Cara Setting Suara Laptop Ke Speaker

0
81
cara setting suara laptop ke speaker
Advertisement

Cara setting suara laptop ke speaker- Jika Anda punyai laptop, sering kali mutu pengeras suara (speaker) bawaannya kurang memuaskan. Jika Anda sering dan suka melihat film atau mendengarkan musik lewat laptop, belilah satu sett pengeras suara untuk dapatkan suara yang bagus. Apa pun model pengeras suara yang dibeli (koneksi audio nirkabel, USB, atau colokan 3,5 mm), pengeras suara komputer cukup mudah dipasang ke laptop PC atau Mac.

cara setting suara laptop ke speaker

Advertisement

Menghubungkan Pengeras Suara Berkabel ke Laptop

Pilihlah set pengeras suara komputer. [1] Asalkan laptop punyai jack atau porta USB pengeras suara/headphone, sebagian besar pengeras suara berkabel seharusnya mampu dihubungkan ke laptop Anda.
Sebagian besar pengeras suara punyai konektor audio 3,5 mm berbentuk colokan kecil yang mampu masuk ke di dalam lubang untuk headphone standar. Pengeras suara ini juga kudu dihubungkan ke sumber daya.
Pengeras suara USB didayai oleh laptop sehingga tidak kudu dicolokkan ke dinding. Akan lebih mudah ulang kecuali laptop sudah punyai porta USB

2 Atur pengeras suara bersama daerah kerja Anda. Sebagian besar pengeras suara diberi isyarat L (left atau kiri) atau R (right atau kanan) di bagian belakang atau bawah unit. Jika pengeras suara punyai subwoofer, sebaiknya menempatkan di belakang proses Anda atau di atas lantai. Pastikan saja daerah Anda menempatkan pengeras suara mampu dicapai kabel penghubung hingga ke laptop dan kabel daya ke soket di dinding.

3 Atur volume pengeras suara ke minimum. Putarlah knop volume di pengeras suara Anda ke kiri full (sepenuhnya).

4 Atur volume suara di laptop pada 75%. [2] Anda mampu melakukannya bersama mengeklik ikon suara di taskbar (di kanan bawah pada Windows) atau palang menu (di kanan atas pada Mac) dan tukar hingga ¾ berasal dari puncak. Pengguna Windows mungkin akan memandang dua slider yang berbeda, gunakan yang bertuliskan “Applications” di atas slider.

5 Masukkan konektor ke laptop. Ketika laptop tengah menyala, masukkan kabel konektor audio (konektor USB atau 3,5 mm) ke di dalam porta masing-masing di laptop.
Jika Anda gunakan konektor 3,5 mm, carilah jack kecil di bagian samping laptop yang punyai ikon headphone atau pengeras suara. Jangan masukkan ke jack yang bergambar mikrofon.
Jika Anda gunakan USB, mungkin proses akan mulai menempatkan kandar (driver) kala pengeras suara dihubungkan. Jika diminta, masukkan cakram (disk) yang diberikan bersama pengeras suara dan baca instruksi yang ada di dalam kemasan.

6 Nyalakan pengeras suara. Tombol On (nyala) biasanya ada di belakang keliru satu pengeras suara. Jika pengeras suara punyai kabel daya, masukkanlah sebelum akan menyalakan pengeras suara.

7 Mainkan sedikit audio pada laptop. Mulailah putar audio (putar musik, CD, video YouTube, dsb.) di laptop Anda.
Temukan volume suara yang nyaman di telinga. Putar kenop volume secara perlahan di pengeras suara komputer hingga beroleh suara yang diinginkan.
Jika Anda tidak mendengar apa pun, pastikan pengeras suara membuka dan terpasang kecuali diperlukan.
Jika Anda gunakan Windows dan suara nampak lewat pengeras suara laptop, Anda kudu mengganti pengaturan audio secara manual. Tekan ⊞ Win+S dan tik control. Pilih “Control Panel” kala muncul, lantas klik “Sound.” Di Playback,” Anda akan memandang dua perangkat pada daftar: kartu audio laptop Anda, dan pengeras suara. Klik dua kali pada pengeras suara untuk merubah perangkat suara default. Klik “OK” untuk mendengarkan suara lewat pengeras suara baru Anda.

Metode 2 cara setting suara laptop ke speaker

Menghubungkan Pengeras Suara Nirkabel Menggunakan Bluetooth

cara setting suara laptop ke speaker

1 Pastikan laptop Anda punyai Bluetooth.[3] Berikut cara mengeceknya:
Jika gunakan Mac, buka menu Apple dan About this Mac.” Klik “More Info,” lantas “Bluetooth” pada daftar di segi kiri layar. Jika segi kanan layar Perangkat Keras perlihatkan Info perangkat (misalnya “Apple Bluetooth Software Version 4”), berarti laptop punyai Bluetooth.
Pada Windows, tekan ⊞ Win+X dan pilih “Device Manager.” Klik “Laptop.” Jika Anda memandang kategori di bawah Laptop bertuliskan “Bluetooth Radios,” klik untuk makin besar daftar perangkat. Jika ada postingan nampak di daftar, laptop Anda dilengkapi Bluetooth.

2 Carilah lokasi pengeras suara Bluetooth Anda. [4] Temukan lokasi di tempat tinggal atau kantor untuk daerah diletakkannya pengeras suara Bluetooth. Berikut sebagian hal yang kudu diperhatikan:
Pengeras suara kudu dicolokkan ke sumber daya.
Dinding yang memisahkan laptop dan pengeras suara tidak akan amat pengaruhi koneksi, tetapi mutu suara akan menurun.
Jika Anda ingin mampu menyalakan dan mematikan pengeras suara bersama mudah, sebaiknya jangan menempatkan di daerah yang sulit diraih.
Periksa manual pengeras suara Anda untuk mengetahui jarak maksimal antara laptop dan pengeras suara.[5] Biasanya, pengeras suara nirkabel mampu membuka hingga 9,2 meter, tetapi ada sebagian pengeras suara yang jarak koneksinya lebih pendek.

3 Nyalakan pengeras suara Bluetooth dan atur sehingga pengeras suara mampu ditemukan laptop. Proses ini berbeda tergantung produsen pengeras suara. Sering kali pengeras suara punyai tombol yang kudu ditahan sebagian detik sehingga perangkat memasuki modus “discovery”. Periksa buku manual Anda untuk memastikan.

4 Pasangkan (pair) pengeras suara Bluetooth bersama laptop. Proses ini tergantung pada proses operasi.:
Jika Anda gunakan Windows 8 atau 10, buka ”Action Center“ bersama mengeklik ikon notifikasi di taskbar (dekat jam). Pilih “Bluetooth,” lantas “Connect” untuk memulai pencarian perangkat. Saat pengeras suara muncul, klik menghubungkannya bersama laptop.
Pengguna Windows 7 kudu membuka menu Start, lantas “Devices plus Printers.” Klik “Add a device” untuk memulai pencarian perangkat Bluetooth. Ketika pengeras suara muncul, pilih dan klik “Next” untuk menghubungkan perangkat.
Bagi pengguna Mac, pilih “System Preferences” pada menu Apple dan klik “Bluetooth.” Pastikan Bluetooth disetel ke On, lantas menanti hingga pengeras suara nampak di daftar. Pilih pengeras suara, lantas klik “Pair.”

5 Atur komputer untuk memutar audio lewat pengeras suara. Ada sedikit perbedaan pengaturan pada Windows dan Mac.:
Bagi pengguna Windows, tekan ⊞ Win+S dan tik control. Ketika Anda memandang “Control Panel,” klik, lantas pilih “Sound.” Pada label Playback, pilih pengeras suara Bluetooth dan klik “Set Default.” Kemudian, klik OK.
Bagi pengguna Mac, buka menu Apple dan “System Preferences.” Klik “Sound” dan pilih label Output. Di bawah “Choose a device for sound output,” pilih pengeras suara Bluetooth Anda.

6 Atur volume laptop pada 75%. Caranya, klik pada pengeras suara di menu Anda atau taskbar, lantas tukar slider volume pada level 75%. Jika Anda gunakan Windows , klik ikon pengeras suara di dekat jam. Kemudian, pilih “Mixer.” Sesuaikan slider di bawah “Applications.”

7 Minimalkan volume pada pengeras suara Bluetooth. Jika pengeras suara Anda punyai kenop pengaturan suara, putar seluruhnya ke kiri, atau klik ikon Sound di palang menu atau taskbar dan tukar slider volume hingga ke dasar.

8 Tes suara audio Anda. Mainkan lagu, video, atau berkas suara layaknya biasa. Naikkan volume suara secara perlahan pada pengeras suara Bluetooth hingga raih level suara yang diinginkan.

Itulah artikel tentang Cara Setting Suara Laptop Ke Speaker, semoga bermanfaat.

Baca juga : https://afuza.co.id/cara-setting-suara-tv-led-polytron/