web hit counter
Gambar Model Tempat Tidur Kayu Jati dan Cara Merawatnya

Gambar Model Tempat Tidur Kayu Jati dan Cara Merawatnya

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang bermutu tinggi, serta sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan furnitur rumah tangga. Kualitas dari kayu jati juga berdasar kepada umur dari pohon jati tersebut, semakin tua umur dari pohon jati maka kualitasnya pun semakin baik. Kayu jati yang berkualitas sangat baik biasanya berasal dari pohon yang umurnya sudah lebih dari 80 tahun.

Penggemar furnitur kayu semakin bertambah seiring berjalnnya waktu, sehingga kayu jati bertransformasi dalam berbagai bentuk, seperti slalah satunya yaitu tempat tidur atau sering disebut dengan dipan.

 

Model dari tempat tidur kayu jati juga tampil dengan berbagai fariasi. Jadi agar semakin jelas, yuk simak beberapa gambar model tempat tidur kayu jati berikut beserta cara merawatnya!

 

1. Gambar Model Tempat Tidur Kayu Jati Ukir

gambar model tempat tidur kayu jati
Sumber : id.pinterest.com

Tempat tidur atau dipan jati ukiran merupakan salah satu model yang digemari banyak orang dari waktu ke waktu. Terlebih lagi pola ukirannya yang bermacam-macam dengan berbagai fariasi modelnya yang membuat tempat tidur ini tampak mewah dan elegan.

Salah satu daerah penghasil dipan kayu jati ukir terbaik adalah kota Jepara. Bahkan hasil ukirannya pun sudah terkenal hingga kancah internasional.

Apalagi tempat tidur kayu jati termasuk salah satu perabotan rumah tangga yang awet karena berbahan dasar kayu yang berkualitas tinggi. Biasanya dipan kayu jati sudah dilengkapi dengan papan yang digunakan sebagai tempat kasur yang terbuat dari bahan jati pula, sehingga dijamin furnitur ini akan semakin awet untuk melengkapi perabotan di rumah anda.

 

2. Tempat Tidur Kayu Jati Berlaci

gambar model tempat tidur kayu jati
Sumber : id.pinterest.com

Model tempat tidur kayu jati selanjutnya sangat direkomendasikan bagi anda yang menyukai desain minimalis dan juga simpel. Model tempat tidur jati ini dilengkapi dengan laci pada bagian bawah maupun pada samping dari dipan.

Ukuran dari laci tersebut juga sangat berfariasi, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Fariasi lainnya adalah dipan tersebut dapat memiliki lebih dari satu laci. Laci-laci tersebut dapat kamu gunakan untuk menyimpan berbagai barang-barang pribadimu. Sangat fleksibel bukan?.

 

3. Gambar Model Tempat Tidur Kayu Jati Sorong

Sumber : id.pinterest.com

Masih belum puas dengan dua pilihan model di atas? Kini ada model tempat tidur kayu jati 2in 1 yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi perabotan rumahmu.

Tempat tidur 2in 1 ini dikenal dengan sebutan dipan sorong. Konsepnya hampir sama dengan tempat tidur berlaci, namun bedanya pada model ini bagian bawah dipan dimanfaatkan untuk tempat kasur bukan sebagai fariasi dari laci. Satu kasur yang berada di bawah kasur utama dapat didorong ke dalam kolong tempat tidur saat tidak akan digunakan.

Fariasi dipan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak anggota keluarga namun memiliki jumlah ruangan yang minim.

 

4. Model Tempat Tidur Kayu Jati Set

gambar model tempat tidur kayu jati
Sumber : bufettvjepara.com

Model kekinian tidak selamanya harus memiliki desain yang rumit, salah satu contohnya adalah tempat tidur kayu jati set.

Modelnya yang sederhana dan klasik sangat mendukung ke elegantan kamarmu saat mengunakan furnitur ini. Salah satu keistimewaan tempat tidur kayu jati set yaitu memiliki bedside desk atau meja kecil yang berada di sisi kanan maupun kiri dari tempat tidur.

Adanya bedside desk ini sangat bermanfaat untuk meletakkan peralatan pribadimu saat tertidur. Meja-meja ini juga memiliki banyak fariasi, ada yang memiliki beberapa lapis laci kecil bahkan ada yang berlaci sangat banyak seperti loker. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat lampu tidur atau benda lain yang harus ada di samping Anda saat tidur.

 

Selain memiliki  bedside desk, pada model tempat tidur ini juga biasanya dilenghkapi fariasi lain yang terdapat di hardboard (kepala ranjang), seperti misalnya adanya bufet yang dapat Anda manfaatkan untuk tempat menaruh hiasan ruangan, jam weker hingga vas-vas kecil.

 

5. Model Tempat Tidur Kayu Jati Spring Air

Sumber : id.pinterest.com

Selain harus jeli memilih model, memilih tempat tidur yang awet juga menjadi faktor utama yang harus Anda pikirkan.

Apabila Anda mencari tempat tidur dengan berbagai model gaya yang fashionable dan klasik , maka spring mattress berbahan kayu jatilah jawabannya. Tempat tidur dengan model ini sudah tersedia dalam berbagai macam fariasi. Anda dapat menyesuaikan dengan selera anda, salah satunya terdapat pada bagian kepala ranjang dan pada ujung kaki ranjang.

 

Beberapa contoh tipe model yang dapat andad coba adalah Margareth Headboard, Nicole Haeadboard, dan Classic Heardboard. Penggunaan bahan seperti suede dan synthetic leather-based sebagai kombinasinya membuat tempat tidur ini semakin nyaman dan tampak mewah.

 

Cara Merawat Ranjang Kayu Jati Agar Semakin Awet

Sumber : blog.kliknclean.com

Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk merawat segala perabotan yang berbahan dasar kayu. janganlupa coba di rumah ya!!

 

1. Kelembaban suhu

Hampir dari seluruh benda dipengaruhi oleh kelembaban suhu, tak terkecuali barang rumah tangga. Tidak hanya benda berbahan dari kayu saja yang dipengaruhi suhu, bahkan besi dan aluminium pun bereaksi terhadap kelembaban suhu.

 

Oleh karena itu, tempat tidur kayu harus ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, agar kelembaban suhunya juga dapat kita atur. Salah satu carannya adalah Anda dapat membuka kaca kamar dan pintu per hari sehingga udara dapat bersirkulasi dengan baik. Sehingga suhu kamar tidak akan basah, ataupun sangat lembab.

Dengan cara itulah kita bisa menjaga keawetan kayu agar tidak dimakan serangga seperti rayap.

 

2. Membersihkan setiap detail dari ukiran

Ideas merawat tempat tidur kayu jati selanjutnya adalah menyikat ukiran yang ada pada furnitur kayu. Debu yang menempel di sisi alur ukiran kadang tidak terlihat oleh mata. Namun hal itu dapat menyebabkan jamur yang kemudian menimbulkan pori atau rongga pada kayu.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi pada furnitur yang Anda miliki, Anda cukup membersihkan dengan hati-hati setiap detail ukirannya.

 

3. Memoles furnitur dengan cairan polish (plitur)

Anda dapat memakai Polish (Furnishings Coating Liquid) ataupun pion untuk memoles permukaan tempat tidur kayu. Anda harus memolesnya secara merata, cairan ini berguna untuk mencegah ranjang kayu agar tidak berpori dan tidak dimakan rayap.

Polish atau yang lebih terkenal dengan nama plitur ini dapat melindungi permukaan kayu dari tumpahan cairan agar tidak basah. Sehingga perabotan anda akan terhindar dari jamur. Sangat bermanfaat bukan?.

 

4. Segera keringkan furnitur kayu jati dari segala noda

Terkadang anak kecil bahkan remaja lebih suka menempati kamar sebagai ruangan pribadinya dalam setiap hari.  Mereka kadang bermain hingga makan di atas tempat tidur, apalagi saat bersama teman, kegian ngemil selalu menjadi andalan.

Namun remah-remah makanan bahkan tumpahan minuman kadang sering anda biarkan begitu saja. Padahal noda-noda itulah yang dapat menyebabkan terjadinya jamur pada kayu, sehingga dapat menyebabkan pengeroposan kayu dengan cepat.

Agar terhindar dari hal tersebut sebaiknya saat terjadi peristiwa seperti minuman tumpah Anda harus segera membersihkan dan mengeringkan noda tersebut. Agar perabotan anda tetap awet dan tidak mudah lapuk.

 

Nah, itu tadi beberapa gambar model tempat tidur kayu jati dan cara perawatannya yang bisa anda terapkan dirumah. Semoga barang-barang dari kayu anda dapat tetap awet ya, dan semoga artikel di atas bermanfaat.

izatulasfi@gmail.com

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.