web hit counter
Cara Pasang Lampu Led

Cara Pasang Lampu Led

Cara memasang lampu LED

Cara Pasang Lampu Led-lampu LED kini hadir dan menjadi trand di dunia otomotif. Kali ini lampu LED yang banyak digunakan oleh motor keluaran terbaru yang membuat motor terlihat keren ketika berjalan di malam hari. Umumnya, lampu LED memancarkan cahaya putih yang membuat pencahayaan warna di malam hari menjadi lebih cerah. Selain pencahayaan LED juga lebih hemat listrik dan lebih tahan lama tahan lama daripada lampu biasa.

Nah, apakah lampu sepeda anda bisa diganti dengan lampu LED? tentu saja bisa, tetapi anda harus memperhatikan ampere aki di motor anda sehingga lampu LED bisa lebih sempurna. Ada beberapa jenis lampu LED yaitu LED tiga sisi, empat sisi dan enam sisi, cara memasang lampu LED juga prinsipnya hampir sama untuk semua motor dan cukup mudah dilakukan sendiri. Lampu LED memang memiliki daya tarik tersendiri dan banyak digunakan di motor keluaran terbaru saat ini.

Dan bagi anda yang memiliki motor keluaran di bawah 2015 seharusnya tidak khawatir karena anda bisa mengganti lampu sepeda anda dengan jenis lampu LED, tentu saja dengan langkah dan cara yang tepat untuk mencegah kerusakan motor dan lampu yang akan dipasang. LED atau Lampu Emiting Diode adalah salah satu jenis lampu yang sudah diterapkan pada kendaraan bermotor mapupun mobil terbaru saat ini.

Saat ini hampir semua sepeda motor dan mobil baru keluaran dilengkapi dengan lampu LED (Light Emitting Dioda). Itu karena lampu LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan lampu biasa meliputi:

  • Lampu LED Lebih Terang

Ya, alasan pertama adalah lampu LED lebih terang dari bola lampu biasa, dan ini merupaka alasan utama untuk pengendara memilih untuk menggunakan lampu LED sepeda motor tercinta.

  • ¬†Lampu LED Lebih Hemat Daya

Alasan kedua adalah LED lebih efisien daripada lampu pijar biasa. Banyak yang mengatakan bahwa 3 Watt lampu LED dapat menghasilkan cahaya setara dengan 30 Watt lampu pijar. Jadi jika daya yang sama atau Watt yang sama tentu cahaya LED jauh lebih terang.

  • Tidak Menghasilkan Panas Berlebih

Selain menghemat daya dan memiliki cahaya yang lebih terang, keuntungan lain adalah lampu jenis ini tidak terlalu panas. Lampu LED relatif menghasilkan panas yang lebih sedikit dari lampu pijar standar. Selain itu, lampu LED (untuk kendaraan) dengan kualitas yang baik.

Dan hal yang paling penting ketika memasang lampu LED adalah, anda harus memperhatikan listrik pada motor, sehingga anda tidak tekor dan lampu LED tidak cepat rusak. Namun, untuk motor kelistrikanya sudah penuh DC langsung dapat memasangnya, tapi untuk motor yang masih menggunakan arus AC maka jika anda ingin memasang lampu LED ada empat cara yang bisa dilakukan, berikut adalah cara untuk memasang lampu LED pada sepeda motor dengan jenis arus AC.

1. Pasang Socket/fitting

Untuk cara memasang lampu LED pada motor pertama yang dipilih yakni soket atau fitting yang sesuai dengan motor. Untuk jenis H6 biasanya digunakan untuk jenis motor bebek dan matic. Untuk motor sport menggunakan jenis H4.

Pemasangan fitting sebenarnya cukup mudah, karena di bagian atas ada lubang jalur pletakan mur. Kaitkan fittingtersebut dengan baud dan kunci dengan mur, fitting juga dapat diatur maju dan mudur sesuai pemasangan pada motor sehingga cahaya tidak terlalu ke atas atau lampu tidak mentok ke speedometer.

2. Pemasangan Pada Reflektor

Kemudian dalam pemasangan lampu LED pada motor diletakkan di tempat lampu, dan lampu LED dapat dipasang seperti pemasangan lampu bohlam biasa di reflektor dengan cara ditekan dan diputar.

3. Perkabelan

Sekarang cara memasng lampu LED berikut adalah perkabelan yang cukup rumit. Dalam bawaan motor fitting lampu utama harus dipotong, atau setidaknya harus dicoak. dan menghubungkan setiap kabel ke kabel yakni kabel warna hijau untuk arus negatif(masa lampu), kabel warna biru untuk lampu jarak jauh dan warna putih untuk lampu jarak dekat. Dan jangan lupa pada setiap sambungan harus ditutup dengan isolasi atau lebih aman dengan menggunakan slang bakar.

4. Pengaturan

Cara memasang lampu LED yang terakhir adalah pengaturan lampu LED yang tidak mentok. Jika lampu LED mentok pada speedometer ketika mengatur maka posisi fitting diperlukan mengulangi langkah nomor 1. Jika lampu terlalu ke atas atau menyilaukan, maka pemasangan lampu LED harus dimundurkan dengan cara memajukan fitting secara maksimal . Jika lampu masih silau pada motor dapat direset dengan cara melonggarkan baud yang biasanya ditemukan di bawah shell lampu, kemudian menurunkan maksimum menghadap ke bawah.

Nah, Itulah beberapa cara memasang lampu LED pada motor. Dengan langkah-langkah dan cara yang benar dapat dipastikan lampu LED yang anda pasang di sepeda motor anda akan bekerja lebih maksimal dan lebih smpurna.

Selain itu, perhatikan juga listrik pada sepeda motor anda, dengan memeriksa aki pada motor anda sehingga listrik yang dihasilkan sepeda motor anda lebih maksimal dan lampu LED akan menyala dengan terang dan lebih sempurna. Semoga informasi ini berguna untuk anda.

dapatkan informasi menarik lainnya di afuza.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.