Home Artikel Populer Cara Menggunakan Em4 Pertanian

Cara Menggunakan Em4 Pertanian

Cara menggunakan em4 pertanian- Em4 adalah singkatan dari Effective Microorganism 4 yang merupakan kultur campuran dari mikroorganisme hidup yang benar-benar beruntung bagi kesuburan tanah, dan berguna bagi perkembangan tanaman.

cara menggunakan em4 pertanian

Sejarah Em4

Prof. Dr. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang adalah penemu teknologi Em4 yang udah diterapkan secara luas di banyak negara.

Em4 Pertanian

Apa itu Em4 Pertanian? Seperti namanya, Em4 pertanian ini tentu saja masih tersedia kaitannya bersama dunia pertanian.

Sebelum menjadi menggunakan Em4 Pertanian, pasti saja Anda perlu mengetahui Em4 Pertanian yang merupakan bakteri fermentasi, yang juga disebut sebagai bahan organik tanah.

Em4 Pertanian kebanyakan dimanfaatkan untuk menyehatkan tanah dan menyuburkan tanaman.

Em4 (Effective Microorganism 4) pasti saja ringan sekali dijumpai pada tanaman pertanian.

Tidak berhenti di situ, Anda juga bisa menemukannya di peternakan unggas dan perikanan. Em4 Pertanian pasti saja sangatlah berguna dan penggunaannya juga pasti menguntungkan, asalkan diaplikasikan dengan benar sesuai arahan yang tertera.

Adapun komposisi pembuatan Em4 Pertanian diantaranya sebagai berikut.

3.4 juta Bakteri Pelarut Fosfat
1950 Lactobacillus : Yeast
Actunomycetes +
Bakteri Fontosintesis +
E. Coli : 0
C-Organik : 1.88% w/w
Nitrogen : 0.68% w/w
Pppm
Kppm
Aluminium

Cara menggunakan em4 pertanian

Deskripsi Singkat Em4 Pertanian

Tidak sama seperti obat pertanian lainnya, Em4 Pertanian ini benar-benar berguna untuk sistem penyediaan dan penyerapan unsur hara yang tersedia di didalam tanah.

Bentuk dari Em4 Pertanian adalah berbentuk cairan warna kecoklatan. Jika kebanyakan obat pertanian miliki aroma yang tidak cukup enak, lain halnya bersama Em4 yang ternyata beraroma segar.

Dalam proses pembuatannya, cairan Em4 ini punya banyak kandungan bakteri fermentasi terbaik, terbuat dari jamur fermentasi, Actinomycetes bakteri fotosintetik, ragi, genus Lactobacillus, bakteri pelarut fosfat, dan lain-lain.

Penggunaan Em4 kebanyakan lebih sering diaplikasikan didalam pembuatan pupuk kompos atau pupuk bokashi. Em4 bisa dibilang sebagai tidak benar satu style larutan pertanian yang paling pas untuk digunakan memajukan pertanian, karena sesungguhnya bisa mendukung memperbaiki kualitas lahan.

Seperti yang kita mengetahui bersama, bahwa tanaman yang sehat pasti saja bersumber dari lahan yang sehat pula. Para petani dan peternak juga bisa menciptakan keuntungan yang lebih besar dan berlimpah, karena hasil panen yang didapatkan lebih banyak dari biasanya.

Kabar baiknya adalah, Em4 juga safe misal untuk digunakan pada tanaman padi, cabe, pepaya, sayuran, jahe, jagung, karet, jeruk, bawang merah, atau pun style tanaman hias.

Kegunaan cairan Em4 terlebih di bidang peternakan nantinya juga bisa diaplikasikan pada ternak unggas, ayam potong, bebek, kambing, babi, ayam petelur, ayam broiler, domba, dan masih tersedia banyak lagi.

Pada dasarnya pemanfaatan Em4 pertanian ini ternyata lebih luas lagi, Anda lebih-lebih bisa menggunakan untuk pembudidayaan iklan.

Di bidang perikanan Em4 dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menyehatkan tambak atau kolam ikan. Ikan yang tinggal di kolam yang sehat maka akan memicu pertumbuhannya menjadi lebih baik lagi.

Pastinya yang demikian ini akan mendatangkan beruntung bagi pemiliknya. Adapun kegunaan Em4 pertanian pada kesuburan tanah juga tanaman adalah sebagai berikut.

Manfaat Em4 Pertanian pada Kesuburan Tanah dan Tanaman
Untuk perbaiki cii-ciri kimia, fisik, dan biologi tanah yang menjadi lokasi tanam
Untuk meningkatkan kuantitas memproduksi tanaman menjadi lebih baik lagi
Untuk merawat kestabilan hasil tani dan perkebunan
Untuk fermentasi bahan – bahan organik
Untuk dijadikan sebagai campuran pakan ternak yang pasti saja benar-benar menyehatkan
Untuk meminimalisir pemanfaatan pupuk dan pestisida
Untuk mempercepat sistem bintil akar atau fiksasi
Untuk percepat sistem dekomposisi bahan organik yang tersedia di didalam tanah
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen para petani
Untuk ciptakan tani yang berwawasan ramah lingkungan
Untuk perbaiki nutrisi, senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman dari didalam tanah
Untuk perkaya keberagaman mikroba yang beruntung di didalam tanah
Cara Penggunaan Em4 Pertanian
Langkah pertama adalah melarutkan sekitar 10 mill Em4 Pertanian ke didalam 1 liter air. Aduk – aduk supaya tercampur rata.
Tanah yang menjadi lokasi tanam di siram larutan tersebut setiap 1 minggu sekali. Tujuannya, agar supaya merawat tingkat kesuburan tanah dan meningkatkan kekuatan tahan tubuh tanaman pada beraneka macam serangan hama dan penyakit.
Untuk 1 tanaman bisa disiram bersama larutan Em4 Pertanian sebanyak 100 mill.
Hasilnya akan keluar sesudah 2 minggu pengaplikasikan larutan Em4.

Pertanyaan yang sering keluar :

Bisakah em4 dicampur pupuk kimia, maka jawabannya adalah hindari. Karena, pencampuran larutan EM4 bersama bahan-bahan kimia, dan juga selang selagi untuk penyemprotan sesudah mengggunakan larutan EM4 adalah 1 minggu terkecuali inginkan menggunakan pupuk kimia

Baca juga : https://afuza.co.id/cara-setting-jam-g-shock-ga-100/

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit