Home Pengetahuan Cara setting karburator motor supra

Cara setting karburator motor supra

Cara setting karburator motor- Dalam sebuah kinerja motor, karburator adalah menjadi salah satu perangkat yang sangat penting. Karena karburator memiliki fungsi yaitu mencampurkan ke dalam angin yang nantinya akan menuju bensin. Sedangkan untuk menyetel karburator terhitung tidak boleh sembarangan. Karena ada sebagian hal yang harus kamu mengerti bagaimana cara menyetel karburator dengan baik dan benar.

Cara Menyetel Karburator

Cara setting karburator motor supra

Sebenarnya cara untuk menyetel karburator sangatlah mudah, lebih-lebih kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain atau pergi ke bengkel yang akan menguras isi kantongmu.

Untuk menyetelnya terhitung tidak perlu peralatan khusus, lho. Kamu cuma memerlukan alat simple seperti obeng dan tang. Yuk ketahui cara-caranya berikut ini:

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Langkah awal sebelum saat menyetel karburator adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan seperti obeng. Untuk memutar skrup, obeng yang digunakan berjenis min (-), Karburator punyai dua skrup dengan fungsi yang berbeda. Skrup pertama bermanfaat untuk menyetel hawa dan skrup kedua untuk menyetel gas.

2. Menghidupkan mesin motor

Setelah peralatan disiapkan bukan artinya kamu mesti langsung menyetel karburator ya, karena kamu mesti menyalakan mesin terlebih dahulu. Pastikanlah mesin motor didalam suasana hidup sehingga bisa mendapat settingan yang pas. Hal ini terhitung penting dikerjakan sehingga bisa mengerti apakah mesin didalam brebet atau normal-normal saja.

3. Memutar skrup penyetel gas

Jika gas motor keadaannya terlalu brebet maka yang mesti kamu jalankan yakni menyetelnya dengan cara memutar skrup penyetel gas searah jarum jam atau ke arah kanan menggunakan obeng yang sudah disiapkan tadi.
Hal berikut bertujuan sehingga kutub gas jadi terbuka dan tekanan RPM terhitung jadi meninggi sehingga akan membuahkan gas yang pas.

4. Tutup skrup penyetel gas

Jangan sepelekan sistem ini, karena bermanfaat untuk menyesuaikan skrup penyetel hawa yang bisa menutup saluran idle dan terhitung bertujuan untuk menutup hawa yang masuk ke didalam mesin.

5. Buka skrup angin hingga RPM tinggi

Saat menutup skrup angin kamu mesti memastikan mesin tetap didalam suasana menyala. Jika mesin mati sebelum saat saluran di tutup maka kamu mesti menghentikan putaran skrup angin dan melepaskan RPM rendah bisa dicapai oleh mesin.
Setelah itu kamu bisa memutar skrup dengan arah membuka, ini bertujuan sehingga RPM bisa berangsur naik setelah hawa di tutup.

6. Menurunkan setelan gas

Dan yang terakhir adalah turunkan setelan gas sehingga menghasilkan idle yang paling ideal. Setelah seluruh sistem sudah dilakukan, cobalah settingannya dengan cara memunculkan ulang mesin motor. settingan yang benar biasanya motor akan menyala ketika di stater 1 kali langsung nyala. Tapi kecuali belum, kamu mesti setel ulang lagikarburatornya sehingga beroleh settingan yang ideal.

Cara Membersihkan Karburator

Cara setting karburator motor supra

Terdapat sebagian cara yang bisa kamu jalankan untuk membersihkan karburator. Diantaranya yaitu:
1. Melepas Karburator dari Dudukannya                                                                    Untuk melepaskan karburator dari daerah duduknya diperlukan sebagian peralatan bengkel, keliru satunya kunci pas.
2. Buka Bagian Mangkuk dan Bersihkan
Bukalah anggota mangkuk atau penutup karburator dan mulailah membersihkannya.
3. Bersihkan Bagian Penyaring Udara
Saat membersihkan penyaring udara, gunakanlah cairan khusus. Agar lebih mudah pas membersihkannya, lepaslah terlebih dahulu anggota ini.
4. Bersihkan Bagian Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet
Setelah kamu selesai membersihkan penyaring udara, bisa melanjutkan ulang ke bagian pilot jet, main jet, dan needle jet.
5. Bersihkan Spuyer
Membersihkan spuyer hanya dengan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Itulah beberapa cara setting karburator motor, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat. Selamat mencoba, Terima kasih.

Baca juga : Cara Setting TP-Link WR840N Sebagai Repeater

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit