Home Teknologi Ciri-Ciri Bearing Kompresor AC Mobil Rusak

Ciri-Ciri Bearing Kompresor AC Mobil Rusak

Ciri-Ciri Bearing Kompresor AC Mobil Rusak AC atau Air Conditioner adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil. Dengan adanya fasilitas AC, maka aktivitas berkendara Anda akan terasa nyaman, terlebih ketika cuaca sedang panas.

Ketika AC mobil mengalami masalah dan tidak lagi menghasilkan udara dingin, maka berkendara pun akan terasa tidak nyaman. Penyebab AC mobil mengalami masalah pun bisa beragam.  Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yaitu adanya kerusakan pada bearing kompresor AC.

Kompresor AC merupakan komponen vital pada sistem pendingin udara mobil. Hal ini dikarenakan kompresor bertugas untuk memberikan tekanan pada agen pendingin (cooling agent) dan kemudian menyalurkannya. Seandainya kompresor bermasalah, maka AC mobil pun tidak dapat bisa menghasilkan udara dingin.

Bahkan, dalam kasus parah, kerusakan kompresor AC bisa menyebabkan mesin mati. Nah, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri kerusakan bearing kompresor AC mobil agar Anda bise segera mendeteksi kerusakannya.

Lalu apa saja ciri-ciri kerusakannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai ciri-ciri bearing kompresor AC mobil rusak yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berikut Ciri-Ciri Bearing Kompresor AC Mobil Rusak yang Perlu Anda Ketahui!

ciri ciri bearing kompresor ac mobil rusakSumber: https://lokadata.id 

1. Udara yang Dihasilkan Menjadi Panas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi kerusakan bearing kompresor AC mobil yaitu dengan merasakan hembusan udara yang dihasilkan oleh AC mobil.

Seandainya hembusan udara yang dihasilkan AC mobil terasa panas, maka kemungkinan bearing kompresor AC Anda sedang mengalami kerusakan. Bearing yang rusak tidak akan bisa menyalurkan refrigerant, sehingga udara pun tidak terasa sejuk.

Baca Juga: Air AC untuk Tanaman

ciri ciri bearing kompresor ac mobil rusakSumber: https://kumparan.com

2. Muncul Bunyi Aneh

Kompresor AC mobil terdiri atas komponen-komponen yang kompleks. Jika salah satu komponennya rusak, maka komponen lainnya pun akan terpengaruh juga. Hal tersebut juga berlaku ketika bearing rusak.

Salah satu ciri-ciri bearing kompresor AC mobil rusak yang paling kerap terjadi yaitu kompresor mengeluarkan bunyi aneh. Komponen yang rusak dapat bersinggungan dengan komponen lain, sehingga menyebabkan bunyi seperti decitan yang nyaring.

Baca Juga: Cara Mematikan Timer Berkedip AC Panasonic

Sumber: https://otomotif.kompas.com

3. Cairan Pendingin Merembes Keluar

Pada komponen kompresor AC terdapat bantalan internal. Fungsi dari bantalan internal tersebut adalah untuk menahan agar cairan pendingin tidak keluar dari kompresor AC.

Namun, bagian ini bisa mengalami penurunan kondisi seiring dengan penggunaan mobil. Bantalan internal tersebut bisa menjadi aus dan bahkan rusak. Seandainya hal tersebut terjadi, maka cairan pendingin pun akan merembes keluar kompresor melalui bagian-bagian yang aus.

Baca Juga: Fungsi Dry Pada AC

Sumber: https://nakita.grid.id

4. AC Lebih Susah Diatur

Kerusakan bearing juga bisa menyebabkan kinerja kopling kompresor AC terganggu. Kopling kompresor ini bertugas untuk mengatur kapan kompresor aktif dan nonaktif.

Alhasil, AC mobil pun lebih susah diatur. AC mobil tiba-tiba bisa kencang atau bahkan mati seandainya komponen ini rusak. Kualitas dari hembusan udara yang dihasilkan AC mobil pun cenderung buruk.

Baca Juga: Cara Matikan Timer AC

Sumber: https://www.youtube.com

Cara Mengatasi Kerusakan Bearing Kompresor Air Conditioner Mobil yang Perlu Anda Ketahui!

Seandainya Anda merasakan beberapa tanda diatas pada AC mobil Anda, maka kemungkinan besar bearing kompresor AC mobil rusak. Lalu hal apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya?

Sebenarnya, Anda cukup mengganti bearing kompresor AC mobil yang rusak saja, dan Anda masih bisa tetap menggunakan kompresor AC mobil yang lama. Tetapi, hal tersebut tidak direkomendasikan untuk jangka panjang.

Hal tersebut dikarenakan kerusakan pada kompresor AC sering kali cepat menyebar. Seandainya terdapat satu komponen yang rusak, maka kemungkinan besar komponen lain juga akan ikut terpengaruh.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk segera melakukan penggantian kompresor AC ketika mengalami beberapa ciri bearing kompresor AC mobil rusak.

Baca Juga: Apa Itu PK AC?

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit