Cara Penyerbukan Bunga Sepatu ,Simak Penjelasannya

0
276
Advertisement

cara penyerbukan Bunga Kembang Sepatu Terlengkap Beserta Penjelasannya

Cara Penyerbukan Bunga Sepatu ,Simak Penjelasannya

Advertisement

Bunga kembang sepatu ialah bunga yang mempunyai morfologi bagaikan tumbuhan perdu tegak. Bagian batang berkayu dan keras sebaliknya daun berupa bundar telur dan bunga yang berupa semacam terompet.

Diketahui sebagai bunga kembang sepatu dibeberapa daerah namun tidak dengan wilayah lain yang memanggil bunga kembang sepatu ini dengan istilah bunga rebong serta bunga kembang wera.

Tidak cuma morfologinya saja yang diteliti oleh para ilmuwan namun khasiatnya juga turut diteliti, Khasiatnya yang bisa dialami dari bunga kembang sepatu merupakan bisa menolong menyembuhkan demam, batuk, berkemih nanah, sariwan.

Dari segi kedokteran bunga kembang sepatu diketahui mempunyai segudang khasiat namun untuk pecinta bunga, bunga kembang sepatu diketahui karena keelokan bunganya, hingga tidak heran bunga ini semenjak jaman dulu acapkali ditemukan dipekarangan rumah.

Berbagai macam metode buat mengembangbiakan tumbuhan bunga kembang sepatu banyak dicoba. Tetapi sebagian dari mereka ada yang mangalami kegagalan.

Nah, kali ini saya hendak menerangkan gimana metode penyerbukan bunga kembang sepatu dapat terjalin sehingga bunga kembang sepatu ini bisa dengan gampang ditemui. Ayo ayo disimak uraian sepenuhnya berikut ini :

Ciri  Ciri Bunga Kembang Sepatu Siap Dilakukan Penyerbukan

Ciri ciri bunga kembang sepatu yang siap dicoba penyerbukan adalah langkah dini keberhasilan dalam melaksanakan penyerbukan.

Bila kalian menemukan karakteristik karakteristik tersebut pada bunga kembang sepatu yang kamu pakai hingga bunga kembang sepatu tersebut siap kamu jalani penyerbukan. Data tentang karakteristik bunga kembang sepatu yang siap dicoba penyerbukan berikut di informasikan berikut ini.

  • Bunga yang telah mengembang sempurna serta corak bunga utuh ( corak merah/ putih sempurna/ kuning/ orange)
  • Ada serbuk sari serta benang sari
  • Keadaan bunga kembang sepatu masih fresh

Proses Penyerbukan pada Bunga ada beberapa bunga memiliki ciri morfologi khusus pada tiap spesiesnya yang mengakibatkan perbedaan proses penyerbukan.

Secara umum proses penyerebukan bunga pada tanaman

  1. Penyerbukan tertutup atau kleistogami (cleistogamie) yaitu proses penyerbukan bunga yang terjadi ketika bunga masih kuncup. Proses penyerbukan10/25/13 Proses Pen\erbukan pada Bunga – Ilmu Biologi ilmubiologi.com/proses-penyerbukan-pada-bunga 2/4 biasanya berupa autogamie.Penyerbukan terbuka atau kasmogami (chasmogamie) yaitu proses penyerbukan bunga yang terjadi ketika bunga telah mekar. Proses penyerbukan ini dapat meyebabkan tanaman melakukan autogamie, geitonogamie, allogamie, dan [enogamie
  1. Diogamie (dichogamie) merupakan proses masaknya putik dan serbuk sari secara tidak bersamaan
  2. Herkogami (herkogamie) bunga dimana letak kepala sari dan putik saling berjauhan sehingga sulit mengalami penyerbukan sendiri
  3. Heterostili (heterosylie) merupakan bunga yang memiliki panjang putik dan benang sari berbeda-beda
  4. Anemofili (anemophilie) merupakan bunga yang penyerbukan dibantu oleh angin
  5. Entomofili (enthomophilie) merupakan bunga yang penyerbukan dibantu oleh serangga
  6. Ornitofili (ornithophilie) merupakan bunga yang penyerbukan dibantu oleh burung
  7. Kiropterofili (chiropterophilie) merupakan bunga yang penyerbukan dibantu oleh kelela Zar

Cara  Penyerbukan Bunga Kembang Sepatu

  • Siapkan 2 bunga kembang sepatu yang sama rupanya ataupun berbeda corak.
  • Pindahkan serbuk sari bunga kembang sepatu pada bunga awal kepada bagian stigma bunga kedua. Bagian serbuk sari bunga kembang sepatu bermacam corak nyaris sama ialah bercorak kuning.
  • Sebaliknya stigma bunga kembang sepatu yang mempunyai corak berbeda dari sebuk sari umumnya terletak di tengah tengah sebab dikelilingi oleh serbuk sari.
  • Berikutnya ikat bunga yang telah diberikan serbuk sari pada bagian pollennya biar serbuk sari tidak terbang ataupun berpindah tempat. pastikan jika kamu tidak mengikatnya dengan keras sebab hendak mengganggu mahkota bunga.
Faktor Yang Mempengaruhi Cara Penyerbukan Kembang Sepatu
Cara penyerbukan bunga kembang sepatu sudah kalian  ketahui,  selanjutnya kalian ketahui faktor yang mempengaruhi cara penyerbukan kembang sepatu.
Berikut ini penjelasan selengkapnya untuk anda :
1. SUHU 
Pada penyerbukan bagi sebagian sumber temperatur pengaruhi pertumbuhan bunga kembang sepatu. Temperatur yang sesuai buat mempertahankan pertumbuhan bunga kembang sepatu merupakan 35 derajat celcius.
2. PERUBAHAN BENTUK BUNGA 

selama  pertumbuhan bunga kembang sepatu, pergantian wujud bunga butuh kamu perhatikan. Tahapan pembuatan bakal biji pada bunga kembang sepatu setelah terjalin penyerbukan diawali dengan rontoknya kelopak bunga yang kalian satukan serbuk sari dari bunga lain ke bunga kembang sepatu inang.

Setelah itu bagian dasar bunga hendak tumbuh membentuk bakal biji sampai berganti corak jadi corak cokelat kering. Kala perihal tersebut terjalin hingga biji dapat kalian keluarkan serta kamu tanam secara generatif.

Metode penyerbukan bunga kembang sepatu yang terbilang gampang ini sangat dapat kalian jalani sendiri dirumah bukan?. Jadi kalian tidak butuh khawatir kandas ya!!. Sekian data mengenai metode penyerbukan bunga kembang sepatu. Nyatanya dilaman ini kamu hendak gampang menciptakan metode penyerbukan bunga tipe yang lain serta pastinya triknya gampang sekali buat kamu jalani.

Sekian Penejelasannya  dan semoga bermanfaat 🙂 .

Pengunjung juga mencari:

  • afuza co id