Inspirasi Hiasan Dinding Kelas TK Paud

0
328
Hiasan dinding kelas Tk Paud
Advertisement

Inspirasi Hiasan Dinding TK Paud– Dekorasi ruangan kelas TK atau Paud biasanya identik dengan suasana penuh dengan warna, dilengkapi dengan berbagai bentuk dan gambar yang lucu dan menarik bahkan juga bisa membuat dengan hasil karya anak yang bisa dipajang di dinding pertemuan atau ruang kelas.

Bukan tanpa alasan, bahwa menghiasi ruangan kelas penuh dengan berbagai warna-warni yang memang di buat sengaja di lakukan untuk dunia anak-anak karena memang harus diisi dengan suasana belajar yang menyenangkan,dengan penuh permainan, dan tidak kaku seperti tingkat pendidikan formal yang lebih tinggi.

Advertisement

Selain dekorasi ruangan kelas untuk bisa menarik perhatian anak-anak TK atau Paud supaya anak menjadi lebih penasaran dan bisa aktif dalam materi yang diberikan di kelas. Membuat dekorasi ruang kelas anak-anak TK atau Paud dengan suasana yang lebih ceria dari estetika, tetapi juga ada nilai edukasinya.

Untuk lebih jelas tentang menghias ruangan kelas TK atau Paud yang baik tapi masih menarik dan menyenangkan, berikut adalah beberapa contoh hiasan dinding ruangan kelas TK atau Paud yang bisa menjadi referensi Anda.

Dekorasi Hiasan Dinding Kelas TK dan PAUD

1.  Memajang wall of fame
Hiasan Dinding Kelas TK Paud

Anak-anak usia TK adalah anak-anak dengan tingkat mental yang cukup rapuh dan sensitif,apabila salah dalam memberikan stimulasi sehingga akan terbawa sampai dewas nanti. Salah satu yang menjadi perdebatan pendidikan anak tingkat ini adalah pertama dalam ahli pendidikan anak tingkat ini adalah dengan menampilkan nama-nama siswa yang berprestasi di kelas.

Daripada hanya memajang nama beberapa anak, mengapa tidak memajang nama semua anak-anak kelas ? Karena pada kenyataan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan dan bakat masing-masing, hal ini tentunya tidak adil hanya menampilkan nama anak tertentu hanya karena memiliki nilai terbaik di kelas. Untuk membuat wall of fame yang berisi nama-nama semua anak di kelas, setiap anak bisa merasa bahawa dirinya meras penting dan bersama dengan yang lainnya.

2. Dekorasi pintu kelasHiasan Dinding Kelas TK Paud

Pintu kelas adalah hal pertama yang akan anak-anak lihat sebelum memasuki ruang kelas, untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan mengundang siswa untuk semangat saat memasuki dalam ruangan kelas adalah membuat strategi dekorasi ruangan anak TK yang cukup efektif. Tidak hanya dihiasi atau dengan tempelan-tempelan DIY, dekorasi pintu kelas juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk memasang kata-kata ungkapan atau gambar yang bisa menjadi ekspresi bagi anak-anak.

3. Materi belajar yang dipajang di dindingHiasan Dinding Kelas TK Paud

Dekorasi dinding kelas TK dari kertas lebih banyak terdapat dalam ruangan kelas hampir semua sekolah untuk anak usia TK memuat berbagai isi materi belajar . Misal seperti huruf-huruf alfabet, peta dunia, nama-nama hewan, huruf,hijaiyah dan sebagainya. Karena ini adalah materi belajar yang dimaksudkan untuk membuat anak-anak tertarik untuk melihat dan memahami isi dari hiasan dinding tersebut.

Oleh karena itu buatlah hiasan kertas ini dengan cara yang lebih menarik, dengan menggunakan banyak warna dapat merangsang visual anak. Seperti ditunjukkan dalam contoh gambar di mana surat-surat dari pohon alfabet tidak berada dalam urutan. Guru bisa memberikan anak-anak kuis untuk menemukan huruf tertentu dengan cara untuk membuat anak-anak tidak hanya mnegahfal huruf abjad tetapi juga lebih kenal dengan bentuknya,bisa juga dengan mengambar sesuai denga kreatifitas anak.

4. Bermain dengan variasi jenis font Hiasan Dinding Kelas TK Paud

Ruang kelas yang digunakan untuk anak-anak kelas TK ataupun Paud tentunya kurang pas jika jenis yang dipasang menggunakan font yang mempunyai kesan formal dan terlalu serius. Anak-anak usia TK juga masih dalam tahap belajar membaca dan mengenal bentuk huruf sehingga memasang hiasan dengan jenis font yang sulit di baca misalnya seperti huruf bersambung akan menyulitkan anak untuk membaca tulisan.

Contoh pemilihan font pada gambar yang sesuai dengan jenis yang cocok dengan kesan anak-anak yang innocent dan playful. Permainan huruf besar dan huruf kecil yang memberikan kesan yang lebih unik namun tetap mudah untuk dibaca. Memberikan motif berupa tulisan besar untuk bisa mengisi dinding dengan dekorasi yang menarik, tapi tidak berlebihan, sehingga tidak semua lapisan dinding harus diisi dengan gambar.

5. Dekorasi ruang kelas yang tematikHiasan Dinding Kelas TK Paud

Dekorasi ruang kelas untuk taman anak-anak cenderung lebih mudah jika subjek sudah di tentutakn terlebih dahulu. Ketika subjek ditentukan, maka Anda dapat membuat dekorasi dan ornamen yang sesuai dengan topik yang diinginkan.

Misalnya, untuk membuat dekorasi ruang kelas dengan tema laut atau dunia bawah laut, maka dekorasi yang dapat diberikan adalah untuk membuat hiasan kertas dari berbagai jenis makhluk yang hidup di laut, dengan bentuk ikan warna warni dan dengan warna nuansa biru yang lebih dominan.

Untuk membuat rumput laut yang biasanya menjuntai di laut bisa menggunakan kertas krep hijau yang bisa di pasang di sudut ruangan. Anda juga bisa mengambil bentuk dekorasi ubur-ubur untuk menghias atap sehingga ketika anak memasuki kelas, seperti masuk ke dalam akuarium.

6. Pemilihan warna yang pas Hiasan Dinding Kelas TK Paud

Nuansa warna pada kelas akan sangat mempengaruhi lingkungan belajar. Terlalu sedikit variasi warna juga akan terlihat membosankan bagi anak-anak. Namun terlalu banyak juga bisa membuat anak sulit untuk fokus belajar karena terlalu banyak elemen yang di masukkan ke dalam kelas sehingga anak-anak mudah teralihkan perhatiannya dari satu hal ke hal yang lainnya.

Pilih warna-warna yang dapat memberikan efek tertentu pada mata manusia, misalnya, warna biru dapat memberikan efek menenangkan dan menghaluskan, efek berwarna putih atau putih gading bisa menjadi white space atau menjadi area yang netral dalam ruangan yang penuh dengan dekorasi. Warna hijau dan kuning juga merupakan warna yang populer digunakan untuk menghiasi ruang kelas anak TK.

7. Jadwal kelas warna warni

 

 

Hiasan Dinding Kelas TK Paud

Hiasan dinding kelas TK yang terbuat dari kertas yang juga bisa berfungsi untuk mengajarkan anak-anak mengenai tentang konsep waktu adalah dengan membuat jadwal kelas dengan buatan sendiri . Memasang jadwal kelas setiap hari bisa membuat anak-anak lebih menyadari konsep waktu dan konsep kedisiplinan dalam mengerjakan tugas.

Ada waktu-waktu tertentu di mana anak-anak bisa membaca buku favoritnya, ada saat-saat mereka harus mengikuti dalam kelas olahraga, ada juga saat-saat ketika mereka bisa menyanyi sekeras mungkin bersma dengan teman-temannya, dan sebagainya.

Ketika ada anak-anak yang berperilaku di luar jadwal kegiatan kelas, guru dapat meminta anak untuk melihat tabel di jadwal yang sudah di buat kelas dan mengatakan bahwa itu bukan waktu untuk melakukan kegiatan yang seharusnya tidak di lakukan. Jadwal kelas dapat di letakan di dekat jam dinding di kelas sehingga anak-anak dapat melihat jadwal dan perkiraan waktu dengan lebih mudah.

Beberapa inspirasi berbagai macam contoh dekorasi TK atau Paud yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat ruang kelas menjadi lebih menarik,tetapi tidak membuat anak kehilangan perhatian utamanya. Dari berbagai contoh dan elemen dekoratif di atas, ada beberapa hal penting yang dapat dipertimbangkan, yaitu:

  • Pemilihan warna dapat bervariasi tetapi jangan terlalu banyak.
  • Setiap dekorasi dapat membuat menarik perhatian anak dan cara membuatnya bisa melibatkan anak agar mereka juga dapat mempunyai rasa memiliki.
  • Membuat dekorasi bisa menggunakan bahan daur ulang,karena juga dapat mengajarkan anak untuk lebih memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak di gunakan untuk menjadi bahan baru atau menjadi kreasi baru.
  • Dekorasi tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan, tetapi juga bisa menjadi pendidikan moral untuk anak-anak dengan cara yang mudah dimengerti dan lebih dekat dengan dunia anak.

Itulah beberapa inspirasi hiasan dinding untuk dinding ruangan kelas TK Paud, Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here