ini:

Schedule a Meeting
Fitur ini akan dapat mengizinkan Host untuk menjadwalkan meeting yang akan berlangsung.

Join a Meeting
Dengan memilih fitur ini, kamu ikut serta dengan kawan lain yang udah diundang melalui Copy Paste Link dari host atau Meeting ID.

Host a Meeting
Zoom mengizinkan tidak benar satu orang dalam peserta meeting untuk jadi Host atau pimpinan meeting. Jika kamu jadi Host, kamu sanggup menyetel meeting ini dengan tiga model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau dengan memakai video serta Screen Share only atau menampilkan penampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.