Cara Menggunakan Chia Seed

0
100
cara menggunakan chia seed
https://cdn-cas.orami.co.id/
Advertisement

Cara menggunakan chia seed – Chia seed atau biji chia adalah salah satu super food yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang saat ini. Chia seed juga termasuk kategori super food karena mengandung kalsium 5X lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu, mengandung 8X dari Omega 3 yang terkandung pada ikan salmon, anti-oksidan, kaya serat, dan zat besi, serta kandungan yang baik untuk kessehatan yang lainnya.

Anda bisa mendapatkan energi lebih banyak dan makan dengan porsi yang lebih sedikit denga kenyanng yang lebih lama jika mengonsumsi chia seed. Kenapa? Karena chia seed mengandung sedikit karbohidrat tapi kaya akan protein dan juga serat. Lalu, chia seed juga dapat mengembang saat terkena air. Chia seed juga akan berubah menjadi seperti gel ketika sampai di lambung, oleh karena hal itu anda akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Advertisement

Baca juga: Resep Rendang Jengkol Istimewa

Hal itulah yang membuat orang menyukai gaya hidup sehat, atau sedang membentuk tubuh, atau bahkan sedang diet banyak yang memilih untuk mengonsumsi biji chia seed. Berikut adalah cara menggunakan chia seed beserta resep yang bias kamu praktekkan untuk dikonsumsi sehari- hari

1. Cara menggunakan chia seed sebagai minuman detoks

Apakah kamu sedang melaksanakan program diet seperti intermittent fasting (diet dengan metode puasa) seperti OCD yang telah dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier? Inti dari kedua jenis diet diatas adalah menahan asupan kalori dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi, sebagai pengganti makan saat sarapan, kamu bisa minum chia seed sebagai gantinya.

Cara menggunakan chia seed untuk dikonsumsi yang pertama adalah dengan menjadikannya sebagai minuman detoks yang sehat dan juga berenergi. Resepnya adalah, campurkan 1½ sdm chia seed dengan air putih atau kamu juga bisa menggunakan air kelapa. Anda bisa mencampurnya dengan perasan jeruk/lemon juga ke dalamnya. Rendam chia seed selama 15mnt agar chia seed mengembang. Setelah itu kamu bisa langsung meminumnya.

cara menggunakan chia seed
Sumber: https://www.thespruceeats.com/

Baca juga: Resep Ikan Salmon Goreng Sambal Kecap

2. Cara menggunakan chia seed dengan oatmeal

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengolah chia seed untuk diet adalah mencampuurkannya dengan oatmeal. Bahan-bahan yang kamu butuhkan juga cukup mudah didapat yaitu tentu saja oatmeal, susu rendah lemak, air, chia seed, dan buah segar/kering. Campurkan semua bahan hingga benar- benar merata, kemudian jangan lupa untuk taburkan chia seed sebagai bahan pelengkapnya, dan selesai kamu bisa langsung mengkonsumsinya!

3. Puding

Siapa yang tidak suka dessert? Sepertinya hampir semua orang suka mengkonsumi desert, hanya saja bagi beberapa orang menghindari dessert karena takut gendut atau karena alasan tertentu. Sekarang kamu tidak lagi perlu khawatir, karena kamu tentu masih bisa menikmati dessert dengan kandungan lemak yang rendah untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu puding dengan bahan dasar chia seed.

Bahan:

1¼ cangkir susu non-diary atau susu almond dan susu kelapa.
¼ cup biji chia seed.
3 sdm bubuk kakao atau bisa kamu ganti dengan bubuk kue coklat.
1 sdm sirup maple atau madu.
Garam secukupnya.
Irisan dark chocolate sebagai pelengkap.

Cara membuat:

Masukkan semua bahan yang sudah kamu siapkan ke dalam toples yang ada tutupnya. Kemudian aduk hingga merata.
Jika sudah, tutup toples hingga benar-benar rapat, dan kocok toples itu kuat-kuat.
Setelah itu, masukkan toples ke dalam kulkas. Diamkan semalaman.
Nanti tekstur makanan ini akan berubah menjadi seperti puding. Makan saat puding masish dingin agar lebih enak.

4. Yoghurt

Cara menggunakan chia seed untuk dikonsumsi dan menurunkan berat badan adalah dengan mencampurkan yoghurt. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, yoghurt akan sangat baik untuk diet. kamu hanya perlu untuk mencampurkan yoghurt favorit Anda dengan biji chia seed, kamu bisa menikmatinya sebagai sarapan atau camilan.

Sumber: https://akcdn.detik.net.id/

5. Jus Buah

Chia seed juga sering sekali digunakan sebagai topping smoothies alias jus buah. Kamu bisa membuatnya dengan jus apa saja yang kamu suka. Setelah jus buah favoritmu jadi, kamu hanya perlu menambahkan 1-2 sdm chia seed ke dalamnya. Jus buah yang kaya akan serat pun siap dinikmati!

6. Muffin

Muffin merupakan sarapan yang cukup umum di daerah Eropa, tapi kalau di Indonesia muffin biasanya dijadikan sebagai camilan atau makanan pendamping teh dan juga kopi. Nah, muffin bisa kamu buat menjadi sesuatu yang lebih sehat lagi, yaitu dengan menambahkan chia seed ke dalam adonan muffin yang akan kamu buat

Baca juga: Resep Memasak Udang Besar