Jaringan Seluler Tidak Tersedia Xiaomi

0
90
jaringan seluler tidak tersedia xiaomi
Advertisement

Jaringan Seluler Tidak Tersedia Xiaomi – Apakah Anda pernah mengalami jaringan smartphone Xiaomi Anda yang tidak tersedia? Masalah ini sangat berkaitan dengan sinyal. Sebab, apabila sinyal lemah atau bahkan hilang, umumnya memang akan muncul pesan “jaringan seluler tidak tersedia”.

Hal ini pun tidak terjadi hanya pada smartphone Xiaomi saja, namun dapat juga terjadi pada segala merek smartphone seperti Samsung, Vivo, Oppo, Meizu, hingga iPhone.

Advertisement

Masalah yang kerap terjadi yaitu jika terhubung Wifi atau hotspot dapat muncul sinyal, namun ketika digunakan untuk cek pulsa atau untuk menelpon akan muncul jaringan tidak tersedia. Dan apabila Wifi mati atau sudah tidak terhubung, sinyal akan kembali hilang.

Beberapa pengguna smartphone Xiaomi mengeluhkan masalah jaringan tidak tersedia ini. Sebenarnya terdapat dua kemungkinan, yaitu kemungkinan kerusakan pada hardware atau chip penangkap sinyalnya, dan dapat juga pada software atau sistem penangkap sinyalnya.

Sebelum mengulas mengenai penyebabnya, pastikan bahwa kartu yang Anda gunakan sekarang ini terdapat sinyal dari provider, dan memang smartphone yang tidak muncul sinyal, bukan kartunya. Sebab, bisa saja terjadi :

      • Provider sedang gangguan: Biasanya jika sedang gangguan, sinyal akan hilang, dan menyebabkan kartu SIM menjadi tidak tersedia. Terkadang pada keadaan tertentu seperti hujan lebat atau cuaca yang buruk.
      • Sinyal lemah: Karena tempat Anda berada sekarang ini tidak memperoleh sinyal yang cukup.

Nah, apabila sudah dipastikan, misalnya dengan melihat smartphone teman yang memakai kartu atau provider yang sama namun tidak bermasalah, berarti kemungkinan masalahnya terdapat di smartphone Xiaomi Anda.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jaringan seluler tidak tersedia Xiaomi. Apa saja itu? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah afuza.co.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia Xiaomi

jaringan seluler tidak tersedia xiaomiSumber: https://www.xataka.com

1. Update MIUI

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu melakukan update atau pembaharuan sistem dari MIUI. Apabila terdapat update pembaharuan, biasanya banyak sekali pengguna smartphone yang mengabaikan.

Sehingga, pada saat ada sistem yang bermasalah, banyak yang tidak tahu masalahnya, seperti jaringan seluler yang tidak muncul di smartphone Xiaomi ini. Padahal, salah satu penyebab masalah tersebut adalah karena pengguna tidak melakukan update software.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan update:

      • Pertama, masuk ke menu Pengaturan.
      • Setelah itu, scroll ke bawah dan pilih Tentang Ponsel.
      • Selanjutnya, klik Pembaharuan Perangkat lunak.
      • Setelah masuk, pilihlah Perbaharui Sistem.

Untuk melakukan pembaharuan, Anda harus memastikan bahwa baterai Anda cukup. Dikarenakan file lumayan besar, maka Anda juga memerlukan koneksi Wifi yang bagus.

Karena letak masalahnya terdapat pada sinyal, maka Anda perlu menggunakan jaringan wifi untuk terkoneksi internet.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Glance di Xiaomi

Sumber: https://www.leskompi.com

2. Jaringan Manual

Coba untuk melakukan pengujian pengaturan jaringan, dan pastikan pengaturannya otomatis bukan manual. Apabila pengaturannya manual, maka ubahlah menjadi otomatis supaya smartphone segera mencari sinyal secara otomatis.

Berikut ini adalah cara mengganti pengaturan jaringan manual ke otomatis:

      • Pertama, buka menu Setelan.
      • Lalu masuk ke menu Kartu SIM.
      • Pilihlah jenis SIM yang digunakan (jika dual sim).
      • Setelah itu, masuk ke pengaturan Operator Jaringan, lalu pilih opsi Otomatis.

Sumber: https://object.ahsancloud.com

3. Test Jaringan

Setelah sebelumnya Anda telah memastikan bahwa provider tidak bermasalah, Anda juga dapat melakukan panangkapan jaringan supaya dapat mencari secara manual. Caranya, yaitu:

      • Pertama, ketik *#*#4636#*#* pada papan menu telepon.
      • Selanjutnya, masuk ke menu Informasi Telepon. JIka Dual SIM terdapat lebih dari satu, tes saja.
      • Lalu ubah Jaringan menjadi 3G > 4G. Lakukan bolak-balik untuk memancing penangkapan sinyal.

Baca Juga: Layar Mati Saat Telepon Xiaomi?

jaringan seluler tidak tersedia xiaomiSumber: https://sekolahnesia.com

4. Reset Factory

Apabila beberapa metode diatas masih belum mengatasi masalah Anda, maka ada baiknya Anda mencoba melakukan reset pengaturan awal melalui Setelan > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.

Sumber: https://www.androidmau.com

5. Kerusakan Komponen Hardware

Nah, apabila masalahnya terdapat pada komponen hardware-nya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Apabila Anda tidak berpengalaman dalam mengganti komponen, maka sebaiknya Anda menghubungi service center atau teknisi smartphone terdekat untuk konsultasi.

Namun, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi referensi kerusakannya. Besar kemungkinan IC PA (Integrated Cisrcuit Power Amplifier) atau IC RF (Radio Frekwensi). Penyebab IC power amplifier smartphone Android rusak yaitu akibat kebiasaan-kebiasaan buruk dari penggunanya.

Misalnya, seperti smartphone kerap memakai smartphone sampai suhunya tinggi atau panas berlebih, kerap terjatuh atau terbentur benda keras, terlalu lama melakukan panggilan telepon, terlalu sering gonta ganti kartu SIM Card, dan kerap charging lama dan tidak dicopot ketika sudah penuh.

Untuk menjalankan penggantian IC, Anda perlu memahami skema jalurnya. Apabila Anda belum berpengalaman, maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan pakar teknisi smartphone terdekat.

Itulah beberapa metode untuk mengatasi jaringan seluler yang tidak muncul pada Xiaomi yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Semoga ulasan artikel diatas dapat memberikan referensi yang sesuai dengan keperluan masalah Anda.

Baca Juga: APK Penguat Sinyal Xiaomi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here