Home Kecantikan Efek Samping Masker Kunyit

Efek Samping Masker Kunyit

Efek Samping Masker Kunyit – Daripada melakukan perawatan di salon, memanfaatkan bahan alami sebagai masker sebenarnya lebih mengasikkan. Selain lebih hemat, bahan alami yang digunakan sebagai masker sangat mudah untuk didapatkan.

Salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai masker alami ialah kunyit. Meskipun mempunyai aroma yang cukup menyengat, tanaman rempah ini dipercaya mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kulit wajah.

Manfaatnya antara lain mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, serta mengangkat sel kulit mati secara alami. Namun, tidak cuma bermanfaat baik untuk kulit, ternyata masker kunyit juga memiliki efek samping, lho.

Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu efek sampingnya, lalu apa saja efek sampingnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berikut Efek Samping Masker Kunyit yang Perlu Anda Ketahui!

efek samping masker kunyitSumber: https://www.jd.id

1. Warna Masker Kunyit pada Wajah Sulit Hilang 

Membuat kulit wajah terlihat menjadi kekuningan adalah efek samping masker kunyit yang pertama. Hal tersebut terjadi karena warna kunyit mempunyai sifat yang mudah menempel dan meninggalkan warna yang susah untuk dihilangkan.

2. Kulit Wajah Terasa Cekit Cekit

Tanaman kunyit mempunyai kandungan antiseptik alami yang bekerja untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Meskipun begitu, kandungan tersebut dapat menciptakan rasa cekit-cekit pada kulit ketika menggunakannya.

Sebenarnya, efek samping masker yang satu ini tidaklah berbahaya, tetapi akan membuat si pemakai menjadi kurang nyaman.

3. Menyebabkan Kulit Dehidrasi 

Sebenarnya, penggunaan masker kunyit bagi Anda pemilik kulit berminyak sangat baik. Hal ini dikarenakan penggunaan masker tersebut dapat mengontrol produksi sebum pada kulit wajah.

Namun, bagi Anda yang terlahir dengan jenis kulit kering, penggunaan masker kunyit ini akan berefek samping menyebabkan kelembaban alami pada kulit wajah berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi.

Baca Juga: Manfaat Masker Teh Hijau dan Madu

efek samping masker kunyitSumber: https://health.detik.com

4. Kulit Wajah Menjadi Gatal

Efek samping penggunaan masker kunyit yang seringkali dirasakan oleh kebanyakan penggunanya yaitu kulit Anda menjadi gatal. Hal tersebut dikarenakan pada kunyit terkandung bahan tertentu.

Kandungan ini memang tidak menyebabkan kerusakan kulit, namun kandungan ini bisa membuat seseorang refleks menggaruknya.

5. Menimbulkan Kemerahan pada Kulit

Ketika efek samping masker kunyit menimbulkan rasa gatal, maka otomatis tangan kita akan menggaruk kulit wajah. Maka tindakan tersebut akan menyebabkan kemerahan pada kulit yang tentunya mengganggu penampilan.

Seandainya hal tersebut berlangsung secara terus menerus, maka hindarilah penggunaan masker kunyit.

Baca Juga: Manfaat Masker Kopi dan Madu

Sumber: https://www.orami.co.id

6. Merusak Kulit Sensitif

Bagi Anda pemilik jenis kulit tertentu yang membutuhkan eksfoliasi, sebenarnya kemampuan masker kunyit dalam mengangkat sel kulit mati ini sangat baik.

Tetapi, bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kulit sensitif, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari penggunaan masker kunyit ini. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan kerusakan kulit sensitif Anda.

7. Menyebabkan Bintik-bintik Merah pada Kulit

Ada baiknya Anda mencari terlebih dahulu apakah Anda mempunyai alergi pada kunyit sebelum menggunakan masker kunyit ini. Hal ini karena alergi kunyit dapat menimbulkan bintik kemerahan pada seluruh kulit wajah yang seringkali dianggap sebagai jerawat.

Itulah beberapa efek samping masker kunyit yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Jadi, cari tahu terlebih dahulu jenis kulit Anda. Semoga artikel diatas yang kami ulaskan dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Efek Samping Masker Tomat

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

franciscamcclung on Avoid This Rookie Marketing Habit