Cara Menghilangkan Laporan Bug pada Xiaomi

0
100
cara menghilangkan laporan bug pada xiaomi
Advertisement

Cara Menghilangkan Laporan Bug pada Xiaomi – Xiaomi adalah salah satu merek smartphone yang saat ini sangat populer. Hal tersebut tak terlepas dari kualitas yang dihadirkan setiap tipe smartphone merek Xiaomi.

Walaupun berkualitas, tetapi bukan berarti smartphone Xiaomi ini tidak mempunyai masalah, ya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya keluhan pengguna smartphone Xiaomi yang kerap mengalami bug.

Advertisement

Sebagai produk yang diciptakan, tentunya akan mengalami masalah, baik itu kinerja software ataupun masalah lainnya yang muncul. Ketika terjadi bug dan Anda mengirim laporan bug kepada developer, tetapi laporan tersebut tidak mau hilang.

Dengan artian laporan tersebut sering muncul. Pastinya hal tersebut sangat mengganggu aktivitas smartphone Anda. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan laporan bug pada Xiaomi? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menghilangkan Laporan Bug pada Xiaomi Semua Tipe 

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi memang selalu memproduksi smartphone dengan kualitas yang mumpuni, baik dari segi hardware maupun. Diperhatikan dari sisi hardware, Xiaomi terus menciptakan produk ponsel dengan bahan yang berkualitas yang membuat setiap Tipe HP Xiaomi tampak lebih canggih dan elegan.

Sementara dari sisi software, Xiaomi mengembangkan sistem MIUI. Nah, pada sistem inilah yang kerap terjadi masalah bug. Adanya bug ini umumnya akan sangat berpengaruh, biasanya sebagian aplikasi akan mengalami masalah seperti tiba-tiba terhenti.

Langkah menghilangkan laporan bug pada Xiaomi sendiri, sebenarnya cukup mudah dan simpel. Cara ini juga berlaku untuk seluruh tipe smartphone Xiaomi. Terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan laporan bug pada smartphone Xiaomi yang Anda pakai.

Sebelum lanjut ke ulasan yang lebih dalam lagi, pastikan Anda telah melakukan backup data HP Anda. Sebab, terdapat beberapa cara yang akan mengembalikan pengaturan ponsel Anda kembali ke pengaturan pabrik. Adapun caranya, sebagai berikut:

cara menghilangkan laporan bug pada xiaomiSumber: https://simaktekno.com

1. Reboot HP Xiaomi

Untuk langkah yang pertama, Anda dapat mencoba untuk melakukan reboot HP Xiaomi Anda. Metode yang satu ini cukup ampuh, dimana proses reboot akan mengistirahatkan mesin HP sementara.

Bug juga bisa muncul karena kinerja mesin HP yang berlebihan, maka dari itu Anda dapat melakukan reboot. Langkah reboot HP Xiaomi sendiri dapat dikatakan cukup mudah, Anda hanya cukup tekan dan tahan tombol power sampai muncul ikon Xiaomi.

Sumber: https://www.headlineenglish.com

2. Upgrade MIUI

Nah, untuk langkah berikutnya, Anda dapat mencoba untuk mengupgrade MIUI. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa Xiaomi menerapkan sistem MIUI. Biasanya, laporan bug akan muncul karena smartphone Xiaomi belum upgrade MIUI.

Nah, langkah-langkah untuk mengupgrade MIUI dapat Anda ikuti berikut ini:

  • Pertama, bukalah menu “setelan“.
  • Setelah itu, pilih “tentang telepon“.
  • Berikutnya, pilih “pembaruan sistem“.
  • Kemudian, klik “perbarui sistem“.

Sumber: https://www.dulurtekno.co.id

3. Downgrade MIUI

Untuk cara selanjutnya, Anda dapat melakukan downgrade sistem MIUI. Downgrade dapat Anda lakukan untuk menurunkan versi MIUI.

Hal ini dilakukan apabila setelah Anda upgrade versi MIUI terbaru, tetapi HP Xiaomi Anda ternyata malah sering mengalami bug. Berikut ini langkah-langkah downgrade MIUI yang dapat Anda ikuti:

  • Pertama, download ROM Recovery MIUI (.zip).
  • Pastikan baterai smartphone Xiaomi Anda dalam kondisi terisi minimal 80%.
  • Jangan lupa, untuk melakukan backup ROM Xiaomi Anda.
  • Jika ROM Recovery sudah terpasang di smartphone Xiaomi Anda, silahkan buka menu “Setelan“.
  • Lalu, pilih “Tentang Telepon“.
  • Kemudian, pilih “Pembaruan Sistem“.
  • Berikutnya, klik 3 titik di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih paket pembaruan.
  • Jika menu “pilih paket pembaruan” tidak muncul, maka klik gambar MIUI sebanyak 10 kali sampai muncul pop up, kemudian “tambahkan fitur pembaruan hidup“.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke “File Manager“. Carilah ROM MIUI yang sebelumnya sudah Anda download, kemudian klik OK.
  • Tunggu hingga proses mendapatkan info selesai.
  • Apabila sudah selesai, maka akan muncul keterangan, silahkan centang bagian “hapus data” kemudian klik “Berikutnya“.
  • Berikutnya, klik “Mulai Ulang dan Pembaruan“.
  • Setelah itu, secara otomatis device akan merestart dan memulai Flash ROM Recovery.
  • Tunggulah sampai prosesnya selesai. Biasanya akan memerlukan waktu 15 menit tergantung tipe device yang dipakai.
  • Apabila sudah masuk Homescreen, maka downgrade telah berhasil.

Sumber: https://www.miui.id

4. Reset HP Xiaomi

Sementara untuk langkah berikutnya, Anda dapat mencoba melakukan reset smartphone Xiaomi Anda. Langkah yang satu ini menjadi cara yang paling ampuh. Pasalnya metode ini akan mengembalikan smartphone Anda ke pengaturan pabrik. Dalam artian lain kembali seperti baru.

Langkah ini memang menjadi cara paling ampuh untuk menghilangkan seluruh masalah yang muncul pada smartphone Xiaomi, baik itu error, bug dan lain sebagainya.

Dimana proses reset ini akan mengembalikan kinerja smartphone menjadi seperti baru, sehingga akan lebih stabil dan cepat. Dengan demikian, bug di smartphone Xiaomi Anda akan hilang.

cara menghilangkan laporan bug pada xiaomiSumber: https://www.gihphone.com

5. Service HP Xiaomi

Sebagai langkah alternatif jika semua cara di atas telah Anda lakukan, tetapi bug masih belum hilang, maka Anda dapat mencoba untuk menyerahkan permasalahan tersebut kepada ahlinya. Anda dapat menyerviskan smartphone Xiaomi.

Langkah ini menjadi cara yang paling ampuh walaupun Anda harus mengeluarkan biaya service. Apabila Anda melakukan service maka masalah pada smartphone Xiaomi Anda, akan teratasi sehingga bug akan hilang di smartphone Xiaomi Anda.

Itulah berbagai cara untuk menghilangkan laporan bug pada Xiaomi yang bisa Anda coba. Jika terjadi bug pada smartphone Xiaomi Anda, silahkan lakukan langkah-langkah di atas. Nah, untuk langkah yang paling ampuh tanpa mengeluarkan biaya, maka Anda perlu melakukan reset atau restart smartphone Xiaomi Anda.