Cara Menggunakan If Di Excel

0
44
cara menggunakan if di excel
Advertisement

Cara menggunakan if di excel- Fungsi rumus IF yang harus kamu tahu di excel: Tutorial langkah mengfungsikan rumus excel if lengkap.
Anda menyadari perihal bagaimana langkah mengfungsikan Fungsi Rumus IF Excel? Silahkan pelajari tutorial rumus excel IF berikut ini.
Bagaimanakah pengertian fungsi IF atau rumus IF excel?

Cara Menggunakan If Di Excel

Advertisement

Fungsi IF atau Rumus IF adalah keliru satu fungsi Excel di dalam kategori atau grup logical yang kerap digunakan untuk melakukan uji logika tertentu terhadap rumus microsoft excel.
Rumus Excel IF akan membuahkan sebuah nilai tertentu terkecuali kondisi yang kami tentukan untuk di evaluasi terpenuhi (TRUE) dan dapat membuahkan nilai lainnya andaikata uji logika atau kondisi itu tidak terpenuhi (FALSE).

Dengan kata lain fungsi IF excel ini dapat melakukan evaluasi terhadap uji logika tertentu lantas membuahkan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai di mana kondisi berikut terpenuhi dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi.
Untuk melakukan uji logika ini, fungsi if terhadap excel biasanya mengfungsikan operator perbandingan excel yang sudah kami bahas sebelumnya. yaitu mengfungsikan operator =, >, >= , < atau <= dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebelum saat lebih jauh mempelajari fungsi logika ini ada baiknya anda menyadari pernah tentang operator Excel yang sudah kami bahas sebelumnya.

Apabila sudah cukup menyadari perihal operator perbandingan di excel seterusnya kami dapat belajar perihal bagaimana langkah mengfungsikan rumus if terhadap excel.

Bagaimanakah langkah mengfungsikan fungsi IF terhadap sebuah rumus excel?

Baca juga : https://afuza.co.id/cara-menggunakan-bpjs-kesehatan/

Cara mengfungsikan fungsi excel IF atau rumus IF excel terhadap sebuah rumus atau formula excel adalah bersama mengikuti kaidah penulisan rumus berikut:

Cara menggunakan if di excel

IF(TesLogika; KondisiTerpenuhi; [KondisiTidakTerpenuhi])

Dari sintaksis di atas, bisa kami ketahui bahwa rumus atau fungsi IF terhadap excel terdiri dari 3 argumen:

TesLogika : Argumen ini memuat ekspresi logika yang bisa dievaluasi ke di dalam nilai TRUE atau FALSE. Argumen ini merupakan kriteria acuan untuk pilih nilai yang dapat dihasilkan oleh rumus excel IF.
KondisiTerpenuhi : Nilai yang dapat dihasilkan terkecuali hasil evaluasi TesLogika bernilai TRUE. Argumen ini merupakan nilai yang dapat dihasilkan terkecuali kondisi terpenuhi.
KondisiTidakTerpenuhi : (Opsional) Nilai yang dambakan kami hasilkan terkecuali argumen TesLogika mengevaluasi ke FALSE. Argumen ini merupakan nilai terkecuali hasil tes logika tidak terpenuhi.

Contoh simple rumus IF terhadap excel adalah sebagai berikut:

=IF(1=1; “Benar”; “Salah”)

Pada contoh ini, rumus IF dapat membuahkan teks “Benar” karena perbandingan 1=1 adalah True atau benar.

=IF(1=0; “Benar”; “Salah”)

Pada contoh ini, rumus IF dapat membuahkan teks “Salah” karena perbandingan 1=0 adalah False atau Salah.

Penggunaan fungsi IF terhadap rumus excel bisa digunakan secara tunggal maupun ganda atau bertingkat. Maksud dari rumus excel IF ganda adalah kami mengfungsikan fungsi IF bersarang atau memasukkan fungsi excel IF ke di dalam sebuah rumus IF yang lain.

Baca juga : https://afuza.co.id/cara-menggunakan-kuota-omg/