Cara Menggunakan e-Toll

0
59
cara menggunakan e toll
Advertisement

Cara Menggunakan e-Toll – Sistem pembayaran elektronik di Indonesia sekarang ini sudah diterapkan pada jalan tol dengan menggunakan Gardu Tol Otomatis (GTO). Hampir seluruh tol sudah menggunakan sistem pembayaran elektronik melewati Gardu Tol Otomatis (GTO) ini.

Anda cuma perlu menggunakan kartu e-Toll untuk melakukan pembayaran, yang pastinya telah Anda miliki sebelumnya. Anda bisa mendatangi gerai Alfamart terdekat untuk membuat e-Toll ini. Uang yang perlu Anda siapkan yaitu sebesar Rp. 50.000,- untuk biaya administrasi sekaligus pengisian saldo e-Toll.

Advertisement

Selain dengan melekatkan kartu e-Toll pada GTO, sekarang ini juga tersedia cara transaksi otomatis. Bahkan membuat pengendara tidak perlu melekatkan kartu mereka serta tanpa perlu juga membuka kaca mobil, loh.

Penasaran dengan cara menggunakannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai dua cara menggunakan e-Toll yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

cara menggunakan e tollSumber: https://www.suarasurabaya.net

Dua Cara Menggunakan e-Toll dengan Mudah dan Efisien…

1. Menempelkan Kartu e-Toll pada GTO

Semenjak pertama kali diluncurkan, para pengguna jalan tol diharuskan untuk melakukan transaksi dengan menggunakan kartu e-Toll. Caranya yaitu dengan melekatkannya pada mesin pembaca (reader) yang tersedia di Gardu Tol Otomatis (GTO).

Anda hanya perlu membuka kaca jendela untuk cara pertama ini, dan melekatkan kartu e-Toll pada tempat yang disediakan. Jika terlalu jauh jangkauannya, Anda dapat menggunakan bantuan aksesoris unik bernama tongtol alias tongkat e-Toll.

Cara pembayaran ini telah berlaku hampir semua GTO yang ada di jalan tol di Indonesia. Untuk cara menggunakan e-Toll pada GTO, Anda dapat membaca tutorial di bawah ini:

  • Pastikan Anda telah mempunyai kartu e-Toll yang mempunyai saldo yang memadai untuk melintasi jalan tol.
  • Ketikan akan memasuki Gardu Tol Otomatis (GTO), Anda tinggal tempelkan kartu e-Toll pada mesin pembaca yang disediakan. Umumnya akan ada tulisan “Tempel di Sini”.
  • Lalu akan ditampilkan pada layar yang ada di depan mengenai sisa saldo yang masih tersisa di kartu e-Toll Anda dan biaya tol yang terpotong. Tunggu sampai palang tol terbuka.
  • Setelah itu, Anda tinggal menarik lagi kartu e-Toll dari mesin pembaca serta ambil struk jika disediakan.
  • Simpan kartu e-Toll selama perjalanan. Jika memasuki GTO, Anda tinggal melakukan langkah yang sama.
  • Anda tinggal berikan kartu e-Toll pada petugas untuk membantu transaksi, seandainya pembayaran masih menggunakan cara manual. Kartu akan dikembalikan beserta struk transaksi dan Anda dapat melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Cara Setting Scope PUBG Agar Tidak Goyang

cara menggunakan e tollSumber: https://www.idntimes.com

2. Menggunakan OBU e-Toll Pass Mandiri

Mulai sekarang Anda tidak perlu repot-repot membuka kaca mobil dan menjulurkan tangan untuk transaksi dengan kartu e-Toll di GTO. Terdapat alat yang bernama On Board Unit (OBU) untuk memudahkan transaksi dengan cara deteksi otomatis.

Saat ini, OBU yang banyak beredar masih berupa e-Toll Pass Mandiri, yang cuma dapat digunakan pada kartu e-Money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Sedangkan bank-bank lain masih belum dapat menggunakannya.

Untuk mempunyai e-Toll Pass Mandiri ini, Anda cuma perlu merogoh kocek Rp.300.000 ribu sampai Rp.500.000 ribu dengan membelinya di e-commerce. Umumnya, telah termasuk kartu e-Toll baik yang kosongan ataupun yang telah berisi saldo.

Nah untuk langkah-langkah instalasi kelengkapan e-Toll Pass Mandiri dan cara pemakaiannya, Anda dapat membaca selengkapnya berikut ini:

Sumber: https://www.blibli.com

  • Anda cukup melekatkan Instalasi OBU e-Toll Pass Mandiri pada kaca mobil bagian tengah, contohnya di dekat spion bagian tengah.
  • OBU e-Toll Pass Mandiri biasanya juga telah dilengkapi dengan sebuah kartu e-Money. Pastikan saldo mencukupi dengan memperhatikan pada panel LCD yang terdapat pada OBU.
  • Untuk menggunakan OBU, pastikan gerbang tol yang Anda lewati telah mempunyai logo OBU atau e-Toll Pass OK yang terdapat sebelum Anda memasukinya.
  • Demi memudahkan transaksi, pertahankan laju kendaraan sampai kurang lebih 10 km/jam saat menjelang GTO.
  • OBU akan memberikan indikator berupa bunyi “bip” sesudah berhasil melakukan transaksi. Umumnya proses ini cuma memakan waktu sekitar 2 detik saja.
  • Gerbang tol akan terbuka dan Anda akan ditampilkan sisa saldo kartu e-Toll pada layar yang disediakan di GTO. Anda pun dapat melanjutkan kembali perjalanan.
  • Sayangnya, belum semua GTO mempunyai sistem e-Toll Pass atau OBU sehingga Anda perlu membawa kartu e-Toll cadangan untuk melakukan transaksi, ya.

Nah, itulah langkah-langkah menggunakan e-Toll di GTO dengan aman dan efisien, baik menggunakan cara konvensional atau melewati OBU, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Aplikasi Bobol Wifi No Root Secepat Kilat Anti ribet…