Cara Menghilangkan Asin Pada Ikan Asin

0
2
cara menghilangkan asin pada ikan asin
Advertisement

Cara Menghilangkan Asin Pada Ikan Asin – Ikan asin merupakan salah satu hidangan yang wajib ada bagi kebanyakan orang Indonesia. Rasanya yang khas serta sangat cocok dihidangkan bersama nasi panas dan juga sambal.

Jadi tak heran jika makanan satu ini dapat membuat ketagihan bagi siapapun yang menyatapnya. Selain itu dalam ikan asin terdapat banyak kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

Ikan asin sendiri merupakan salah satu olahan ikan yang sudah diawetkan dan diproses sedemikian rupa serta dalam prosesnya akan dijemur sampai kering.

Penggaraman yang dilakukan pada proses pembuatan ikan asin bertujuan untuk membuat ikan tetap awet dan tak mudah busuk saat disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

BACA JUGA : Cara Memakai Tamanu Oil

 

Cara Menghilangkan Asin Pada Ikan Asin Mudah dan Praktis

Sumber : https://asset-a.grid.id/

Walaupun ikan asin ini enak dan merupakan salah satu bahan makanan yang awet dan tahan lama, namun tak jarang juga ada ikan asin yang sangat dan sangat asin saat diolah.

Nah, jika kalian mengalami kejadian satu ini, kalian dapat mengatasinya dengan beberapa tips dan cara menghilangkan asin pada ikan asin berikut ini.

Simak hingga habis artikel penting di bawah ini ya, agar nantinya masakan ikan asin kalian berasa makin mantap dan lezat. Check it out!

BACA JUGA : Cara Memasang Token Listrik

 

1. Rendam dengan air hangat – Cara memakai masker himalaya

Sumber : https://asset-a.grid.id/

Cara pertama yang bisa kalian coba ialah coba merendamnya dengan air hangat. Kamu dapat memakai cara alternatif satu ini, kamu hanya perlu merendamnya kira-kira selama 5 – 10 menit, kemudian cuci bersih di bawah air mengalir.

Sebagai innfo saja, bahwa ikan asin yang telah direndam dengan air hangat teksturnya akan cenderung lebih empuk, bahkan dapat berubah menjadi lembek. Adapun langkahnya sebagai berikut :

Larutkan ± 1 sdm garam ke dalam 2 liter air hangat. Pakailah air larutan garam ini untuk merendam ikan asin kalian.

BACA JUGA : Cara Memasang WA di Laptop

 

2. Rendam bersama tisu dapur

cara menghilangkan asin pada ikan asin
Sumber : https://www.masakapahariini.com/

Langkah ke dua yang bisa di coba ialah merendam ikan dengan air yang bagian dasaran mangkuknya/wadah untuk merendamnya dilapisi dengan tisu dapur terlebih dahulu.

Kamu cukup biarkan kira-kira 10 menit-an saja supaya kadar garam pada ikan asin berkurang dan terserap oleh kertas tissu tersebut.

BACA JUGA : Model Rambut Wanita Seperti Pria

 

3. Rendam dan cuci ikan asin – Cara memakai masker himalaya

Sumber : https://cdn.idntimes.com/

Merendam dan mencuci ikan asin sampai bersih ternyata juga terbukti dapat mengurangi rasa asin pada ikan.

Metode ini diprcaya dapat mengurangi rasa asin pada ikan, sebab garam dari konsentrasi yang tinggi (ikan asin) akan mengalir ke konsentrasi yang lebih rendah (air garam).

Caranya kalian hanya perlu merendam ikan dengan air biasa dan kemudian cuci hingga bersih di bawah guyuran air yang mengalir.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Mobile Banking BRI

 

4. Merendam ikan bersama kertas roti atau kertas buram bersih

cara menghilangkan asin pada ikan asin
Sumber : https://s2.bukalapak.com/

Tak hanya merendamnya dengan tissu dapur saja, merendam ikan asin dengan kertas roti (buram) ternyata juga bisa membuat kadar garam yang berlebih pada ikan terserap oleh kertas.

Hal tersebutlah yang akan membuat rasa ikan tak lagi sangat asin. Dengan begitu kalian akan semakin semangat saat menyantapnya karna rasa asin yang pas.

BACA JUGA : Resep Nugget Pisang Sederhana Tanpa Telur

Nah, itulah sebagian cara menghilangkan asin pada ikan asin yang bisa kalian tiru, mudah dan sangat sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.