web hit counter
Kisah Aladdin dan Lampu Ajaib

Kisah Aladdin dan Lampu Ajaib

Aladdin dan Lampu Ajaib

Kisah Aladin dan Lampu Ajaib

Kisah Aladdin dan Lampu Ajaib– Diambil dari cerita Seribu Satu Malam, kisah Aladdin dan lampu ajaib sudah tertanam dalam memori banyak orang. Tapi mungkin tidak semua orang mengetahui informasi menarik tentang Aladdin yang sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan salah satu kisah singkat yang di riwayatkan dalam cerita Seribu Satu Malam. Kemudian Cerita Seribu Satu Malam sendiri merupakan cerita paling terkenal yang berasal dari Timur Tengah dengan wilayah Persia sebagai latarnya.

Anda mungkin sudah sering mendengar dengan kisah ini. Apalagi, pada tahun 2019 ceritanya terbilang banyak diadaptasi menjadi karya fashionable dan sempat diangkat dalam movie oleh Disney berjudul Aladdin dengan Mena Massoud dan Naomi Scott sebagai peran utamnya.

Jadi, seperti apa kisah Aladdin dan lampu ajaib bila dilihat dalam versi yang paling populer? Daripada Anda penasaran, silahkan bisa melihat sinopsis yang sudah di jelaskan di bawah ini dengan ulasan tentang unsur-unsur intrinsik dan fakta menarik! Baca sampai akhir sehingga Anda dapat menceritakan untuk Anak-anak.

Cerita Singkat Aladin dan Lampu AjaibAladdin dan Lampu Ajaib

Sebuah kisah hiduplah seorang pemuda yang tinggal dengan ibunya. Mereka hidup berdua dengan kondisi serba kekurangan di sudut desa di wilayah Persia. Untuk bertahan hidup, sang ibu berjualan di pasar yang tidak jauh dari rumahnya, daan pemuda itu selalu membantu ibunya.

Di tengah kesulitan mereka, suatu hari seorang pemuda bernama Aladin bertemu dengan seorang penyihir yang memintanya untuk mengambil lampu ajaib dari dalam gua. Dari sanalah awal mula kehidupan pemuda yang sangat gagah itu brubah.

Dia mengatakan bahwa suatu ketika setelah seorang pedagang kaya mencari Aladin. Pedagang tersebut bertemu dengan sang ibu, lalu berkata, “Saya datang dari Arab Saudi dan ingin mengajak Aladin datang untuk bekerja dengan saya. Saya akan membayarnya banyak sehingga nanti diaa tidak perlu bekerja.”

Tanpa pertimbangan yang cermat,sang ibu segera menerima tawaran tersebut dengan harapan kesulitan hidup yang dapat diselesaikan. Dia merasa anaknya akan menjadi pedagang sukses dan kaya jika tawaran pedagang kaya itu diterima meskipun dia baru saja mengenalnya.

Pada hari berikutnya, Aladdin diminta untuk berkemas dan dia setuju untuk pergi bersama dengan pedagang tersebut. Sayangnya, ia dan ibunya tidak menyadari bahwa ternyata pedagang kaya itu adalah seorang penyihir dari istana yang sedang menyamar.

Sepanjang jalan, mereka berhenti di sebuah tempat terpencil. Sang penyihir memberikan bubuk ajaib dari sakunya dan melemparkannya ke tanah. Seketika lahan yang terkena dampak bubuk ajaib itu terbuka dan membentuk lubang gua yang sangat dalam.

Melihat kejadian ini, penyihir tersebut meminta Aladdin untuk masuk dan mengambil harta benda di dalamnya. “Masuklah dan ambil emas sebanyak mungkin. Di sana Kamu akan melihat lampu tua, berikan itu padaku saat kau keluar nanti”

Pertemuan Aladin dan Jin dari Lampu AjaibAladdin dan Lampu Ajaib

Ia sempat merasa curiga, tetapi masih menuruti kata-kata sang penyihir dan pintu masuk ke dalam gua. Di sana, ia melihat banyak emas tetapi pandangannya tertuju pada lampu tua nan kotor di satu sudut. Dia pun mengambilnya, kemudian memanggil penyihir untuk membantunya untuk bisa keluar dari gua tersebut.

“Aku akan membantu, tapi serahakan lampu tersebut padaku,” kata penyihir itu. “Tolong bantu aku keluar dari sini. Akan aku serahkan lampu ketika aku mencapai di atas” Aladdin memohon beberapa kali, tetapi tidak ada respon sama sekali.

Kesal karena penyihir tidak juga mendapatkan lampu yang dia inginkan, Dia menabur kembali bubuk emas untuk menutupi lubang gua tersebut. Akibatnya, Aladin terjebak di dalam gua bersama harta karun dan lampu tua.

Sadar bahwa tidak bisa untuk berbuat apa-apa di dalam gua, dengan tidak sengaja dia menggosok-gosok lampu, membersihkannya dari debu. Tapi siapa sangka lampu yang di pegang oleh Aladin merupakan benda ajaib yang di dalamnya tinggal seorang jin sakti.

“Tuanku! Saya seorang jin yang tinggal di dalam lamapu ini. Katakanlah apa keinginanmu, saya akan memberikan Anda 3 permintaan,” kata jin sakti tersebut. Aladin awalnya merasa takut, dia mengajukan permintaan pertama untuk meninggalkan gua tanpa berpikir panjang.

Dia membawa pulang lampu ajaib dan meminta kekayaan yang akan digunakan untuk memperbaiki kehidupannya dengan sang ibu. Bahkan, ia juga membangun sebuah istana megah dan hidup tanpa kekurangan apapun.

Cerita Cinta Aladin dan Putri Yasmin

kisah aladin dan lampu ajaib

Kelanjutan dari kisah Aladdin dan lampu ajaib, yaitu pertemuan dengan Putri Yasmine. Di mana penyihir jahat itu bernama bernama Jafar. Dia mencari lampu ajaib yang ingin mendominasi istana dan menggulingkan kekuasaan Sultan, ayah dari Putri Yasmine.

Rencana itu gagal karena lampu ajaib berada di tangan Aladdin. Namun, ia tidak menyerah dan terus mengejar Aladin karena ia tahu pemuda itu dapat selamat dari gua bawah tanah karena ada jin yang membantunya. Jafar harus mengambil dan merebut kembali lampu tersebut.

Sementara itu, Aladdin yang sudah memiliki istana sendiri mendengar Putri Yasmine adalah wanita yang sangat cantik. Dia juga meminta izin dari ibunya untuk pergi ke istana Putri Yasmin dan mempersuntingnya menjadi permaisuri.

Pada saat itu Aladdin dan ibunya pergi untuk melamar sang putri. Seperti yang diharapkan, Putri Yasmine seketika langsung jatuh cinta dengan Aladin dan menerima lamarannya. Mereka memutuskan untuk tinggal di istana Aladin dan hidup bahagia.

Namun, kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, karena Jafar datang dan menculik Putri Yasmine. Dia menyamar sebagai penjual lampu lama, sang putri tidak tahu tentang lampu ajaib dan menjualnya kepada Jafar.

Saat itulah lampu ajaib yang di bawa pergi oleh Jafar bersama dengan putri dan ibu dari Aladdin. Mengetahui itu, Aladin marah dan pergi mencari Jafar. Mereka berkelahi, tetapi Jafar beruntung memiliki karena memiliki jin dari lampu ajaib yang membantunya.

Karena kasih sayang yang besar untuk istri dan ibunya tercinta, Aladin berusaha untuk mendapatkan kembali lampu ajaib nya. Begitu lampu di tangannya, ia akan membuat permintaan kepadaa jin untuk melenyapkan jafar.

Singkat cerita, Aladin juga berhasil merebut lampu ajaib dan menggunakannya untuk menyelamatkan istri dan ibunya. Lalu dia berkata: Saya ingin membuang penyihir jahat ini ke tempat yang jauh tidak pernah bisa kembali atau membahayakan siapapun lagi.

Unsur Intrinsik Dongeng Aladin dan Lampu Ajaib

Itulah tadi cerita menarik Aladin dan Lampu Ajaib yang perlu Anda ketahui. Namun, selain sinopsis yang ada di atas, ada informasi mengenai unsur intrinsik dari kisah satu ini yang juga penting untuk diketahui. Seperti apa? Berikut penjelasannya!

1. Tema

Dongeng fantasi ini bertema tentang pemuda miskin yang berteman dengan jin dari dalam lampu tua. Jin tersebut mengabulkan satu persatu permintaannya, mulai dari membuatnya menjadi kaya dan dapat mempersunting seorang putri hingga membantunya mengalahkan penyihir jahat.

2. Tokoh & Perwatakan

Tokoh utama dalam kisah ini, yaitu Aladin, Jafar, dan Jin. Aladin merupakan pemuda yang apa adanya. Bahkan, saat memiliki lampu ajaib di tangannya pun, ia hanya meminta secukupnya sesuai kebutuhan dan tidak merugikan orang lain.

Sementara itu, Jafar adalah penyihir jahat yang mengelabui Aladin untuk mengambil lampu ajaib. Ia berniat memperkaya diri dan menguasai dunia dengan lampu tersebut, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Ada pun Jin, ia merupakan sosok makhluk yang mampu mewujudkan permintaan apa saja. Meski begitu, ia hanya mengabulkan permintaan dari orang yang menggosok lampu yang tak lain ialah tempatnya bersemayam. Selain itu, tokoh yang juga disebut dalam cerita ini adalah ibunda Aladin dan Putri Yasmin.

3. Latar

Latar dari dongeng ini dikisahkan terjadi di Persia, sebuah tempat di kawasan Timur Tengah. Namun, menurut versi Richard Burton tahun 1885, latar cerita adalah di sebuah kota di Tiongkok, yang disebut merupakan tempat tinggal Aladin.

4. Alur Cerita

Kisah ini menggunakan alur maju, di mana semua bermula sejak Aladin masih miskin. Ia kemudian bertemu dengan jin yang membuatnya menjadi kaya, lalu menikah dan mengalahkan penyihir jahat yang nyaris mengacaukan kehidupannya.

5. Pesan Moral

Pesan yang dapat diambil dari dongeng ini, yaitu agar manusia tidak serakah dan tidak menipu orang lain untuk mewujudkan cita-citanya. Belajarlah dari Jafar, bahwa orang jahat yang serakah pada akhirnya akan bernasib sial.

Di samping itu, ada pula unsur ekstrinsik yang meliputi beberapa hal. Salah satunya latar belakang budaya masyarakat yang pada masa lampau masih banyak yang menggunakan sistem monarki, dan dipimpin oleh sultan atau raja.

Fakta Menarik di Balik Kisah Aladin

1. Terbagi Menjadi Sejumlah Versi
Ada beberapa versi dari kisah Aladdin dan lampu ajaib yang mungkin akrab di telinga. Salah satunya adalah versi yang di ringkas dalam sinopsis di atas, di mana Aladin disebutkan tinggal bersama ibunya.

Sementara itu, dalam versi yang berbeda, Pemuda itu di ceritakan sudah tidak memiliki seorang ayah atupun seorang ibu. Dia tinggal sendirian hanya ditemani hewan peliharaannya yang tidak lain adalah monyet yang di beri nama Abu.

Tidak hanya protagonis, antagonis dalam cerita ini juga banyak versinya. Sebagai contoh, para penyihir dalam versi bernama Jafar, yang merupakan seorang perdana menteri di istana Putri Yasmine. Dalam versi lain, penyihir dikatakan sebagai orang dari luar istana berniat untuk menjadi penguasa.

2. Diadaptasi Menjadi Film Animasi dan Live Action
Kebanyakan orang mungkin sudah tahu tentang fakta yang satu ini. Kisah film animasi ini pernah dibuat oleh Walt Disney dalam judul Aladdin pada tahun 1992. Kemudian tahun 2019, Disney diproduksi versi live-action dari judul yang sama.

Selain dari Barat, sebuah rumah produksi di Indonesia juga pernah mengangkat kisah ini dari Seribu Satu Malam. Dengan judul Aladdin (2012), MD Entertainment mengadaptasi cerita untuk sebuah sinetron anak-anak yang dibintangi oleh Tobagus Indra dan Keisha Alvaro.

Anda tentu sudah cukup mengerti dengan menyimak informasi yang sudah di rangkum dalam artikel ini, Anda mungkin sudah siap untuk menceritakannya kembali dan membagikan cerita yang aatau pesan moral kepada anak-anak maupun kerabat dekat lainnya. Terimakasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.