Efek Samping Masker Tomat

0
88
efek samping masker tomat
Advertisement

Efek Samping Masker Tomat Masker tomat memang dipercaya memiliki manfaat yang dapat mempercantik kulit. Manfaatnya yaitu mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, meningkatkan produksi kolagen, hingga mencegah tanda-tanda penuaan secara alami.

Meskipun begitu, penggunaan masker tomat tentu tidak bebas dari efek samping. Efek samping masker ini bisa saja terjadi pada beberapa orang yang mengalami kulit sensitif. Biasanya, hal ini terjadi karena penggunaannya yang dilakukan dengan tidak aman.

Advertisement

Efek samping yang mungkin tak terhindarkan dari masker tomat untuk wajah yaitu reaksi alergi dan iritasi pada kulit. Namun, Anda tidak perlu risau untuk menggunakannya, sebab terdapat cara menggunakan masker tomat yang aman.

Sebelum itu, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu efek samping masker tomat yang biasanya terjadi. Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

efek samping masker tomat

Sumber: https://www.orami.co.id

Berikut Efek Samping Masker Tomat untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui!

1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi adalah salah satu efek samping masker tomat untuk wajah. Penggunaan masker tomat untuk wajah mungkin cenderung aman, bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak mempunyai masalah berarti pada wajah.

Namun, reaksi alergi sebagai efek samping masker ini untuk wajah mungkin saja terjadi pada orang-orang dengan masalah kulit atau jenis wajah tertentu, terlebih yang mempunyai alergi tomat.

Diketahui bahwa tomat memiliki kandungan histamin, yaitu suatu senyawa yang dapat mengaktifkan proses kekebalan tubuh untuk menyerang zat asing berasal dari luar.
Histamin akan dilepas ke hidung, area kulit, sistem pernapasan, dan saluran pencernaan sehingga mengakibatkan gejala-gejala alergi.

Tergantung pada tingkat keparahannya, Anda dapat saja mengalami reaksi alergi sebagai berikut:

  • Kulit gatal, kulit memerah, ruam kulit
  • Eksim atau biduran (urtikaria)
  • Kram perut, mual, muntah, atau diare
  • Sensasi rasa gatal di tenggorokan
  • Batuk, bersin, hidung berair, mengi (napas bunyi)
  • Pembengkakan pada mulut, lidah, wajah atau tenggorokan (angioedema)
  • Anafilaksis (gejala reaksi alergi ini sangat jarang terjadi namun dapat berakibat fatal)

Baca Juga: Manfaat Masker Teh Hijau dan Madu

efek samping masker tomat

Sumber: https://kitakini.news

2. Iritasi Kulit

Efek samping lainnya yaitu iritasi kulit. Bahkan, tanpa adanya gejala alergi atau tanda-tanda intoleransi sebelumnya, penggunaan masker tomat mungkin saja bisa menimbulkan iritasi kulit.

Tomat adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam. Bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif, efek samping tomat untuk wajah ini mungkin dapat Anda alami . Setelah mengoleskan masker tomat pada wajah, mungkin saja dapat terjadi iritasi kulit seperti kulit gatal dan memerah.

Sebaiknya segera bilas wajah Anda hingga bersih dan hentikan penggunaannya, jika Anda mengalami kondisi tersebut.

3. Kondisi Kulit Lainnya

Jika Anda mengoleskan masker tomat pada area kulit yang mengalami luka terbuka atau goresan, maka efek samping masker ini pada wajah bisa saja terjadi. Hal tersebut dikarenakan dapat memperburuk kondisi kulit sebelumnya.

Cara Mengecek Keamanan Masker Tomat untuk Wajah

Sebelum menggunakan masker tomat untuk wajah, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda cocok dengan masker tomat atau tidak. Terdapat beberapa langkah-langkah untuk mengeceknya, sebagai berikut:

  • Oleskan terlebih dahulu sedikit masker tomat pada area kulit tubuh lain. Contohnya, kulit di bawah dagu, punggung tangan atau area kulit di belakang telinga.
  • Untuk mengetahui reaksinya pada kulit Anda, tunggu selama 24 jam.
  • Jika kulit memerah atau mengalami rasa gatal, bengkak, dan tanda-tanda alergi atau iritasi kulit lainnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker tomat untuk wajah.
  • Sebaliknya, jika Anda tidak merasakan efek samping apapun, maka Anda bisa menggunakan masker tomat ke seluruh wajah.

Baca Juga: Manfaat Masker Kopi dan Madu

Sumber: https://www.sehatq.com

Cara Menggunakan Masker Tomat untuk Wajah dengan Aman

1. Oleskan Jus Tomat Secara Langsung ke Wajah

Mengoleskan jus tomat secara langsung ke wajah adalah salah satu cara menggunakan masker tomat untuk wajah dengan aman. Cara menggunakannya yaitu basahi kapas dengan jus tomat atau masker tomat.

Setelah itu, oleskan kapas tadi pada seluruh permukaan wajah Anda secara merata. Tetapi, hindari area mata, bibir, dan leher. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat.

2. Oleskan pada Area Kulit yang Bermasalah

Cara menggunakan masker tomat lainnya yaitu dengan mengoleskannya pada area kulit yang mengalami masalah. Misalnya yaitu area kulit yang mengalami kering atau hiperpigmentasi.

3. Campurkan dengan Yogurt atau Oatmeal

Cara menggunakan masker tomat berikutnya yaitu mengkombinasikan tomat dengan bahan alami lainnya seperti oatmeal dan yougurt. Hal tersebut agar bisa mendapatkan manfaat masker tomat yang maksimal.

Caranya yaitu dengan mengoleskan campuran masker tersebut pada seluruh wajah Anda. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Itulah beberapa efek samping masker tomat beserta cara menggunakannya yang aman. Meskipun begitu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan masker tomat untuk kulit.

Semoga artikel mengenai efek samping masker tomat diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh