Cek IMEI Xiaomi Online

0
9
cek imei xiaomi online
Advertisement

Cek IMEI Xiaomi Online – International Mobile Equipment Identity  atau IMEI adalah sebuah barisan angka yang jika kita cek isinya mengenai informasi tentang smartphone, mulai dari merek, model, tahun pembuatan, serial number, dll.

Seluruh jenis smartphone tentu memiliki IMEI. Sebab, dapat diibaratkan sebagai sebuah identitas sama halnya dengan KTP pada manusia. Setiap smartphone mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda. Hal yang sama juga berlaku untuk smartphone Xiaomi.

Advertisement

Untuk mencari tahu nomor IMEI pada HP Xiaomi juga dapat dilakukan dengan beragam cara. Cara yang paling mudah yaitu dengan melihat bagian belakang dus box ketika kita membeli smartphone Xiaomi baru maupun bekas.

Tetapi, tidak jarang nomor IMEI yang tercantum pada dus box berbeda dengan yang terdapat di smartphone. Terdapat sejumlah faktor yang dapat mengakibatkan hal tersebut. Bisa saja smartphone yang kita beli adalah HP rekondisi, sehingga memakai dus box palsu.

Sumber: https://www.imeandroid.com

Tidak hanya itu, nomor IMEI yang berbeda juga dapat mengindikasikan keoriginalan dari smartphone. Untuk mengetahui keaslian HP Xiaomi maupun HP lainnya memang dapat dilakukan dengan mengecek nomor IMEI.

Namun sebelum itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI-nya. Lantas bagaimana cara cek IMEI Xiaomi selain melihat dari dus box? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cek IMEI Xiaomi online yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Cara Cek RAM Xiaomi

Cek IMEI Xiaomi Online yang Perlu Anda Ketahui!

Sekarang ini banyak sekali smartphone Xiaomi palsu yang beredar di pasaran. Tentu kualitasnya berbeda sangat jauh. Sebab, smartphone Xiaomi rata-rata didukung build quality yang bagus dan mempunyai spesifikasi tinggi.

Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk mengecek nomor IMEI supaya dapat mengetahui keaslian smartphone Xiaomi yang dibeli.

Caranya sangat mudah, sebab Xiaomi sudah menyediakan halaman khusus untuk mengecek keaslian smartphone yang mereka pasarkan. Berikut ini adalah cek IMEI Xiaomi online yang dapat Anda ikuti:

cek imei xiaomi online

  • Cara mengecek keaslian HP Xiaomi secara online yaitu Anda dapat mengunjungi situs resmi verifikasi Xiaomi: https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.
  • Apabila Anda sudah membuka situs di atas, lalu masukkan nomor IMEI atau Serial Number yang diperoleh melalui pengecekan IMEI di atas atau dari Dus Box.
  • Lalu masukan kode verivikasi, dan berikutnya tinggal klik tombol “Verify“.
  • Jika nomor IMEI yang Anda masukan asli Xiaomi, maka akan muncul informasi keaslian.
  • Sementara untuk mengecek informasi nomor IMEI, Anda juga dapat mengunjungi situs https://www.imei.info. Pada situs tersebut akan muncul informasi lengkap seputar tipe, model, tahun pembuatan, hingga spesifikasinya

Baca Juga: Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Mengecek keaslian smartphone Xiaomi memang sangat penting. Semoga dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat terhindar dari smartphone Xiaomi palsu.

Apalagi pemerintah Indonesia telah mengeluarkan wacana pemblokiran IMEI untuk seluruh smartphone ilegal atau black market. Peraturan ini telah berlaku pada tahun 2020. Pemerintah Indonesia perlu melakukan pemblokiran IMEI untuk membasmi habis peredaran hp ilegal. Anda pasti kecewa dengan peraturan tersebut.

Pasalnya rata-rata smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia adalah smartphone blackmarket, khususnya HP Xiaomi flagship seperti Xiaomi Mi Mix 3, Mi 9, dan Redmi K20.

Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian telah menyediakan situs khusus untuk kebutuhan pengecekan status IMEI yang dapat diakses pengguna “DISINI“.

Nantinya smartphone yang IMEI-nya tidak terdaftar, maka tidak akan dapat memakai operator seluler Indonesia. Sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirim sms, telepon atau mengakses internet.