Jenis Kopi Hitam

Jenis Kopi Hitam

Jenis Kopi Hitam – Tidak sedikit orang yang beranggapan jika kopi hitam pada dasarnya hanyalah minuman dengan satu menu. Faktanya, meskipun warna tampak terlihat sama, tetapi nama dan rasa bisa jadi berbeda. Sementara itu hampir setiap orang mungkin pernah mencicipi ini.Apalagi masyarakat Indonesia sudah sejak dahulu kala dikenal sebagai penghasil dan peminum yang patut diperhatikan di tingkat internasional.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai jenis-jenis kopi hitam yang ada dan wajib kamu coba, berikut adalah daftar lengkapnya!

Kopi Tubruk

Jenis Kopi Hitam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kopi, kebiasaan minum kopi ini melahirkan salah satu jenis kopi hitam bernama kopi tubruk. Apakah perbedaan kopi tubruk dengan kopi yang lainnya?

Selain cara penyajiannya yang bisa dibilang tradisional, cara menikmatinya biasanya dengan mengikutkan ampas kopinya. Kopi tubruk ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan kopi bubuk yang sudah digiling halus atau medium sesuai selera.

Setelah itu, baru disiram menggunakan air panas mendidih. Untuk menikmatinya, beberapa orang suka mengaduk lalu mendiamkannya sebentar supaya ampasnya tenggelam ke dasar cangkir. Setelah itu kopi tubruk bisa di sajikan dengan pisang goreng hangat.

Baca Juga : Tips Menyangrai Biji Kopi

Espresso

Jenis Kopi Hitam

Siapa yang tidak kenal dengan kopi hitam ini? Espresso merupakan base dari hampir semua menu kopi yang ada. Rasanya yang beraneka macam ini tergantung biji kopinya dengan cream tebal yang ditawarkan merupakan salah satu jenis kopi yang wajib Anda coba.

Perlu diketahui bahwa Espresso yang disiapkan dengan baik mempunyai rasa manis, halus, dan lembut, dengan sedikit rasa pahit yang menyenangkan. Kesalahpahaman tentang espresso ialah bahwa kopi hitam ini terbuat dari jenis biji kopi tertentu atau espresso adalah label untuk teknik roasting tertentu.

Kenyataannya, definisi Espresso tidak berhubungan dengan asal atau jenis biji kopi serta teknik roasting. Adapun yang membedakan Espresso dari kopi lainnya adalah proses pembuatannya.

Kopi Hitam Doppio

Di Seattle pada tahun 1980-an diperkenalkan salah satu jenis kopi hitam bernama Doppio. Menu kopi Doppio ini pada dasarnya sama dengan Espresso yang dibuat dalam bentuk ukuran dua kali lipat. Contohnya, Doppio dengan bubuk kopi 16 gram mampu menghasilkan kurang lebih 55 gram kopi atau 2 gelas cangkir untuk dinikmati.

Americano

Jenis Kopi Hitam

Salah satu jenis kopi hitam turunan dari Espresso ialah Americano. Tidak sedikit pencinta kopi yang menyebutkan jika Americano merupakan versi encer dari Espresso. Dikarenakan Americano hadir sebagai percampuran antara Espresso dengan air panas, untuk rasa yang lebih segar tidak jarang pencinta kopi menambahkan es batu, sehingga terciptalah Iced Americano sebagai salah satu jenis kopi hitam.

Istilah Americano sendiri berasal dari bahasa Italia saat Perang Dunia II. Konon, waktu itu tentara Amerika tidak menyukai intensitas Espresso yang disajikan di kafe Italia, sebagai solusi mereka menambahkan air ke dalam Espresso.

Long Black

Tidak jauh berbeda dengan Americano, ada satu lagi jenis kopi hitam yang bisa Anda coba, yakni Long Black. Masih menggunakan Espresso sebagai based, menu kopi yang satu ini dibuat dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu dan setelah itu dituangkan Espresso ke dalamnya.

Nah, itulah beberapa daftar kopi hitam yang wajib Anda coba, semoga bermanfaat 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *