Cara Setting Karburator 2 Tak

0
98
Advertisement

Cara Setting Karburator 2 Tak- Motor yang keberadaannya telah berkurang dan apalagi telah jarang, lebih-lebih untuk kota metropolitan layaknya jakarta. Kenapa demikian? gara-gara motor 2 tak merupakan motor yang punya gas buang yang tidak cukup bersahabat pada lingkungan, lebih-lebih ulang kala terdapat kesalahan atau ketidak standaran pada setting karburator motor 2 tak ini. Pasti akan mengundang asap yang memadai banyak melalui knalpot pembuangan.

Cara Setting Karburator 2 Tak

Advertisement

Secara lazim pengertian motor 2 tak atau 2 langkah adalah motor yang di dalam 1 siklus kerjanya memerlukan 2x piston bolak balik (naik-turun), bermakna 1 kali putaran poros engkol akan menghasilkan 1 langkah usaha.Sehingga menurut pengamatan para mekanik perlihatkan bahhwa motor 2 tak lebih cepat terkecuali dibandingkan dengan motor 4 tak. Misalnya motor 2 tak dan motor 4 tak sama-sama punya silinder 150cc dan masih di dalam keadaan standart, kala diadu kecepatannya tentu jauh lebih cepat motor 2 tak.

Kenapa sanggup lebih cepat motor 2 tak? Karena di dalam satu langkah kerja, motor 2 tak cuma memerlukan 1 kali putaran poros engkol dan 2x gerakan piston bolak-balik. Sedangkan untuk motor 4 tak memerlukan 2 kali putaran poros engkol dan 4 kali gerakan piston naik turun untuk menghasilkan satu kali langkah kerja.

Kok tambah membicarakan kecepatan sih? bukannya tadi judulnya langkah setting karburator motor 4 tak. Iya gara-gara sebenarnya setting karburator akan pilih kecepatan dan suplay bahan bakar motor. Karena karburator motor 2 tak bisa disetting standart dan lebih hemat bahan bakar, atau disetting cepat tapi lebih boros bahan bakar.

Untuk menyetting karburator motor 2 tak dibutuhkan insting dan latihan lebih-lebih dahulu, gara-gara ini terkait dengan normalitas dan perasaan. hehehee.. Tapi intinya adalah mencari posisi dimana motor tidak mbrebet atau tersendat-sendat kala ditarik gas ataupun kala di dalam keadaan idle.

Secara teori settingan karburator motor adalah sebabkan campuran pada bahan bakar (BB) dengan udara (O2) adalah 1 (BB) : 13-15 (O2). Tapi gara-gara tidak kemungkinan kami mengukur kuantitas asupan bahan bakar dan udara pada karburator tersebut, jadi jalan alternatifnya adalah dengan mengira-ngira saja. Terlepas dari tepat atau tidaknya, itu tergantung dari insting kami pas melaksanakan setting karburator tersebut.

Cara setting karburator motor 2 tak berdasarkan insting

Cara Setting Karburator 2 Tak

  1. Putar screw setelan angin Sejalan jarum jam sampai mentok.
  2. Putar gas sampai capai putaran mesin 3000rpm.
  3. Putar ulang screw setelan angin berlawanan dengan arah jarum jam, dan dengarkan suara mesin sampai pada keadaan mesin berada pada rpm paling besar (suara mesin berteriak paling kencang).
  4. Jika dirasa telah cukup, kemudian putar screw setelan gas sampai pada posisi idle atau langsam yang pas, bermakna rpm tidak benar-benar cepat dan tidak benar-benar rendah yang sebabkan mesin mati sendiri.

Cara setting karburator motor 2 tak berdasarkan teori

  1. Putar screw setelan angin Sejalan jarum jam sampai mentok.
  2. Putar gas sampai capai putaran mesin sekitar 3000rpm.
  3. Kemudian putar screw setelan angin yang berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 2,5 putaran atau (900 derajat).
  4. Dengarkan pula suara mesin apakah masih mbrebet atau tidak (berteriak kencang), terkecuali masih mbrebet putar sedikit kekiri atau kekanan sampai ketemu suara mesin berteriak kencang.
  5. ika dirasa telah cukup, putar screw setelan gas sampai pada posisi idle atau langsam.

    Jika setting karburator motor 2 tak anda telah standart maka motor tentu akan lebih hemat bahan bakar, busi tidak gampang kotor, asap tidak pedih dimata, tarikan motor tidak mbrebet. Satu lagi, pastikan oli samping akan menetes atau menyemprot tiap -tiap 3 detik sekali. Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Baca juga : Cara setting karbu pe 28 brebet