Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan, Kamu Harus Tahu!!

0
68
manfaat air putih hangat
Sumber : https://i1.wp.com/
Advertisement

Manfaat air putih hangat- Kita semua tahu kalau air adalah kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Kalian mungkin juga sudah sering mendengar para dokter menganjuran untuk mengonsumsi air putih delapan gelas per harinya.

Baca Juga :Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan, Atasi Jerawat Hingga Diabet

Advertisement

 

Tapi tahukah kamu bahwa minum air putih hangat mempunyai banyak keuntungan bagi tubuh, mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut kami hadirkan manfaat minum air hangat yang wajib kamu ketahui!

Kita selalu diingatkan dan dianjurkan untuk selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Pengobatan Tiongkok dan India kuno meyakini bahwa memulai hari dengan meminum segelas air hangat bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan memberi berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Sejumlah peneliti menunjukkan hasil bahwa air hangat mampu mngatasi hidung tersumbat dan meregakan stres. Para ahli juga menyarankan agar mengonsumsi air hangat paling tidak tiga hingga empat kali atau setiap selesai makan.

Sumber : asset-a.grid.id

1. Manfaat air putih hangat bantu memperlancar pencernaan

Minum air hangat dipercaya mampu mbantu dalam melancarkan dan mengaktivasi saluran pencernaan.

Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan membantu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya minuman air putih hangat saat melalui perut dan usus.

Selain itu, air hangat juga berperan penting sebagai pelumas alami yang bisa memperlancar pencernaan itu sendiri.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan dan Organ Dalam Tubuh

 

2. Mengatasi masalah sembelit

Sumber : https://cdn-2.tstatic.net/

Salah satu masalah perut yang banyak dialami karena kurang air ialah konstipasi atau sembelit. Konstipasi disebabkan karena terjadinya penumpukan kotoran pada usus, sehingga berpotensi dalam mengurangi kinerja saluran usus besar.

Sembelit membuat penderitanya kesulitan saat hendak buang air besar. Bahkan bagi sebagian orang, buang air besar menjadi momok tersendiri bagi sang penerita, karena memang sangat menyakitkan.

Jika hendak mengatasi dan terhindar dari masalah ini, kamu hanya perlu meminum segelas air hangat di setiap pagi harimu.

Dengan meminum air hangat, usus dalam tubuhmu akan berkontraksisehingga dapat mengeluarkan kotoran secara lebih mudah.

 

3. Manfaat air putih hangat bantu legakan hidung tersumbat

Uap hangat yang ada di air panas bisa membantu dalam melegakan sakit kepala akibat hidung tersumbat. Kamu bisa menggunakan uap tersebut sebagai media untuk melegakan hidung tersumbat.

Karena kita memiliki membran mukosa pada leher, meminum air hangat ternyata dapat menjadi pencegah mukosa terbentuk.

Baca Juga : Manfaat Jus Wortel dan Tomat Ternyata Dapat Cegah Kanker!

 

4. Melancarkan sistem syaraf

Siapa sangka, manfaat minum air putih hangat ternyata bisa membantu melancarkank sistem syaraf pusat dan membantu memberi cairan pada tubuh kita. Jika fungsi sistem syaraf bekerja secara optimal, fungsi tubuh kita juga akan berjalan dengan baik dan meminimalisir merasakan sakit pada syaraf.

manfaat air putih hangat
Sumber : s3media.freemalaysiatoday.com

5. Menurunkan berat badan

Minum air hangat dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan, sebab mampu meluruhkan cadangan lemak dalam tubuh. Air hangat bekerja dengan cara menurunkan suhu internal tubuh dan meningkatkan metabolismenya.

Meminum air hangat yang telah di campur lemon atau madu (atau keduanya) tiap setelah makan, efektif dalam menurunkan berat badan. Lemon mengandung serat pektin yang berguna dalam mengontrol rasa lapar serta cocok bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet alkaline.

 

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat dari air hangat yang bisa membantu meluruhkan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah pada tubuh. Hal ini dikarenakan, air hangat mampu membantu organ tubuh dalam proses melancarkan darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Manfaat Kumur Air Garam, Atasi Sariawan Hingga Bau Mulut

 

7. Menghilangkan racun dalam tubuh

manfaat air putih hangat
Sumber : https://cdn.akurat.co/

Minum air putih hangat ternyata juga dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya di dalam tubuh, serta membantu membersihkan organ dalam tubuh kita.

Jika kita meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dengan sempurna sehingga  tubuh dapat mengeluarkan keringat. Dengan begitu racun akan keluar dari tubuh dengan sendirinya melalui keringat tersebut.

 

8. Manfaat air putih hangat bantu meredakan sakit

Selain berguna sebagai detoks alami ternyata manfaat lain dari minum air hangat ialah mampu memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, serta dapat membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Hal inilah yang akan membantu kita dalam mengatasi rasa nyeri dan sakit sendi. Jika kamu mengalami sakit perut, sakit kepala atau pun sakit pada bagian tubuh tertentu, mulai sekarang cobalah untuk rutin minum air hangat agar meredakan rasa sakitnya.

 

9. Meredakan stres

manfaat air putih hangat
Sumber : https://static.republika.co.id/

Jika kamu sering merasa stres, minum air hangat ternyata bisa bantu dalam meredakannya secara perlahan.

Dengan kamu mengonsumsi air hangat otot pada sistem syaraf akan rileks, sehingga level hormon kortisol (penyebab stres) dapat menurun.

Baca Juga : Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut dan Lainnya!

 

10. Mengurangi sakit akibat menstruasi

Salah satu manfaat utama mengonsumsi air hangat adalah mampu membantu dalam metralisir kram menstruasi. Air hangat memberi efek tenang dan nyaman terhadap otot perut dengan cara mengurangi kekejangan serta kram yang biasa dialami ketika perempuan mengalami menstruasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here