Thursday, June 30, 2022
HomeFaunaHewan yang Hampir Punah

Hewan yang Hampir Punah

Hewan yang Hampir Punah – Hewan yang terancam punah dikenal sebagai “megafauna karismatik” karena beberapa alasan tertentu. Hewan-hewan yang terancam punah ini mengeluarkan kekuatan bintang.

Sebuah faktor yang dimanfaatkan oleh para konservasionis untuk mendanai proyek-proyek untuk melindungi mereka atau organisme lain yang berbagi ekosistem kompleks mereka.

Banyak orang jauh lebih mungkin untuk menyumbangkan uang untuk menyelamatkan panda yang menggemaskan atau harimau yang luar biasa daripada membuang beberapa shekel untuk melestarikan kadal cacing tanpa kaki atau kecoa Gerlach.

Berikut adalah beberapa Hewan yang Hampir Punah, yuk simak !!!

1. Orang Utan

hewan yang hampir punah

“Orangutan” berasal dari bahasa Malaysia untuk “orang dari hutan.” Meskipun secara morfologis mereka mungkin lebih menyerupai Muppet yang meleleh daripada manusia, kemampuan kognitif mereka yang canggih memang sangat manusiawi.

Seperti gorila dan simpanse, mereka dikenal menggunakan alat. Karena sebagian besar penebangan dan penangkapan untuk perdagangan hewan peliharaan eksotis, orangutan terbatas di pulau Kalimantan dan Sumatra di Asia Tenggara jumlahnya kurang dari 60.000 per-studi tahun 2004.

Berbeda seperti kera besar, orang utan biasanya lebih menyendiri atau hidup dalam kelompok kurang dari tiga, membuat mereka sulit untuk diketahui dan dipelajari.

Baca Juga : Alat Musik Tradisional Adalah

2. Gorila Beringei

hewan yang hampir punah

Terdapat dua spesies gorila, gorila timur sering disebut dengan nama Gorilla beringei dan barat yaitu, Gorilla gorilla. Terdapat juga tiga subspesies, gorila dataran rendah timur, dataran rendah barat, dan gunung.

Mungkin berjumlah sekitar 220.000 yang tersisa di hutan liar, perburuan habitat untuk dijadikan sebagai daging, piala, dan jimat telah mengalami kerugian besar di dunia.

Karena struktur sosial mereka begitu kompleks dan karena mereka bereproduksi secara lambat dengan betina hanya melahirkan paling lama empat tahun sekali pemecatan bahkan beberapa individu dari pasukan gorila dapat berdampak bencana pada kemampuannya untuk mempertahankan diri.

3. Hewan yang Hampir Punah Macan Tutul Salju (Panthera uncia)

hewan yang hampir punah

Meskipun disebut macan tutul dan tentu saja menyerupai versi buram dari habitat berbintik-bintik di daerah yang lebih khatulistiwa macan tutul salju sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan harimau, setidaknya menurut analisis genetik.

Mungkin kurang dari 6.500 yang tersisa di alam liar, meskipun karena daerah pegunungan terpencil yang disukai oleh spesies, dan sifatnya yang sulit dipahami, data sulit didapat. Populasi terbesar berada di Cina dan Mongolia, dengan populasi yang signifikan di India dan Kirgistan.

Mangsa alaminya termasuk domba biru dan ibex, tetapi di beberapa daerah, ia sangat bergantung pada hewan peliharaan. Perburuan masih merupakan ancaman utama bagi spesies ini, seperti halnya perburuan berlebihan terhadap spesies mangsa alaminya.

4. Panda Raksasa (Ailuropoda Melanoleuca)

hewan yang hampir punah

Semua orang menyukai panda? mereka sering dianggap sebagai hewan paling lucu yang pernah dibawa manusia ke ambang kepunahan. Dari boneka binatang hingga kekejian CGI yang dilatih seni bela diri, sepertinya kami tidak cukup puas dengan binatang bi-warna.

Cina, merupakan tempat populasi liar yang tersisa kurang dari 2.500 individu, sejak1980 akhir dan menggunakan perlindungan habitat yang lebih ketat dan perburuan telah berhenti.

Namun, status mereka saat ini masih lemah. Rentang mereka terfragmentasi dan mereka masih rentan terhadap penyakit, pemangsaan sesekali, dan kelaparan saat beberapa besar bambu yang mereka makan menyelesaikan siklus hidupnya dan mati.

5. Berang-berang Laut ( Enhydra lutris )

hewan yang hampir punah

Mantel tahan air mewah yang melindungi berang-berang laut dari perairan dingin yang mereka huni hampir menyebabkan kepunahannya. Sebuah target perdagangan bulu komersial, spesies ini hampir musnah, dengan hanya sekitar 2.000 dari sekitar 300.000 yang tersisa pada tahun 1911.

Pada tahun itu, larangan internasional atas perburuan komersial diberlakukan. Meskipun larangan itu, dengan langkah-langkah pengelolaan dan konservasi yang diambil setelah Undang-undang perlindungan mamalia laut 1972.

Undang-undang tersebut telah membantu populasi pulih ke mungkin sepertiga dari jumlah sebelumnya. Mereka sangat rentan terhadap fenomena alam seperti pemangsaan paus pembunuh dan faktor antropogenik seperti tumpahan minyak.

Nah, itulah beberapa contoh 5 hewan yang hampir punah, semoga setelah membaca artikel ini anda bisa menambah wawasan pembelajaran. Terima kasih, sudah berkunjung ke website kami.

Pencarian terkait:

  • photo voucher telkomsel isi 100
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments