Gambaran Bunga Kembang Sepatu

0
60
Advertisement

Gambaran Bunga Kembang Sepatu

Menurut Wikipedia bunga kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Lalu seperti apakah gambaran bunga kembang sepatu? Simak penjelasan berikut ini:

Advertisement
Nama ilmiahnya adalah Hibiscus rosa-sinensis.
Klasifikasi lebih tinggi: Hibiscus.
Famili: Malvaceae.
Ordo: Malvales.
Kelas: Magnoliopsida.
Tingkatan takson: Spesies.

Jenis bunga kembang sepatu:

1. Tropis

KembangĀ  jenis ini berasal dari Hawaii dan termasuk keluarga Malvaceae. Jenis ini memiliki daun yang mengkilap, warna bunganya mencolok dan variatif.

2. Abadi

Sebagian besar jenis ini hidup pada musim dingin dan mekar lagi di musim semi.

3. Kuat (Hardy)

Jenis ini merupakan yang terbesar dan termasuk keluarga Mallow. Lebarnya bisa mencapai 20cm. Biasanya berwarna putih, pink, dan merah. Jenis kembang sepatu ini tidak bisa hidup di musim panas.

Varian bunga kembang sepatu:

1. China Rose

Gambaran Bunga Kembang Sepatu

Tanaman ini bisa dibuat untuk bahan semir sepatu. Banyak yang menanam kembang sepatu jenis ini. Tingginya bisa mencapai 4 sampai 7 meter, dan dapat bertahan pada cuaca dingin.

Kembang sepatu jenis ini biasanya berkelopak tunggal maupun ganda dengan panjang antara 7 sampai 10cm. Pada umunya kembang sepatu jenis ini berwarna merah, kuning, pink dan oranye.

2. Rock Hibiscus

 

Gambaran Bunga Kembang Sepatu

Varian ini berasal dari Meksiko. Tanaman ini bisa hidup dengan menempel pada bebatuan dan dapat hidup pada ketinggian lebih dari 609 meter.

Bunganya memiliki warna putih, ungu, pink dengan kelopak berjumlah lima dengan diameter 12 cm.

3. Hibiscus Trionum

Gambaran Bunga Kembang Sepatu

Biasanya kembang sepatu jenis ini bisa mencapai tinggi 1,5 meter. Warna bunganya biasanya krem dan kuning. Kembang sepatu jenis ini cocok jika digunakan untuk dekorasi.

4. Roselle

Gambaran Bunga Kembang Sepatu

Jenis ini biasanya tidak bertangkai . Termasuk tanaman semak dengan tinggi 2-2,5 meter. Panjang daunnya 7-15 cm. Diameternya kira-kira 10 cm dengan warna putih dan krem.

5. Rose In Sharon

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini termasuk semak kuat, dapat mekar dalam waktu yang lama. Biasanya banyak dijumpai di Korea Selatan. Warnanya biasanya putih, ungu, dan biru. Panjang kelopaknya 7-15 cm. Tingginya bisa mencapai 2-5 meter.

6. Abelmosk

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini berasal dari India. Biasanya oleh masyarakat sekitar dipakai untuk campuran bahan parfum, bijinya untuk campuran kopi, tunasnya untuk dikonsumsi.

Biasanya dalam dunia medis jenis kembang sepatu dimanfaatkan untuk pengobataan alternatif homeopati untuk penyakit cystitis gonorrheal dan uretritis.

7. Giant Rose Mallow

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini biasanya didominasi warna merah muda. Sebagian kecil saja yang berwaarna putih. Kembang sepatu jenis ini bisa mekar terus menerus dari pertengahan musim panas sampai musim gugur.

8. Rose Mallow

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini adalah jenis semak abadi, biasanya mencapai ketinggian sampai 7 m. Warnanya biasanya pink dan semakin lama akan semakin pekat.

9. Checkered Hibiscus

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis kembang sepatu yang satu ini memiliki daun mengkilap dan berwarna hijau gelap. Warna bunganya biasanya pink, merah maroon, putih, dan krem. Diameter bunganya sekitar 10 cm. Kembang sepatu jenis ini biasanya cocok tumbuh di tanah kering.

10. Hibiscus Hawaii

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini adalah spesies asli Hawaii. Kelopaknya besar dan bewarna cerah. Jenis ini biasanya cepat tumbuh dan tahan lama.

11. Hibiscus Sabdariffa

 

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini adalah salah satu yang terfavorit di Indonesia. Biasanya jenis ini berwarna putih, pink, dan kuning.

12. Hibiscus Mutabilis

gambaran bunga kembang sepatu

 

Jenis ini mekar bertumpuk dan sangat cantik, daunnya biasanya berwarna hijau atau putih. Diameter bunganya berkisar 10-15 cm. Biasanya bunganya akan mekar pada musim panas ke musim dingin. Warna bunganya pink dan putih dan akan menjadi lebih pekat seiring dengan waktu. Kembang sepatu jenis ini cocok di daerah teduh dan di tanah kering.

13. Hibiscus Coccineus

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis kembang sepatu ini bisa mencapai ketinggian 2 meter. Bunganya berwarna merah dengan diameter 7-10 cm.

Jenis kembang sepatu ini sangat memerlukan sinar matahari dan tidak tahan terhadap cuaca dingin. Jangan lupa untuk memupuknya agar bunga ini tumbuh dengan sempurna.

14. Hibiscus Cannabius

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis tanaman ini biasanya mempunyai ukuran yang besar dan tunggal. Di pulau jawa banyak dibudidayakan oleh petani dengan diambil seratnya untuk digunakan sebagai rami. Jenis ini cocok ditanam di tanah kering, biasanya akan berbunga di musim semi dengan sinar matahari yang cukup.

15. Hibiscus Tiliaceus

gambaran bunga kembang sepatu

Jenis ini merupakan tanaman semak yang bisa mencapai ketinggian 3-6 meter. Biasanya kembang sepatu jenis ini berwarna kuning dengan inti berwarna merah. Daunnya berbentuk hati dan berwarna hijau tua.

Manfaat bunga kembang sepatu:

1. Menyembuhkan sakit kepala dan pusing-pusing

Kandungan nutrisi dari kembang sepatu dapat mengurangi sakit kepala. Caranya adalah dengan cara merebusnya dan membuatnya sebagai kompres.

2. Mengatasi penyakit gondokan

Rebus akar tanaman kembang sepatu, lalu pakailah airnya untuk kompres di bagian yang gondokan.

3. Mengatasi demam

Rebus akar tanaman kembang sepatu kemudian saringlah. Minumlah untuk meredakan demam yang tinggi.

4. Detox

Antioksidannya dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Kelopak bunganya dipercaya dapat mencegah kanker dan kolesterol darah.

5. Mengatasi Bronkitis

Manfaat lainnya adalah mampu mengatasi sakit bronkitis. Minuman herbal dari kembang sepatu jika rajin diminum dapat mengatasi bronkitis. Cara membuatnya adalah rebus bunga dan minumlah air hasil rebusan.

6. Membuat kulit sehat

Zat minyak yang terkandung dalam kembang sepatu bisa digunakan untuk perawatan wajah, berfungsi sebagai pembersih dan mengangkat sel kulit mati. Anti inflamasinya juga dapat mengatasi masalah jerawat.

7. Mengatasi penyakit Gonorrhea

Rebusan air bunga ini juga dapat mengobati penyakit Gonorrhea atau kencing nanah. Zat aktif dalam kembang sepatu dapat menyembuhkan penyakit ini.

8. Mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS)

Kandungan bunga sepatu yang menenangkan dapat meredakan gangguan PMS.

Demikian ulasan seputar gambaran bunga kembang sepatu, semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk informasi seputar tanaman yang lainnya kunjungi afuza.co.id

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here