Thursday, June 30, 2022
HomePengetahuanKecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi – Kecapi adalah alat musik tradisional yang berasal Jawa Sunda Barat yang dimainkan oleh anggaran untuk mewarnai seni musik di tanah Sunda.

Tidak banyak orang tahu apa yang dimaksud dengan gambus kebanyakan orang mungkin tahu bahwa harpa adalah buah, bukan alat musik.

Meskipun kecapi adalah lama. Jadi mari kita mempertimbangkan sejarah alat musik gesek dan teknik bermain yang berkaitan erat dengan Budaya Sunda, Jawa Barat.

Sebelum membahas Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi lebih dahulu kita mempelajari beberapa hal tentang kecapi dibawah ini .

Sejarah Alat Musik Tradisional Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional yang telah dikenal selama berabad-abad tahun. Dari kecapi berasal dari Cina, yang memiliki nama lain Ghuzeng.

Dan kecapi biasanya digunakan untuk mengiringi musik dengan suara lembut dan sedih. Kecapi cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang ditemukan di Jawa Barat. Lebih dikenal berasal dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

Sejarah alat musik gesek juga merujuk ke pabrik Sentul, di mana diyakini bahwa kayu dapat digunakan untuk membuat alat musik gesek.

Dalam Sunda kecapi sendiri digunakan sebagai instrumen utama dalam lagu atau mamaos Sunda Cianjuran dan kecapi dan suling.

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Bahan Pembuatan Alat Musik Tradisional Kecapi

Meskipun ini tampaknya instrumen sederhana, namun proses manufaktur tidak sesederhana itu. kayu yang digunakan sebagai kayu bahan dasarnya berasal Kenanga.

Kayu sebelum digunakan pertama harus direndam selama 3 bulan untuk membentuk pada harpa yang diperlukan.

Rantai yang digunakan adalah baik kawat tali sembarangan. Alih-alih kawat-jenis Suasa (logam yang terkandung campuran emas dan tembaga) untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus.

Namun, saat ini senar harpa terbuat dari kawat baja karena tingginya harga kawat Suasa.

Baca Juga : Cat Kamar Tidur Keren untuk Inspirasimu. Check It!

Bentuk dari Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Ternyata kecapi tidak hanya memilih satu jenis bentuk, ada dua jenis alat yaitu Kecapi Perahu dan Kecapi Sitar.

Kecapi Perahu

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Parahu bentuk kapal di kecapi umum, kecapi melakukan ini dalam proses panjang yaitu 3 bulan dan lubang resonansi berada di bawah untuk memungkinkan suara keluar lebih jelas.

Pada jaman dahulu kecapi Parahu dibuat langsung dari potongan-potongan kayu untuk mengukir jalan mereka.

Kecapi Sitar

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
djarumcoklat.com

Kecapi sitar adalah bentuk sederhana dari kecapi Parahu, biasanya bagian atas dan bagian bawah trapesium datar, dan ada lubang untuk beresonansi.

Shape tool kecapi yang cocok disandingkan dengan seruling Sunda yang terbuat dari bambu, alunan dua instrumen ini menghasilkan merdu dan harmoni yang indah Sunda.

Kecapi Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi

Cara bermain harpa dan kecapi kecapi Parahu yang sama, yaitu dengan mencabut. kecapi suling adalah nama untuk perangkat Sunda waditra di hampir semua bidang Tatar Sunda. Waditra terdiri dari dua jenis seruling dan kecapi.

Meskipun sering digunakan sebagai kecapi instumental, kecapi juga dapat digunakan untuk mengiringi juru sekarang biasanya mengambil lagu-lagu yang Rampak Sekar Sekar atau Anggara.

Teknik Memainkan Alat Musik Kecapi

Bagaimana gambus yaitu dengan menggunakan jari-jari dipetik baik gambus dan kecapi sitar bermain Parahu.

Tetapi dalam permainan Anda harus menggunakan teknik yang suara yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan enak didengar.

Jika Anda ingin memainkan alat musik untuk menguasai teknik bermain harpa, untuk menghasilkan melodi yang indah.

Ada tiga teknik memainkan kebutuhan alat musik gesek tahu sebelum bermain:

1. Teknik Jambret

Teknik Jambret, suara unik untuk kejahatan tersebut. Tapi jangan khawatir ini bukan teknik diajarkan untuk melakukan tindak pidana pula.

Ini adalah teknik yang dilakukan dengan menggerakkan jari-jari ibu jari tangan kanan, jari tengah dan nada ketiga indeks rantai jari terdengar saat yang sama.

Dan dengan dua jari tangan kiri, ibu jari dan telunjuk untuk menekan senar sebagai nada tanpa bahan pengisi.

Dikenal dalam bidang untuk posisi jambret juga terlihat seperti tangan bermain kecapi ingin ambil.

Teknik ini umumnya digunakan pada saat itu untuk mengiringi lagu atau lagu dengan tempo cepat harus berhati-hati untuk bermain karena jika sedikit berbeda maka nada yang dihasilkan.

2. Teknik Sintreuk Toel

Memainkan alat musik gesek dengan teknik ini teknik Toel sintreuk mencukur kecapi melalui menjentikkan jari dari senar kecapi menggunakan ujung jari telunjuk tangan kanan dan tangan kiri.

Teknik ini seperti menjadi mentel atau seseorang dorong. Tangan kiri dan tangan kanan harus memiliki peran yang sangat penting.

Hal ini disebabkan kebutuhan untuk pasokan menyelaraskan dan kecepatan nada seluruh lagu atau lagu saat diputar menggunakan kedua jari telunjuk tangan masing-masing.

Dalam teknik ini harus menempatkan ditekuk jari telunjuk di bawah kecapi tali, dan pindah nya instrumen player atau mentoel string dengan jari telunjuk untuk menghasilkan suara nada yang diinginkan.

Teknik seperti ini biasanya digunakan untuk menghasilkan nada gelombang suara melodi.

3. Teknik Dijeungkalan

Dalam teknik ini posisi pemain musik Leans instrumen tubuh lebih ke arah depan dan posisinya hampir mirip dengan teknik di jambret. Satu-satunya perbedaan adalah posisi pemain.

Jari-jari tangan kanan secara bersamaan memainkan 3 string nada, sedangkan jari-jari kiri memetik senar dan bermain dengan bebas catatan.

Notasi yang Ada Di Alat Musik Kecapi
Alat musik kecapi KecapiDalam ya Sonda memiliki lima skala (pentatonis) yang umum digunakan, yaitu Da Mi, Na, Ti, dan kontras dengan instrumen skala lain yang digunakan untuk membuat, Re, Mi, Fa, Jadi, La, Si dan lakukan.

Notasi yang digunakan saat bermain instrumen string adalah notasi Degung. notasi gamelan adalah notasi yang merupakan bagian dari sebuah sistem yang disebut sistem pelog heptachordal.

Fungsi dari Alat Musik Kecapi

Alat musik gesek juga memiliki dua fungsi, melayani sebagai master kecapi / kecapi indung telur dan rincik / anak. Untuk review lengkap Anda dapat dilihat di bawah ini:

1. Peran Orang Tua / Goon

Arti dari fungsi ovarium adalah alat musik gesek menyandang iringan musik yang dilakukan dengan memberikan perkenalan, jembatan, selingan, dan juga memberikan tempo lagu sambil memainkan lagu. Dalam kecapi indung telur ini juga memiliki sekitar 18 atau 20 string yang tentunya jauh lebih besar daripada anak kecapi.

2. Fungsi Kecapi Rincik

Sedangkan fungsi dari kecapi rincik sendiri untuk iringan anak untuk mengisi ruang antara nada dengan frekuensi yang lebih tinggi, terutama dalam arasemen msuik di seruling atau kecapi Sekar Penambih. Ini ukuran yang lebih kecil dan kurang Lute string ovarium kecapi, semua hanya 15 string.

Sejauh alat musik gesek masih banyak digunakan untuk mengisi acara perayaan. Perayaan, terutama pernikahan atau acara lainnya sebagai penghibur dengan disertai lagu lagu.

Lagu-lagu yang dinyanyikan tidak hanya lagu-lagu Sunda yang dimainkan. Arpa juga mampu mengiringi lagu-lagu pop, dangdut dan lagu-lagu lainnya.

Bahkan kecapi dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, jadi bisa tahu lebih banyak tentang sejarah teknik kecapi dan bermain. Ini mungkin berguna dan tertarik untuk belajar memainkan alat musik gesek untuk melestarikan alat musik tradisional yang berasal dari Sunda

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments