Cara Menggunakan Pupuk Phonska

0
52
cara menggunakan pupuk phonska
Advertisement

Cara Menggunakan Pupuk Phonska – Dalam sistem budidaya atau menumbuhkan sebuah tanaman, seseorang mesti mengimbuhkan pupuk untuk mempercepat sistem pertumbuhan sampai menyuburkan tanaman.

Pupuk untuk tanaman sendiri terkandung dalam beberapa jenis, salah satunya yang populer yaitu pupuk NPK mutiara.

Advertisement

Primadona bagi tumbuhan untuk saat ini yaitu Pupuk NPK, baik dalam skala besar ataupun skala rumahan.

Nah, terkecuali kamu memiliki model pupuk satu ini, ketahui langkah penggunaannya yang cocok dan benar.

Hal ini bertujuan supaya tanaman dapat tumbuh cantik sempurna, bukan tambah menjadi rusak sampai mati.

Dikutip dari beragam sumber, pupuk NPK merupakan pupuk model kimia yang memiliki takaran nitrogen, fosfor dan kalium.

Pupuk NPK mutiara diklaim dapat menyuburkan total dari tanaman, merasa dari daun, bunga, batang dan juga akar tanaman, itu apabila pemakaian pupuk NPK dilakukan bersama dengan pas dan benar.

Apabila pemakaian pupuk NPK pada tanaman tidak pas serta benar, hal itu dapat membuat kerusakan pada tanaman karena sifat kimia yang terkandung pada pupuk ini.

Kerusakan yang dapat berlangsung adalah tanaman menjadi layu, menjadi gosong atau terbakar sampai kematian pada tanaman.

Oleh sebab itu, pemakaian pupuk NPK untuk menyuburkan tanaman sebetulnya sangat berisiko dan tidak ramah lingkungan terkecuali digunakan untuk tanaman di rumah.

Cara Menggunakan Pupuk Phonska

Larutkan 1 liter air dengan 10 gram pupuk NPK

Biasanya pupuk NPK mutiara yang dijual ada pasaran memiliki berat 1 kg. 1 kg pupuk NPK mutiara mesti dicampurkan bersama dengan air sebanyak 100 liter.

Maka dari itu, kamu mesti betul-betul cocok menakar pupuk NPK dikala dicampur bersama dengan air. Untuk memudahkan dalam menyiapkan pupuk NPK, siapkan air 1 liter di dalam ember.

1 liter air di dalam ember tadi dapat kamu beri 10 gram pupuk NPK mutiara. Takaran untuk 10 gram itu adalah 1/2 sendok makan lebih.

Setelah mencampurkan 1 liter air dengan 10 gram pupuk NPK mutiara, lalu larutkan sampai merata semua. Setelah pupuk NPK dilarutkan dengan air, dalam penyirama pakailah takaran cangkir kecil untuk penyiramanan ke tanaman.

Untuk tanaman yang tersedia di polybag kecil, dapat kocorkan larutan pupuk NPK sebanyak 1/2 cangkir. Usahakan pengocoran tidak perihal batang apalagi daun tanaman.

Lakukanlah langkah ini bersama dengan selanjutnya sebanyak 1 kali dalam seminggu sampai tanaman ke usia pembungaan dan pembuahan.

Ingat, jangan memakai tiap-tiap hari, sebab interval waktunya mesti cocok keperluan tanamannya.

Jika takaran air dan jumlah pupuk NPK mutiara digabungkan bersama dengan baik dan benar, maka tanaman akan dapat subur dan aman.

Hal penting yang mesti dihindari

Tanaman mesti dewasa

Dalam memakai pupuk NPK mutiara usahakan pada tanaman yang sudah dewasa dan jangan memakai pada bibit tanaman yang masih kecil atau belia.

Jangan ditabur pada tanaman di polybag

Penaburan pupuk NPK ke tanaman tidak baik untuk tanaman, apalagi terkecuali penaburan dekat batang tanamannya. Jika inginkan bersama dengan langkah ditabur, usahakan pupuk NPK jauh dari batang tanaman bersama dengan jarak sedikitnya 50 cm.

Apabila memakai polybag kecil, baiknya jangan digunakan bersama dengan langkah ditabur sebab akan sangat dekat bersama dengan batang tanaman.

Manfaat pupuk Phonska untuk tanaman

  • Mempunyai pembawaan higroskopis, agar sanggup gampang terlarut didalam air
  • Termasuk style pupuk majemuk, agar takaran unsur haranya terlalu diperlukan oleh tanaman
  • Dapat menahan ada risiko keracunan pada tanaman
  • Memiliki takaran unsur hara yang merata di tiap-tiap butirnya
  • Memiliki takaran dari berbagai style unsur hara agar tehnis pemupukannya lebih simple dan hemat tenaga
  • Meningkatkan memproses dan mutu panen, sebab petani tidak perlu lagi menambahkan pupuk-pupuk lain untuk tanamannya, agar penggunaan pupuk Phonska ini sanggup mengecilkan risiko rugi
  • Menambah daya tahan tanaman pada problem hama, penyakit, dan kekeringan
  • Menjadikan tanaman lebih hijau dan lebih segar sebab banyak mempunyai kandungan butir hijau daun.
  • Memacu perkembangan akar dan sistem perakaran yang baik.
  • Memacu pembentukan bunga, mempercepat panen, dan menambah takaran protein.

Kekurangan Pupuk Phonska

Walaupun punya banyak kelebihan, Phonska ternyata terhitung punya sebagian kekurangan

  • Penggunaan pupuk yang terlalu berlebih bakal membawa dampak pembawaan asam pada tanah jadi berkurang lebih-lebih tanah sanggup jadi basa.
  • Pupuk ini cuma sanggup digunakan oleh petani, sebab jenisnya terhitung yang disubsidi.
  • Penggunaan Phonska secara terus menerus bakal membawa dampak kemampuan tanah didalam sistem menyerap air tambah menurun.
  • Penggunaan Phonska yang terlalu berlebih justru bakal membawa dampak rusaknya pada tanah. Pasalnya, bahan tambahan yang ada pada Phonska sanggup merusak sifat-sifat tanah dan unsur hara organik di didalam tanah.