Cara Menggunakan Voice di MS Word

0
60
cara menggunakan voice di ms word
Advertisement

Cara Menggunakan Voice di MS Word – Manusia nggak mampu lepas dari kegiatan mengetik. Mau itu di kantor, kampus, sekolah, bahkan di lingkungan RT/RW pun tentu ada, bahkan jika terkait bersama pembuatan dokumen.

Nah, sering kali kegiatan mengetik memakan banyak saat dan tenaga. Belum kembali akibat amat lama mengetik, jari tangan menjadi enteng lelah, keseleo, bahkan tersedia yang hingga mengalami radang sendi.

Advertisement

Terus bagaimana, dong? Tenang, semua tersedia solusinya. Kini, kamu nggak wajib kembali capek-capek mengetik.

Hanya bermodal suara, kamu cuma wajib bicara saja kata apa yang bakal diketik. Tak lama, komputermu bakal mengetik sendiri cocok kata yang kamu ucapkan. Kok bisa? Bagaimana caranya?

Cara Menggunakan Voice di MS Word

Sebenarnya, tersedia lebih dari satu cara yang mampu dilakukan untuk mengetik menggunakan suara, tidak benar satunya di PC. Kali ini, kami akan memberi tau cara mengetik menggunakan voice atau suara dengan menggunakan Google Docs.

Langkah – 1: Siapkan headset atau mikrofon terbaikmu

Karena tidak semua PC atau laptop punyai bawaan mic perekam sendiri, maka kamu mampu memberi tambahan mikrofon eksternal ataupun headset dari manapun. Biasanya headset bawaan handphone mampu kamu pakai.

Langkah – 2: Buka website Google Docs di Google Chrome

Langkah sesudah itu yang wajib kamu jalankan adalah mengakses website Google Docs di Google Chrome.

Ingat! Fitur ini cuma mampu digunakan di Google Chrome saja, tidak mampu di website browser lainnya. Hal ini barangkali besar terjadi dikarenakan Google cuma ingin mensupport layanannya secara maksimal di produk-produk garapannya saja.

Langkah – 3: Buka file Resume

Pada kolom “Start a new document”, kamu bakal melihat beragam pilihan dokumen yang mampu kamu membuka dan pergunakan untuk kebutuhan datamu.

Sebagai informasi, fitur ini tidak tersedia jika kamu memilih di file “Blank”. Jika kamu mengakses di sana, kamu nggak bakal menemukan fitur Voice Typing.

Fitur ini cuma tersedia di file “Resume”. Maka dari itu, pilih “Resume” yang terdapat nomor dua dari kiri, tepat di sebelah kiri file “Blank”.

Langkah – 4: Hapus semua tulisan yang tersedia di Resume

Nantinya sehabis halaman Resume terbuka, kamu bakal melihat tulisan bersama beragam macam model dan wujud layaknya ini.

Nah, yang wajib kamu jalankan amat sederhana. Hapuslah semua tulisan tersebut supaya menjadi bersih layaknya ini.

Sekarang file dokumen siap digunakan untuk mengetik bersama menggunakan suara!

Langkah – 5: Cari Opsi Voice Typing/Dikte

Setelah semua tulisan terhapus, cari “Tools/Alat” yang tersedia di baris Menu, selanjutnya klik. Tools sejajar bersama pilihan menu lain layaknya File, Edit, View, dan sebagainya.

 

cara menggunakan voice di ms word

Setelah kamu memilih, carilah opsi “Voice Typing” atau “Dikte” didalam Bahasa Indonesia. Kalau sudah, klik.

Langkah – 6: Mengucapkan Apa yang Ingin Ditulis di Docs

Setelah itu, bakal nampak lambang Mic di segi kiri disertai pilihan bhs di atasnya. Jika kamu ingin menggunakan Bahasa, memilih Bahasa Indonesia.

Kalau sudah selesai, kamu mampu mencoba mengucapkan kata-kata yang ingin kamu tuliskan. Caranya, klik lambang Mic hingga berubah menjadi merah.

cara menggunakan voice di ms word

Jika sudah berubah menjadi merah, kamu mampu merasa bicara sambil selamanya mendekatkan bibirmu terhadap mikrofon atau headset.

Perlu diingat, pastikan kamu mengucapkan kata-kata dengan pelafalan serta intonasi yang jelas. Misalkan mengucapkan kalimat, “Selamat siang.”

cara menggunakan voice di ms word

Jika ingin menggunakan isyarat baca, kamu tinggal mengucapkannya saja di akhir kalimat, layaknya “Titik” atau “Koma”. Jika sudah, selamat, kamu sudah sukses mengetik menggunakan suara di PC atau laptop!

Cara Mengetik Menggunakan Suara di Android

Nah, jika tadi kamu sudah mengetahui cara mengetik menggunakan suara di PC atau laptop, sekarang kamu termasuk wajib mengetahui cara mengetik menggunakan suara di Android.

Di sini, Jaka bakal menggunakan kembali fitur Google Docs, mengingat aplikasi tersebut sudah tersedia di smartphone Android terhadap umumnya, lengkap bersama aplikasi Google Keyboard.

Langkah – 1: Buka Google Docs

Buka Google Docs yang tersedia di Google Drive ataupun yang sudah kamu install secara terpisah di smartphone.

Langkah – 2: Tekan Tombol Microphone yang tersedia di Keyboard

cara menggunakan voice di ms word

Setelah itu, kamu akan adat tombol microphone yang tersedia di keyboard. Posisinya terkait setelan keyboard di masing-masing handphone.

Ada yang di bawah, sejajar bersama Spasi, tersedia termasuk yang berada di atas, sejajar bersama tombol Clipboard dan Settings. Tekan tombol microphone tersebut.

Langkah – 3: Mengucapkan Apa yang Ingin Ditulis di Docs

Jika sudah, kamu akan melihat layar keyboard berubah menjadi layar recording. Kamu mampu merasa bicara sambil selamanya mendekatkan bibirmu terhadap mikrofon atau headset.

Perlu diingat, pastikan kamu mengucapkan kata-kata dengan pelafalan dan intonasi yang jelas. Jika sudah, tulisan bakal nampak secara otomatis di layar.