Home Pengetahuan Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR

Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR

Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR- Setting karburator dilakukan dengan melaksanakan adjustment terhadap :

  1. Ukuran pilot jet
  2. Ukuran main jet
  3. Posisi klip needle jet
  4. Setelan bukaan udara
  5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 sampai full yang berperan adalah pilot jet dan main jet. Jadi yang mau menambah top speed, tukar pilot jet dan main jetnya. kalian tinggal membeli pilot jet dan main jet baru yg ukurannya lebih besar, tetap pasang menukar yg lama. Ukuran dratnya sama, cuma yang beda adalah ukuran lobang ditengahnya. Jadi tak tersedia persoalan gonta-ganti MJ/PJ asal speknya sebetulnya membuat karburator yang sama(Mikuni).

Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR

Untuk setting irit, optimum atau boros tersedia terhadap posisi klip dan setelan stasioner. Bukan terhadap sekrup bukaan udara. Sekrup udara cuma digunakan untuk menyesuaikan sehingga pembakaran sempurna (busi warna merah bata).

Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR
Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau telah OS 150 – 200 tetap mau irit, clip mampu naik ke posisi kedua berasal dari atas. Kalau paling tinggi, cemas amat irit. Kalau irit, blok enteng overheat dan piston-ring mampu macet sementara dipake ngebut. Kecuali dipake ibu2 membuat ke pasar doang, bolehlah disetel irit habis.

Selanjutnya kalian dapat mensetting bukaan udara sehingga campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata atau ( pembakaran nyaris sempurna ).

Cara penyetelan bukaan udara :

1. Pertama kalian putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi. Memutar spekrup stasioner searah jarum jam membuat needle jet terangkat. Sama dengan terhubung gas, terhubung gas membuat needle jet terangkat. Kenapa perlu tinggi dulu? Karena nantinya bukaan udara akan ditutup habis, kecuali needle jet tidak memadai terangkat maka mesin menjadi mati. Jadi needle jet perlu memadai terangkat dulu.

Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR

2. Selanjutnya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk atau (menutup). Selama diputar, langsam / stasioner akan menurun. jika mesin menjadi mati, kalian tinggal buka sekrup udara 2 putar, dan ikuti cara pertama dan tambahkan langsamnya.

3. Kemuduan putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam atau (membuka), secara perlahan-lahan. Amati suara stasionernya(suara knalpot/mesin), stasioner akan makin tinggi bersamaan sekrup udara diakses secara perlahan. Putar tetap secara perlahan-lahan, dan berhenti sementara stasioner tidak mau naik lagi. Kemudian kalian dapat memutar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran.

4. Terakhir kalian dapat memutar sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun. Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi membuat mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah membuat bensin irit tapi menjadi tidak cukup resposif(kurang tenaga). Selesai telah jetting karburator-nya. Kalau sekrup stasioner telah diakses banyak atau hingga habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu pertanda jarumnya menggantung. Biasanya disebabkan setingan kabel gas-nya amat boros.

Kabel gas dapat kalian atur untuk responsif (langsam tinggi dan boros), atau untuk irit (langsam nyaris mati dan irit).

Itulah beberapa Cara Setting Karburator 2 Tak F1ZR. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Baca juga : Cara setting karbu pe 28 brebet

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit