Ciri-Ciri Hewan Reptilia

0
130
hewan reptil

Ciri-Ciri Hewan Reptilia – Reptilia merupakan salah satu kelompok hewan yang sangat tua. Beberapa macam hewan reptil bahkan telah ada sejak zaman purba. Reptilia merupakan hewan darat yang bisa hidup di air.

Contoh hewan reptil yaitu ular, kadal, buaya dan kura-kura. Banyak sekali jenis hewan yang dinaungi kelompok hewan yang satu ini. Sebelum membahas mengenai jenis-jenis reptilian, Anda perlu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut dahulu.

Lalu, apa saja ciri-cirinya? Yuk, langsung saja simak saja ulasan artikel mengenai ciri-ciri hewan reptilia yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Hewan reptilia bernapas dengan paru-paru. Oleh sebab itu, reptil yang hidup di laut atau sungai harus muncul ke permukaan agar dapat bernapas.
Kulit reptilia sangat kering, keras, dan bersisik.

Kulit reptil yang keras diakibatkan adanya zat kitin (zat kapur) seperti pada kura-kura.
Hewan reptilia ini berdarah dingin.

Reptil tidak dapat menghasilkan panas tubuh sendiri. Hewan reptil harus berjemur di bawah matahari untuk menghangatkan diri.

Hewan reptil bergerak dengan menggunakan perut (melata), seperti ular. Terdapat juga yang memakai keempat kakinya, seperti komodo, buaya, biawak, penyu dan kadal.

Hewan reptilia kebanyakan berkembang biak dengan bertelur. Namun, terdapat juga yang bertelur dan beranak. Pembuahan terjadi dalam tubuh induk betina (internal). Dalam ilmu Biologi, reptilia terdiri menjadi empat ordo, yakni:

Ordo Ophidia (bangsa ular), misalnya ular pohon, ular piton, dan ular sawah.
Ordo Crocodilia (bangsa buaya), misalnya buaya dan aligator.
Selanjutnya, Ordo Lacertilia (bangsa kadal), misalnya bunglon, kadal, komodo, biawak, dan tokek.

Ordo Chelonia (bangsa kura-kura), misalnya kura-kura dan penyu.
Itulah ciri-ciri hewan reptilia beserta 4 ordo yang terdapat dalam kelompoknya. Reptilia adalah salah satu filum dalam hewan bertulang belakang atau vertebrata.

Semoga ulasan artikel mengenai hewan reptilia di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah pengetahuan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here