Jenis Kopi Robusta Terbaik

Jenis Kopi Robusta Terbaik

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kopi robusta tidak asing lagi bagi penikmat kopi. Minuman hitam yang beraroma khas dan cita rasa sedikit pahit ini, meninggalkan bekas di lidah yang tak terlupakan. Membuat seseorang yang menyicipinya terbuai nikmat. Bagi kamu yang belum tahu, yuk kita simak bersama di bawah ini, ya!

Di dunia perkopian, Indonesia tak hanya terkenal dengan jenis kopi arabika saja, namun jenis kopi robusta pun ikut menonjol. Jenis kopi robusta yang terbaik di Indonesia ini menjadi kopi terlaris kedua di dunia setelah kopi arabika. Jadi tidak salah kalau kita patut berbangga.

Robusta diambil dari nama robust yang berarti kuat, dan merupakan turunan dari kopi berjenis Coffee Canephora. Kopi robusta ini bisa tumbuh di dataran rendah dengan lokasi ketinggian 400-800 mdpl, untuk membudidayakan tanaman kopi tersebut. Sedangkan suhu terbaik untuk membudidayakan kopi ini adalah sekitar 24-30̊ c dengan curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun.

Selain itu, tanaman kopi ini cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Biasanya, kopi robusta ini akan berbuah ketika umur 2 sampai 5 tahun. Untuk menghasilkan buah yang baik, setidaknya tanaman ini membutuhkan waktu kering 3 sampai 4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan.

Di Indonesia pun banyak daerah yang berpotensi sebagai penghasil biji kopi terbaik. Setiap jenis kopi robusta yang terbaik di Indonesia ini biasanya juga digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti cappuccino, cafe latte dan macchiato. Sehingga banyak anak muda yang menggemari kopi robusta ini.

Jenis Kopi Robusta terbaik di Indonesia

1. Kopi Robusta Lampung

Jenis Kopi Robusta Terbaik

Kopi robusta terbaik di Indonesia yang terkenal ke mancanegara adalah kopi robusta asal Lampung, Sumatera Barat. Kopi robusta Lampung ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 600 mdpl dan kondisi tanah yang subur serta letak geografis yang bagus. Sebab itu kopi robusta Lampung memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan kopi robusta yang lainnya.

Jenis kopi robusta lampung ini sudah terkenal hingga mancanegara dan juga menjadi penyumbang ekspor terbesar di Indonesia. Kopi ini mempunyai aroma yang unik, mirip rempah-rempah dan rasa coklat. Jika kamu mencari kopi berkualitas, wajib banget cicipi kopi robusta ini. Kopi robusta lampung ini sangat nikmat jika disajikan dalam wujud kopi tubruk ataupun espresso .

Kopi robusta lampung ini memiliki tekstur yang halus dan lembut meski dominan pahit, tetapi kopi ini mengandung keasaman yang cukup ideal dan aman untuk dikonsumsi.

2. Kopi Robusta Jawa

Jenis Kopi Robusta Terbaik

Kopi robusta terbaik di Indonesia ini juga ada berasal dari pulau jawa. Tak kalah pamor dari jenis kopi robusta lampung, kopi robusta jawa ini juga sampai ke beberapa negara di dunia. Akan tetapi, penikmat kopi lebih ini mengenalnya dengan nama Java Robusta atau Java Mocha. Salah satu daerah penghasil kopi robusta Jawa yang terpopuler adalah Temanggung. Daerah ini merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah yang dikenal memiliki tanah yang subur, sehingga sangat cocok untuk membudidayakan tanaman kopi di daerah ini. Kalau kamu termasuk penikmat kopi ringan, maka kopi robusta Jawa bisa jadi pilihannya.

Java Robusta mempunyai karakteristik beraroma tipis rempah dengan kekentalan dan keasaman medium dan rasa yang seimbang, sehingga cocok dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk Anda yang pemula.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Kopi Robusta

3. Robusta Dampit Malang

Selain Java Robusta yang terkenal, ada kopi dari Dampit Malang yang termasuk dalam jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Sudah sejak lama Dampit menjadi pusat pengepulan komoditas pertanian dari beberapa kecamatan di Malang Selatan. Pemerintah Hindia Belanda ialah yang awalnya membuka sentra penampungan berbagai komoditas pertanian di Dampit untuk memudahkan sistem dagang mereka saat itu.

Perkebunan Kopi Robusta Dampit terletak di kaki Gunung Semeru yang termasuk sebagai kawasan dataran tinggi Tengger. Dengan ketinggian 900mdpl yang merupakan salah satu syarat penanaman kopi unggulan. Di luar negeri terutama di Eropa, kopi Dampit ini sangat terkenal, terutama jenis kopi Robusta. Kopi Robusta asal Dampit dianggap memiliki rasa yang special dan berbekas.

Kopi robusta Dampit di proses dengan metode kering atau disebut dry process. Setelah di sangrai aroma bisa tercium, terutama dalam proses penggilingan akan tercium aroma karamel serta manisnya khas roti yang baru matang. Aroma milk chocolate serta karamel ditambah dengan wangi khas kopi yang harum sekali saat disajikan sebagai coffee drip. Saat diminum akan terasa full body (kekentalan yang penuh) ditambahkan dengan acidity yang rendah sehingga sensasi akhir rasa karamel dan sedikit aroma earthy yang terasa dan tercium cukup lama.

Kamu juga bisa menambahkan susu kental manis, dan akan muncul aroma milk chocolate yang semakin menjadi gurih dan meninggalkan aftertaste karamel yang cukup lama. Tak salah jika tempat asal kopi Dampit ini bertahun-bertahun menempati posisi pertama sebagai penghasil kopi terbesar di Jawa Timur dan sangat laris di negara-negara pada benua Eropa.

4. Robusta Pupuan Bali Tabanan

Kamu bisa mencicipi kopi robusta Pupuan Bali Tabanan, yang merupakan kopi robusta terbaik juga di Indonesia. Kopi ini memilki rasa yang unik serta beraroma wangi cokelat nan menggoda. Rasanya cenderung tidak terlalu pahit, dikarenakan biji kopi ini tumbuh di atas ketinggian 400-700 mdpl, ditambah cuacanya yang sejuk. Serta dengan metode tumpang sari dengan tanaman kakao (cokelat). Belakangan ini, cita rasa kopi dari Pulau Dewata terus dikembangkan, dikarenakkan orang banyak mengenal kopi arabika Kintamani yang telah mendunia. Sebagian mungkin belum mengenal kopi yang ditanam di daerah Pupuan oleh petani lokal ini.

Para ahli cita rasa kopi menyebutkan kopi Robusta Pupuan asal Bali mempunyai cita rasa yang khas coklat. Kopi rasa coklat ini karena faktor cara tanam dan lingkungan sekitarnya. Kopi Robusta Pupuan pun pernah memenangkan 3 kali juara untuk tingkat nasional dan 2 kali juara untuk tingkat internasional. Negara Taiwan dan Italia menjadi pelanggan terbanyak untuk kopi robusta pupuan khas Bali ini.

5. Kopi Robusta Flores

Selanjutnya kopi robusta terbaik di Indonesia ini berasal dari provinsi Flores. Flores terkenal dengan penghasil kopi ternikmat selain jenis kopi arabika. Tidak salah jika kopi robusta asal flores ini sudah sangat terkenal di luar negeri, seperti negera-negara di Eropa.

Kopi ini mempunyai taste yang terbaik diantaranya adalah cereal, wheat, nutty dan good body. Kopi robusta Flores banyak juga dijual atau dijadikan bahan pembuatan kopi di berbagai kafe dan coffee shop. Rasa kopi yang unik dan khas membuatnya memiliki banyak penggemar setia.

6. Kopi Robusta Toraja

Jenis Kopi Robusta Terbaik Walaupun terkenal dengan kopi arabika, namun masyarakat Toraja Sulawesi Selatan ini juga memproduksi kopi robusta yang tak kalah nikmat. Robusta Toraja juga terkenal dengan aroma yang harum dan rasa yang khas. Kopi Robusta Toraja mengandung kafein lebih tinggi dengan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga rasanya pahit dengan aroma rempah.

Karena rasanya yang pahit tidak heran apabila kopi jenis ini seringkali digunakan dalam membuat kopi instan espresso bahan campuran kopi lainnya untuk menguatkan cita rasa. Baik jenis kopi robusta dan arabika Toraja sangat menggoda bagi siapapun yang ingin mencicipinya.

Nah, itulah beberapa jenis kopi robusta terbaik di Indonesia yang terkenal dengan cita rasa masing-masing yang khas. Kita patut berbangga, sebab Indonesia dapat mengekspor kopi  unggulan di beberapa negara besar di dunia. Begitupun tak lepas dari peran dan kerja keras dari petani lokal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *